Usaha rumahan bisa jadi salah satu langkah efektif menambah penghasilan meski di rumah saja selama pandemi.

Apalagi, jika gaji bulananmu dirasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu sehari-hari. Sayangnya, banyak yang meremehkan penghasilan dari bisnis rumahan, apalagi bagi pemula. Padahal, jika dilakukan dengan serius dan perhitungan yang matang, bisnis rumahan yang kamu anggap sebagai usaha sampingan, bisa tumbuh pesat dan jadi pemasukan utamamu.

Tertarik memulai bisnis rumahan? berikut Popbela membagikan 9 ide bisnis rumahan modal kecil yang mudah dan beromzet besar di bawah ini, yuk!

1. Agen pembayaran elektronik

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaChasify.in

Pernah merasa malas datang ke supermarket untuk membayar tagihan belanja karena sisa uang di mobile banking-mu habis? Peluang bagus detected!

Dari permasalahan di atas, kamu bisa mengambil peluang sebagai agen pembayaran elektronik. Kamu bisa membuka jasa untuk perantara pembayaran berbagai transaksi digital seperti transfer uang antar bank maupun top up dompet digital, membayar tagihan listrik, PDAM, TV berlangganan, internet dan telepon, dan masih banyak lagi. Menarik, bukan?

2. Berjualan pulsa elektrik dan paket internet

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaMoneycrashers.com

Bagi para pengguna ponsel, pasti tidak akan terlepas dari kebutuhan pulsa dan paket internet, ya! 

Selain menjadi agen pembayaran elektrik, kamu juga bisa membuka udaha jasa isi pulsa elektrik dan paket internet dari rumah. Kamu cukup mencari vendor pulsa dan paket internet yang khusus menjual untuk reseller pulsa dengan harga miring yang tersedia bahkan di portal belanja online. Terakhir, siapkan banner dengan promo menarik di depan rumahmu untuk menarik calon pelanggan di sekitarmu, deh!

3. Menjadi dropship

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaBlog.getpayever.com

Bisnis tanpa modal, memang ada? Ada, dong!

Ya, bisnis dropship bisa dikatakan sebagai bisnis yang bisa kamu coba tanpa modal uang sama sekali. Ya, kamu hanya membutuhkan alat komunikasi seperti smartphone dan komunikasi marketing yang baik. Dropship sendiri adalah sebuah model bisnis yang populer di era internet saat ini. Bisnis dropship melibatkan pihak ketiga (dropshipper) yang menjembatani hubungan antara pembeli dan produsen (supplier) barang.

Dalam bisnis ini, kamu sebagai dropshipper akan meminta supplier barang untuk mengirimkan barang ke pembelimu. Seolah-olah, kamu adalah penjual utama dari produk yang kamu tawarkan itu. Padahal, kamu hanya mempromosikan barang yang dimiliki supplier tersebut. 

4. Berjualan makanan atau minuman

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaSimpybusiness.co.uk

Bela, usaha makanan dan minuman bisa jadi adalah usaha yang tidak akan pernah mati. Tentu saja, karena orang-orang selalu membutuhkan asupan makanan dan minuman. Nah, kalau kamu punya skill dalam memasak berbagai makanan seperti lauk rumahan, salad buah, jajanan kering, kue, hingga pastry, coba buka usaha makananmu itu di rumah, yuk!

Selain makanan, usaha minuman juga menarik untuk dicoba. Mulai dari berjualan es kelapa, sop buah, hingga kopi yang sedang digandrungi banyak kalangan saat ini. Tertarik mencobanya?

5. Jasa cuci sepatu, tas, sampai topi

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaHighnobiety.com

Selain usaha-usaha rumahan di atas, jasa laundry untuk sepatu juga sedang booming akhir-akhir ini, lho! 

Selain sepatu, kamu juga bisa menawarkan berbagai barang lain seperti sepatu dan tas. Jangan lupa untuk memberikan promo atau penawaran menarik kepada calon konsumenmu, ya!

6. Membuka jasa desain grafis atau editing video

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaCreativebloq.com

Punya skill dalam editing seperti membuat desain grafis hingga editing video? Wah, peluang bisnis dibidang ini cukup besar, lho! 

Dari rumah, kamu bisa dengan mudah menemukan lowongan di internet yang membutuhkan pekerja lepas untuk membuat desain grafis dan editing video. Selain itu, kamu pun bisa membuka jasa desain grafis dan editing video di rumah dengan membuat banner di depan rumahmu. 

7. Usaha rental

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaStartupclothingline.com

Punya berbagai alat produksi yang banyak dibutuhkan orang seperti perlengkapan kamera dan komputer, hingga playstation? Kamu juga bisa mengambil peluang usaha dengan membuka jasa sewa, lho!  

Karena harga belinya yang mahal, pastinya banyak orang yang membutuhkan jasa sewa untuk beberapa barang seperti di atas. Kalau jasa sewamu ramai digunakan, tak menutup kemungkinan modal untuk membeli barang tersebut bisa kembali hanya dalam waktu singkat. 

8. Menjadi penulis lepas

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaDok. Internet

Bela, apa kamu suka dunia tulis-menulis? Kalau iya, saatnya kamu melirik peluang untuk menghasilkan uang dari tulisanmu itu! Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk membuat ulasan produk, pembuat script, menulis artikel atau berita, hingga ikut serta dalam lomba menulis. 

9. Unggah konten menarik di YouTube

9 Ide Bisnis Rumahan Beromzet Besar yang Cocok untuk Anak MudaFoodies100.co.uk

Bela, apa kamu tertarik untuk menjadi Youtuber dan sudah punya ide menarik untuk topik yang akan dibahas? Sayangnya, kamu mungkin kurang percaya diri untuk menampilkan wajahmu di depan kamera. Tenang, enggak semua Youtuber harus menunjukan wajah sumringahnya di depan kamera, kok!

Misalnya, kamu punya pengetahuan luas mengenai dunia teknologi dan gadget, maka kamu bisa mencoba membuat ulasan menariknya di YouTube tanpa menunjukan wajahmu. Selain itu, kamu juga bisa membuat video tutorial menarik seperti cara mengedit video, memecahkan masalah pada smartphone dan komputer, hingga menjadi guru tutor mandiri. 

Nah, itu dia 9 ide bisnis rumahan modal kecil yang beromzet besar yang cocok untuk anak muda. Tertarik merintis bisnis yang mana, nih?

Baca Juga: Mau Mencoba Terjun ke Bisnis MLM? Ketahui Dulu 5 Hal Penting Ini

Baca Juga: Yuk, Cari Uang Jajan Tambahan! Ini 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Baca Juga: Ingin Sukses Jalani Bisnis Rumahan, Ini 6 Strategi Promosi Efektif