Kehidupan Kerajaan Inggis memang tidak akan lepas dari sorotan, ya. Salah satu yang selalu menarik untuk dibahas adalah tentang kehidupan dua pasangan kerajaan Inggris, Pangeran Harry-Meghan Markle dan Pangeran William-Kate Middleton. Kehidupan pasangan ini selalu saja menjadi sorotan karena perbedaan gaya diantara keduanya. 

Yang paling baru, dikabarkan bahwa Harry-Meghan memilih untuk berlibur keliling dunia dengan menyewa jet pribadi jet pribadi seharga lebih dari £20 ribu atau sekitar lebih dari Rp345 juta. Hal ini sangat kontras dengan William-Kate yang naik penerbangan Flybe seharga £73 atau sekitar Rp1,2 juta saja per orangnya bersama anak-anak mereka George, Charlotte, dan Louis yang baru berusia satu tahun kemarin. 

Mau tahu bagaimana perbedaan di antara kedua pasangan Kerajaan Inggris ini? Simak di bawah ini, ya!

1. Pertemuan Pertama Mereka

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanHallomagazaine.com

William-Kate adalah teman satu kampus di University of St Andrews, Skotlandia, pada tahun 2001. Pasangan ini harus menjalin hubungan selama bertahun-tahun sebelum akhirnya Pangeran Wiliam melamar Kate pada musim gugur di  2010 ketika mereka berlibur ke Kenya. Akhirnya, pada 29 April 2011, keduanya menikah dan menjadi perayaan besar di Inggris. Pernikahan ini juga disaksikan secara antusias oleh seluruh orang di berbagai belahan dunia. 

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanGoodtoknow.co.uk

Harry-Meghan pertama kali bertemu disebuah kencan buta yang disiapkan teman dekat keduanya. Setelah menjalin hubungan yang serius, Harry-Megan akhirnya bertunangan pada  27 November 2017. Tidak berselang lama, akhirnya Pangeran Harry menikahi Meghan pada 19 April 2018 lalu. Pernikahan ini sukses disebut sebagai Wedding of The Year dan disaksikan oleh miliaran pasang mata di seluruh dunia.  

2. Tempat Tinggal yang Kini Terpisah

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanLondonandpartners.com

Setelah sebelumnya keluarga William-Kate dan Harry-Meghan tinggal bersama di Istana Kensington, kini Harry-Meghan memilih untuk tinggal berpisah dengan mereka. Harry-Meghan memilih untuk tinggal di Frogmore Cottage, Istana Windsor yang merupakan bangunan hasil tangan arsitek Charles II yang bernama Hugh May.

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanAbc.net.au

Pangeran Harry beralasan kepindahannya untuk mendukung produktifitas pekerjaannya dan sang istri. Pihak kerajaan pun setuju karena cepat atau lambat, pangeran William akan segera naik tahta dan mengisi Istana Kensington bersama Kate dan ketiga buah hatinya. 

3. Jet Pribadi Vs Pesawat Komersil

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanTheceomagazine.com

Setelah sebelumnya pergi ke Ibiza, Spanyol untuk merayakan ulang tahun Meghan yang ke-38, selang dua hari pasangan Harry-Meghan kembali melanjutkan liburannya ke Nice, Paris bersama si kecil Archie. Sekilas, tidak ada yang salah dalam liburan mereka, namun yang menjadi kontroversi adalah tentang keputusan mereka menyewa jet pribadi ketimbang naik pesawat komersial biasa. Hal ini menuai protes karena pasangan ini dianggap memperburuk polusi karena emisi gas yang dibuang jet pribadi dengan kapasitas 15 kursi itu hanya digunakan oleh dua orang saja. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan pidato Harry-Meghan yang menyerukan untuk menyelamatkan bumi. 

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanFoxnews.com

Dibandingkan dengan Harry-Meghan, pasangan William-Kate bersama tiga buah hatinya lebih memilih perjalanan sederhana dengan pesawat komersil biasa. Kabarnya, mereka bahkan hanya merogoh kocek seharga Rp1,2 juta saja per kepalanya. 

4. Pemilihan Lokasi Pengumuman Pertunangan

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanTimemagazine.com

Kesan royal akan kamu rasakan saat Wiliam-Kate mengumumkan pertunangan mereka. Hal ini karena pemilihan lokasi dan gaya pakaian yang formal khas keluarga Inggris yang saat itu mereka kenakan. William-Kate mengumumkan pertunangan mereka di grand room Istana St James, yang menjadi tempat tinggal Pangeran Charles.

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanAll4women.co.za/

Selang 7 tahun kemudian, Harry-Megan juga mengumumkan kabar bahagia tentang pertunangan mereka. Namun yang menarik, kali ini Harry-Megan memilih konsep santai, berbanding terbalik dengan yang dilakukan kakaknya. Pengumuman ini dilangsungkan di taman Istana Kensington.

5. Cincin Pertunangan Kate dan Megan

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanRingspo.com

Saat melamar Kate, Pangeran William memberikan cincin sejarah peninggalan ibunya, Putri Diana. Cincin itu diberikan oleh Pangeran Charles pada tahun 1981. Cincin dengan batu safir berwana biru itu kini ditaksir senilai $400 atau sekitar Rp5,4 miliar.

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanAbcnews.go.com

Berbeda dengan William, saat pertunangannya Harry memberika Kate cincin emas dengan mata berlian berukuran besar dari Botswana pada bagian tengahnya.Lalu, di kedua sisinya terdapat dua berlian kecil yang merupakan koleksi perhiasan pribadi mendiang Putri Diana. Kini, cincin ini ditaksir senilai $225 atau sekitar Rp3 miliar.

6. Perbedaan Gelar

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanHellomagazine.com

Ketika resmi menikah dengan Pangeran William, Kate mendapat gelar dari Ratu Elizabeth II sebagai Duchess of Cambridge. Sedangkan, Megan Markle mendapatkan gelar Duchess of Sussex. Arti dari Duchess adalah istri dari yang mulia kerajaan Inggris. Namun, keduanya tidak bisa dipanggil "Putri". Hal ini karena ada aturan mutlak untuk penyandang gelar "Putri" di Kerajaan Inggris, yaitu harus lahir dari keluarga kerajaan Inggris. 

7. Perbedaan Lambang Kebangsawanan

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanToday.com

Setelah resmi menjadi istri dari Pangeran Harry, akhirnya Megan mendapatkan lambang kebangsawanan dari pihak Istana Kensington pada Jumat 25 Mei 2018 lalu. Namun yang menarik adalah perbedaan lambang kebangsawanan Megan dan Kate. Lambang kerajaan Meghan Markle menghadirkan singa dan burung tengah mengapit sebuah perisai. Singa identik dengan Kerajaan Inggris dan menjadi perwakilan sosok Pangeran Harry. 

Kemudian burung menggambarkan tugas Meghan Markle sebagai pendamping Pangeran Harry. Namun, lambang ini mendapatkan perdebatan diantara masyarakat. Menurut mereka, ada keganjilan pada mahkota yang berada di leher burung. Hal itu seperti mengisyaratkan bahwa Meghan sedang terkukung di tengah kemewahan keluarga Kerajaan Inggris.

7 Perbedaan Mencolok Keluarga William-Kate dan Harry-MeghanMetro.uk.com

Berbeda dengan Megan yang hanya bisa menggunakan lambang di atas untuk dirinya sendiri, Lambang milik Kate bisa mewakili keluarganya. Di lambang itu, ada tiga buah pohon pada latar belakang biru dan merah. Ini melambangkan jumlah anak keluarga Middleton serta rumah keluarga mereka di Berkshire Barat. 

Selain itu, Kate juga menerima lambang sebagai pendamping Pangeran William saat menikahinya. Lambang ini menggabungkan lambang kerjaan masing-masing yang diapit oleh dua binatang, yaitu singa dan unicorn. Sosok Pangeran William diwakili oleh singa sementara Kate Middleton diwakili dalam bentuk unicorn.

Nah, itu dia tujuh perbedaan kontras dalam keluarga dua pasangan Kerajaan Inggris, William-Kate dan Harry-Meghan. Kalau menurut kamu, nomor berapa mana nih yang paling mencolok?

Baca Juga: Instagram Meghan Markle Unfollow Semua Akun dan Ajak untuk Follow Ini