Nama Hwang Hana saat ini sedang ramai diperbincangkan publik, usai dirumorkan berpacaran dengan anggota termuda BTS, Jungkook. Hal ini bermula setelah Hwang Hana mengatakan bahwa ia sedang berkencan dengan seorang pria yang berumur 8-9 tahun lebih muda darinya di media sosialnya. Namun, rumor bahwa dirinya sedang menjalin hubungan spesial dengan Jungkook langsung ditepisnya denga tegas. 

“Tolong berhenti menyebarkan rumor konyol. Mengapa Anda mengumpulkan hal-hal acak dan menyebarkan rumor ini? Ini merusak baik orang itu maupun aku, dan aku punya pacar. Tolong jangan membuat asumsi hanya karena mereka mungkin berusia sekitar yang sama. Saya pribadi tidak tahu sama sekali (Jungkook) !! Lain kali aku mungkin akan berkencan dengan Leonardo DiCaprio ..” tulis Hana pada 7 Agustus lalu.

Sebelum ramai diperbincangkan saat ini, nama Hwang Hana ternyata sudah terkenal sebagai mantan tunangan Yoochun "JYJ". Selain itu, ia juga terkenal sebagai sosok kontroversial karena sering berurusan dengan hukum.  

Penasaran bagaimana sosoknya? Simak 7 fakta profil dan kasus kontroversial Hwang Hana di bawah ini!

1. Mantan tunangan Park Yoochun JYJ

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaKoreaboo.com

Nama Hwang Hana sendiri mulai banyak dibicarakan usai diumumkan bertunangan dengan Yoochun JYJ. Pada 2017 lalu, Yoochun mengumumkan bahwa ia sedang berkencan dengan seorang non selebritas yakni Hwang Hana. Mereka kemudian bertunangan pada September 2017. Sayangnya, hubungan keduanya kandas pada pertengahan 2018 lalu.  

2. Diduga pernah menyindir Yoochun JYJ

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaDok. Internet

Beberapa saat setelah dikabarkan berpisah dan batal menikah,  Hwang Hana ternyata pernah mengunggah sesuatu yang mencurigakan di media sosialnya. Menurut warganet, unggahan itu sepertinya ditujukan untuk menyindir sang mantan kekasih, Yoochun. Setelah ramai diperbincangkan, unggahan itu pun langsung dihapus oleh Hwang Hana.  

3. Berasal dari keluarga konglomerat

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaDok. Internet

Meski bukan selebritas, status Hwang Hana ternyata tidak bisa dianggap sebelah mata. Hal itu lantaran Hwang Hana diketahui merupakan cucu dari pendiri Namyang Dairy, perusahaan produk susu besar di Korea Selatan.  

4. Pernah menyebarkan video tak senonoh

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaAsianjunkie.com

Hwang Hana ternyata pernah tersangkut kasus hingga membawanya pada ancaman lima tahun penjara atau denda 30 juta won atau sekitar Rp373 juta. Hal ini lantaran Hwang Hana yang dilaporkan telah menyebarkan video seorang perempuan yang sedang mabuk dan tak mengenakan busana ke grup obrolannya.  

Hwang Hana juga dilaporkan terkenal sering mengancam seseorang dengan video seksual yang didapatkannya secara ilegal.  

"Hwang mengancam banyak orang dengan video seks, saya tidak mengerti dari mana dia mendapatkannya... ada lebih dari satu atau dua korban. Saya telah menerima laporan dari sekitar empat orang," ujar rekannya.  

5. Lama terjerat dalam kasus obat-obatan terlarang

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaKoreaboo.com

Nama Hwang Hana juga sering mendapatkan sentimen negatif dikarenakan dirinya yang diketahui memiliki sejarah panjang dengan penggunaan obat-obatan terlarang. Pada 2011, ia pernah dilaporkan atas kepemilikan narkoba.  

Pada 2015, ia dilaporkan telah mendistribusikan dan menyuntikkan 0,5 g Philopon pada temannya di Gangnam. Namun, polisi baru menetapkan kasus ini pada 2017 lalu dengan keputusan bahwa Hwang Hana dinyatakan tidak bersalah dan temannya dijatuhi hukuman penjara dua tahun enam bulan dengan masa percobaan tiga tahun. 

6. Baru-baru ini ditangkap atas pengunaan narkoba

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaKoreancelebgossip.blogspot.com

Tak berhenti disitu, Hwang Hana juga kembali harus berurusan dengan hukum usai ditangkap atas penggunaan narkoba yang kesekian kalinya. Dengan mengenakan baju oranye dan rok panjang, Hwang Hana dibawa ke kantor polisi provinsi Gyeonggi Selatan pada 4 April 2020 lalu.  

7. Pernah datang ke Indonesia

7 Fakta Kasus Kontroversial dan Profil Hwang HanaDok. Internet

Rupanya, Hwang Hana pernah berkunjung ke Indonesia, tepatnya di Bali, pada 2018 lalu. Ia juga mengunggah beberapa foto liburannya saat berkunjung ke Bali di akun Instagramnya. 

Baca Juga: Aktif Kembali Bermedia Sosial, Hwang Hana Pacaran dengan Jungkook BTS?

Baca Juga: Sosok Sensitif, Ini Arti di Balik 10 Tato Jungkook BTS

Baca Juga: Hengkang dari Grup, Inilah Penyebab Kontroversi Hongbin VIXX