Setelah sebelumnya meluncurkan aplikasi Messenger Room yang digadang-gadang untuk menyaingi Zoom, kini Facebook kembali meluncurkan aplikasi yang disebut bisa jadi rival baru Tik Tok. Aplikasi apa, ya? 

Aplikasi itu bernama Collab. Punya skenario yang mirip dengan Tik Tok, Collab adalah sebuah aplikasi yang memberikan ruang untuk penggunanya berkreasi dengan musik.  

Seperti apa aplikasi Collab ini? Simak ulasannya di bawah ini, ya! 

1. Bisa gabungkan video dari 3 sumber berbeda

Nggak Kapok, Facebook Kembali Rilis Aplikasi Mirip Tik TokKnowyourmeme.com

Di masa pandemi ini, melakukan kolaborasi musik secara terpisah sepertinya menyenangkan, ya!  

Nah, lewat aplikasi Collab ini, kamu bisa membuat video musik kolaborasi singkat dari tiga sumber video berbeda yang ditayangkan bersamaan, lho!  

Misalnya, kamu ingin bernyanyi dengan iringan musik di belakangnya, maka kamu bisa mengambil video orang yang sedang bermain gitar dan piano. Nantinya, ketiga video kalian akan digabungkan menjadi satu video singkat yang utuh yang nantinya bisa kamu unggah. Seru, bukan? 

2. Sebelumnya selalu gagal "mencotek" Tik Tok

Nggak Kapok, Facebook Kembali Rilis Aplikasi Mirip Tik TokDok. Internet

Collab sebenarnya bukanlah aplikasi pertama Facebook yang disebut-sebut mirip dengan Tik Tok. Sebelumnya, Facebook pernah merilis aplikasi serupa yaitu Lasso dan Reels. Namun sayangnya, popularitas kedua aplikasi ini terbilang belum mampu menyaingi Tik Tok yang telah diunduh sekitar 600 juta pengguna di seluruh dunia.  

3. Masih dalam tahap pengembangan

Nggak Kapok, Facebook Kembali Rilis Aplikasi Mirip Tik TokTheverge.com

Baru diperkenalkan oleh divisi pengembangan aplikasi eksperimental. Facebook, nyatanya aplikasi Collab ini masihlah dalam tahap pengembangan. Jadi, belum ada tanggal pasti kapan aplikasi dari milik "raksasa" Facebook ini resmi rilis. 

4. Baru dirilis versi Beta untuk iOS

Nggak Kapok, Facebook Kembali Rilis Aplikasi Mirip Tik TokNiemanlab.org

Meskipun begitu, ternyata Facebook telah merilis aplikasi Collab dalam format Beta untuk pengguna iOS. Namun, tidak semua dapat mencobanya, Bela. Hanya pengguna yang memiliki undangan resmi dari Facebook yang bisa mencoba aplikasi Collab ini dalam format beta.  

Jadi penasaran, nggak, nih? 

Baca Juga: Selama Social Distancing, Ini 5 Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

Baca Juga: Dianggap Sebagai Simbol Seksual, Instagram & Facebook Larang Emoji Ini

Baca Juga: Sering Jadi Dance Challenge, Ini 12 Lagu yang Viral di TikTok