Tidak cuma punya bakat mengagumkan di industri hiburan, deretan artis ini juga punya hati yang mulia. Bagaimana tidak, mereka secara ikhlas menawarkan dirinya sebagai pendonor organ untuk orang yang membutuhkan. Ada yang mendonorkan mata, ginjal, jantung, paru-paru, kulit, hingga sumsum tulang. 

Penasaran ada siapa saja? Simak 9 selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop yang mendonorkan organ tubuhnya di bawah ini!

1. Luna Maya

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaDok. Internet

Aktris dan model berparas menawan yang satu ini ternyata telah lama meniatkan dirinya untuk jadi pendonor organ. Menurut Luna, ia bisa jadi manusia yang lebih bermanfaat jika mendonorkan organnya saat meninggal dunia. 

"Kalau meninggal dan organ tubuhnya berfungsi dengan baik, bisa membantu orang yang butuh, kenapa enggak?" ujar Luna. 

Oleh karenanya, Luna rajin untuk memeriksakan kondisi kesehatannya setiap minggu, meski mengaku seringkali lupa melakukannya. 

"Kadang saya bolong. Tetapi kalau rajin, seminggu tiga kali," ujarnya. 

2. Adinia Wirasti

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaInstagram.com/adiniawrst

Aktris Adinia Wirasti juga diketahui ikut mendaftarkan dirinya sebagai pendonor organ, yakni kornea mata. Menurut Adinia, ia tidak takut kehilangan penglihatannya karena kornea matanya akan diambil saat ia tutup usia. Ia juga berharap langkahnya ini bisa membuat orang-orang dengan penglihatan yang tidak sempurna jadi punya kualitas hidup yang lebih baik. 

"Dalam keseharian saya yang bergerak di bidang seni peran dan visualisasi, saya tergerak untuk menyuarakan kebutuhan mereka yang memiliki kelainan kornea untuk memiliki kualitas hidup yang lebih baik,” tulisnya. 

3. Amir Khan

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaDok. Internet

Pemain film 3 Idiots, Amir Khan, ternyata juga diketahui memiliki keinginan untuk mendonorkan organnya. Bukan hanya satu, bintang Bollywood itu memutuskan akan mendonorkan beberapa organnya seperti hati, ginjal, paru-paru, jantung, pankreas, kulit, mata, gendang telinga, katup jantung, tulang dan lain-lain. Tak hanya sendiri, Amir juga ikut mengajak sang istri, Kiran Rao, untuk melakukan hal serupa. 

4. Priyanka Chopra

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaFinancialexpress.com

Selebritas dari Bollywood lain yang ikut mendonorkan organnya adalah Priyanka Chopra. Aktris yang mengansuransikan senyumnya ini ternyata memutuskan untuk berdonor organ karena memiliki pengalaman mengharukan dengan ayahnya.

“Aku tahu nilai dari donasi organ karena ayahku pada satu titik sangat membutuhkannya. Aku dengan ini berjanji untuk menyumbangkan organku. Jika kita tidak bisa hidup sebagai manusia yang baik, kita bisa menjadi baik setidaknya setelah kematian,” kata Priyanka.

5. Salman Khan

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaZeenews.com

Agak berbeda dengan kebanyakan orang, Salman Khan memilih untuk mendonorkan organ dalamnya, yakni sumsum tulang. Tak hanya bergerak untuk dirinya sendiri, Salman juga turut mengajak orang-orang di sekitarnya dan para penggemarnya untuk ikut berdonasi organ. Langka, nih!

6. Amitabh Bachchan

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaIndianexpress.com

Terkenal memiliki mata sayu yang teduh dan memikat, aktor senior Bollywood, Amitabh Bachchan, ternyata memilih untuk mendonorkan matanya itu kepada orang yang membutuhkan, lho! 

7. Rani Mukerji

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaDok. Internet

Mendonorkan matanya saat meninggal juga dilakukan aktris senior Rani Mukerji. Rani yang memiliki mata berwarna cokelat terang yang indah mengatakan bahwa dengan mendornorkan mata, maka ia akan bisa menerangi kehidupan banyak orang yang membutuhkan. 

“Dua mata yang disumbangkan dapat menerangi kehidupan dua atau bahkan empat orang buta,” kata Rani. 

8. Mina "TWICE"

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaDok. Internet

Salah satu anggota girl group terbesar Korea Selatan, Mina "TWICE", ternyata juga memiliki hati malaikat. Perempuan berkewarganegaraan Jepang-Amerika Serikat itu ternyata sudah mendaftarkan dirinya sebagai pendonor organ sejak 2013 lalu.

"Menjelang akhir tahun ini, aku telah mendaftarkan diri untuk mendapat kartu ID donor organ. Untuk ONCE (penggemar TWICE), yang selalu menyemangati dan memberi kekuatan pada kami, terima kasih banyak. Nikmati hari yang indah lagi hari ini," tulisnya. 

9. Youngjae "GOT7"

9 Selebriti Indonesia, Bollywood, hingga K-Pop Ini Donorkan OrgannyaNaver.com

Pada 21 Agustus lalu, anggota "GOT7", Youngjae, mengungkapkan bahwa dirinya telah resmi terdaftar sebagai pendonor organ. Menurut Youngje, donasi organ merupakan sesuatu yang dapat menjadi berkah untuk seseorang, sesuatu yang dapat membawa kebahagiaan atau harapan bagi seseorang.

“Saya selalu berpikir itu terlihat sangat keren dan mengagumkan ketika orang yang berjanji untuk menjadi donor organ memiliki simbol (menunjukkan janji mereka) di bagian bawah SIM mereka. Dengan mendaftar menjadi donor organ, saya merasa menjadi orang yang keren, jadi saya berterima kasih atas kesempatan itu," ujarnya.

Itulah beberapa artis Indonesia, India dan Korea yang mendonorkan organ tubuhnya. Apa kamu tertarik juga mendonorkan organ untuk orang yang membutuhkan, Bela?

Baca Juga: Adinia Wirasti Donor Kornea, Ini 9 Organ Yang Juga Bisa Kamu Donorkan

Baca Juga: Ternyata, Ini 7 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh Ketika Donor Darah

Baca Juga: Vokal Suarakan Isu Sosial, 7 Fakta Jerinx SID