Kabar membanggakan datang dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Jokowi, sapaan akrabnya, baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai "Asian of the Year 2019" oleh media Singapura, The Straits Times. 

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihStraitstimes.com

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada sosok yang telah memberikan kontribusinya kepada masyarakat luas hingga memiliki dampak positif untuk Asia. Wajah Jokowi pun terpilih untuk menghiasi sampul majalah "The Straits Times" yang terbit pada Kamis, (5/12/19) kemarin.

Selain didapuk sebagai  "Asian of the Year 2019" ", ternyata Jokowi juga pernah menyabet berbagai penghargaan bergengsi dari dalam maupun luar negeri, lho! Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!

1. Walikota Terbaik Gatra Awards

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihPopbela.com//Monica Dwi Ardiati

Pada 2011 lalu, Jokowi berhasil menyandang gelar sebagai Walikota Terbaik dari Gatra Awards. Saat itu, Jokowi sedang menjabat sebagai Walikota Solo pada periode keduanya. Di bawah kepemimpinannya saat itu, Solo berhasil berkembang menjadi kota seni dan terpilih menjadi tuan rumah berbagai acara internasional. 

2. Bung Hatta Anti Coruption Awards

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihInstagram.com/@jokowi

Masih saat menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi juga berhasil menerima penghargaan bergengsi dari ranah anti korupsi, yaitu Bung Hatta Anti Coruption Awards (BHACA). Penghargaan ini diberikan kepada sosok yang dikenal bersih dari praktik korupsi dan penyelewengan kekuasaan. 

3. 100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia Versi Majalah "Times"

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihInstagram.com/jokowi

Pada 2015 lalu, Jokowi masuk dalam "100 Tokoh Paling Berpengaruh di Dunia" versi majalah "Times". Nama Jokowi masuk dalam kategori "leaders" bersama para pemimpin inspiratif lainnya seperti Barack Obama, Hillary Clinton,  Xi Jinping, Narendra Modi, dan lain-lain. 

4. 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihInstagram.com/jokowi

Prestasi lainnya yang berhasil disabet Jokowi adalah masuk dalam "50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia" yang dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam, Yordania, untuk tahun 2020 mendatang. Berada di posisi ke-13, Jokowi menyandingkan namanya bersama tokoh-tokoh Muslim inspiratif lainnya seperti Sheikh Muhammad Taqi Usmani, Ayatollah Hajj Sayyid Ali Khamenei, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud, dan masih banyak lagi. 

5. Khazi Amanaullah Khan Medal

Selain 'Asian of The Year 2019', Ini Deretan Prestasi yang Jokowi RaihInstagram.com/jokowi

Dari bidang perdamaian dunia, Jokowi juga kembali diberi penghargaan Khazi Amanaullah Khan Medal. Hal ini berikan sebagaia apresiasi atas upayanya dalam menjaga perdamaian dunia termasuk di Afghanistan. 

Selain penghargaan--penghargaan di atas, masih ada segudang prestasi yang diraih oleh Jokowi. Mulai dari Satya Bhakti Kadin Jawa Tengah, Leadership Awards dari Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara & Leadership Park, Satya Lencana Pembangunan Bidang Koperasi Presiden RI, Anugerah Integrasi Nasiona,  Pembina BUMD Terbaik, hingga Soegeng Sarjadi Award on Good Governance untuk Kategori Kepemerintahan Terbaik. Bangga, ya!

Baca Juga: Presiden Jokowi Masuk 50 Besar Muslim Paling Berpengaruh, Ini Faktanya