Bela, apa kamu pernah mendengar istilah cyberbullying? Mungkin kamu akan lebih familiar dengan istilah bullying, ya! Bullying sendiri adalah perilaku agresif atau penyerangan pada orang lain dalam bentuk fisik, verbal, bahkan sampai melalui online, lho! Bullying atau perundungan lewat online inilah yang disebut sebagai cyberbullying, Bela.

Meskipun tidak dilakukan secara langsung, nyatanya cyberbullying juga punya dampak yang ekstrem bagi si korban. Seperti kabar duka penyanyi dan aktris Korea Selatan, Sulli, yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya karena depresi akibat cyberbullying. Ya, kita nggak bisa sembarang komentar dan tidak bisa pula mengatakan "risiko jadi artis harus kuat terima hujatan". Sebab tak ada yang tahu bagaimana seseorang menghadapi problem yang mereka hadapi, bisa-bisa kamulah salah satu pemicu sang korban bertindak menyakiti dirinya sendiri karena self esteem yang menurun.

Mau lebih tahu lagi soal cyber bullying dan dampaknya bagi kesehatan mental? Simak di bawah ini, yuk!

Apa itu Cyberbullying?

Nggak Sepele, Ini Dampak 'Cyberbullying' yang Harus Kamu TahuElfugor.com

Cyberbullying terjadi ketika seseorang menggunakan teknologi digital seperti media sosial untuk mengganggu, mengancam, atau mempermalukan orang lain. Berbeda dengan bullying langsung, cyber bullying tidak memerlukan kontak fisik, kekuatan fisik, bahkan identitas si perundung bisa tidak diketahui.

Sayangnya, cyberbullying juga punya dampak yang tak kalah menyiksa dari bullying fisik. Karena menggunakan medium teknologi seperti internet, cyber bullying dapat terjadi bahkan kapan saja tanpa mengenal waktu dan tempat. 

Pernah melihat komentar kebencian di media sosial? Itu juga salah satu bentuk cyber bullying yang paling marak terjadi. Nggak  cuma itu aja, pelaku cyber bullying bahkan bisa membobol akun media sosialmu (hacked), mengirimimu pesan-pesan bernada ancaman dan hinaan. Bahkan, mereka juga bisa membuat akun atau web khusus untuk memperolok atau menghinamu tanpa diketahui identitasnya (anonim).

Dampak Cyber Bullying

Cyber bullying memang sesuatu yang tidak bisa dianggap sepele, karena dampaknya yang sangat berbahaya, lho!

1. Depresi Hingga Keinginan Bunuh Diri

Nggak Sepele, Ini Dampak 'Cyberbullying' yang Harus Kamu TahuEverydayhealth.com

Korban cyber bullying akan merasa terluka, marah, takut, tidak berdaya, putus asa, terisolasi, malu, dan bahkan merasa bersalah pada dirinya sendiri. Jika ini terjadi berulang-ulang dan bertambah parah, si korban bisa berpikiran untuk bunuh diri.

2. Kesehatan Fisik Sampai Mental Terganggu

Nggak Sepele, Ini Dampak 'Cyberbullying' yang Harus Kamu TahuApprovedseniornetwork.com

Korban cyber bullying akan memiliki risiko lebih besar untuk menderita stress, depresi, kehilangan percaya diri, cemas, dan gangguan post traumatic stress disorder (PTSD) pada orang dewasa. Hal ini tentunya akan berdampak pada stimuli sistem kekebalan tubuhmu yang menjadi terganggu.

3. Menarik Diri Dari Lingkungan Sosial

Nggak Sepele, Ini Dampak 'Cyberbullying' yang Harus Kamu TahuNews-mail.com.au

Karena segala macam ketakutan dan kecemasan yang dialaminya, korban bisa menarik diri dari lingkungan sosialnya. Ia bahkan bisa memilih untuk putus sekolah dan menyendiri di rumah karena cyber bullying. Tuh, efeknya nggak main-main!

4. Dikucilkan Lingkungan

Nggak Sepele, Ini Dampak 'Cyberbullying' yang Harus Kamu TahuReportlinker.com

Meskipun cyberbullying dilakukan melalui internet atau media sosial, tetap saja orang-orang yang hidup di kehidupan nyata bisa melihatnya. Mereka bisa melihat secara langsung komentar-komentar jahat yang menyerangmu. Bahkan, orang-orang ini bisa ikut menjauhimu atau bahkan menyerangmu di kehidupan nyata. Ujungnya, si korban bukan hanya terkena cyberbullying, tapi juga bullying secara fisik dari lingkungan sosial.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau cyberbullying itu sangat berbahaya dan bukan lagi hal sepele? Jadi, jika kamu melihat tindakan cyberbullying segera ingatkan si penyerang dan lindungi si korban, ya. Yuk, mulai gunakan internet secara bijak, because mental health is important!

Itulah arti dan dampak cyberbullying yang penting untuk kamu ketahui. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Tanpa Membalas, Ini 5 Cara Atasi Cyber Beauty Bullying di Media Sosial