Tren pinjaman online memang sedang menjamur saat ini. Minat masyarakat untuk menggunakan pinjaman online pun kian meninggi di kala pandemi.  Salah satu alasan mengapa pinjaman online banyak dilirik adalah klaim syarat pengajuannya yang mudah dan cepat. Menarik, bukan? 

Meski begitu, ternyata kamu harus berhati-hati dengan klaim pinjaman online dengan syarat mudah dan cepat ini, apalagi di saat pandemi COVID-19 sekarang. Hal ini lantaran pinjaman online dengan syarat mudah ini punya beragam risiko yang berbahaya bagi peminjamnya.  

Apa saja, ya, bahaya pinjaman online dengan syarat mudah ini? Simak ulasannya sebelum meminjam! 

1. Penyalahgunaan data peminjam

Awas, Ini 3 Bahaya Besar Pinjaman Online Bersyarat Mudah dan CepatSmartcity.net

Saat menandatangani kontrak, biasanya aplikasi pinjaman online akan meminta akses melalui kamera, mikrofon, lokasimu melalui ponsel yang kamu gunakan. Mereka juga biasanya meminta foto dokumen pribadimu seperti KTP hingga buku tabunganmu. Ternyata, data-data yang dibagikan pada perusahaan pinjaman online ini banyak yang disalahgunakan, khususnya oleh perusahaan ilegal dan belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

“Di masa pandemi COVID-19 ini, tingkat kebutuhan dana masyarakat semakin meningkat. Inilah yang dimanfaatkan pelaku fintech ilegal yang mengiming-imingi pinjaman dengan syarat-syarat yang sangat mudah," ujar Wakil Ketua Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), Sunu Widyatmoko pada Senin, (13/7/2020) kemarin. 

"Namun, ujung-ujungnya akan merugikan masyarakat, karena fintech ilegal ini sering menyalahgunakan data-data peminjamnya," lanjutnya.  

2. Bunga yang sangat besar

Awas, Ini 3 Bahaya Besar Pinjaman Online Bersyarat Mudah dan CepatOnlineopportunityfinder.com

Salah satu hal yang sering dijumpai saat melakukan pinjaman online adalah bunga yang sangat besar. Namun, biasanya jumlah bunga ini tidak banyak dicermati oleh para peminjam karena sudah tergiur syarat meminjam yang mudah dan cepat. Padahal, jika jumlah bunga sangat besar dan ternyata tak seimbang dengan pendapatan yang dimiliki peminjam, hal ini tentu akan memberatkan peminjam dan rawan terjadinya kredit macet.  

3. Denda keterlambatan yang juga besar

Awas, Ini 3 Bahaya Besar Pinjaman Online Bersyarat Mudah dan CepatChinaability.com

Jika peminjam sudah kelimpungan dalam membayar angsuran dari pinjamannya, maka akan terjadi kredit macet. Bahayanya, kredit macet ini akan membuat si peminjam juga dikenakan denda keterlambatan sesuai lama hari keterlambatannya membayar angsuran. 

Dalam beberapa kasus, ditemukan bahwa ternyata ada perusahaan pinjaman online yang mematok jumlah denda keterlambatan yang terlampau besar. Hal ini tentunya harus kamu waspadai saat mengajukan pinjaman online.  

Nah, itu dia bahaya menggunakan pinjaman online dengan syarat mudah dan cepat yang harus kamu waspadai. Pastikan untuk cermat dalam memilih perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK dan baca setiap butir kontrak yang ada. 

Terakhir, pastikan untuk melalukan perhitungan matang saat ingin mengajukan pinjaman agar terhindar dari rIsiko kredit macet, ya! 

Itulah beberapa bahaya besar pinjaman online dengan syarat mudah dan cepat. Hindari ya!

Baca Juga: Ini Pentingnya Kamu Punya Dana Darurat

Baca Juga: Bukan Untuk Dihambur-hamburkan, Inilah 5 Cara Tepat Gunakan Kartu Kredit

Baca Juga: Sepele, Tapi 5 Faktor Kecil Ini Bikin Hutang Kita Menumpuk