Kamu termasuk salah satu Reveluv? Kalau iya, selamat ya karena girl grup kesayanganmu, Red Velvet, baru saja comeback!  Mereka merilis titletrack berjudul "Umpah-Umpah" yang dirilis pada 19 Agustus 2019 lalu dan sudah berhasil mengumpulkan 9,6 juta viewers di YouTube sampai saat ini setelah dua hari dirilis. Wow!

Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya seperti "Bad Boy" atau "Zimzalabim", Red Velvet kini menghadirkan nuansa musim panas yang menyenangkan dalam lagu "Umpah-Umpah". Selain lagunya yang menyenangkan, mau tau apa saja fakta menarik sampai kontroversi yang menyelimuti lagu "Umpah-Umpah" Red Velvet? Simak di bawah ini, ya!

1. Memiliki Judul Berfrasa Unik

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetInstagram.com/redvelvet.smtown

Girl grup beranggotakan Irene, Wendy, Seulgi, Yeri, dan Joy ini memang terkenal selalu menyelipkan frasa unik dan terkesan "aneh" pada setiap lagu yang dibawakannya. Sebut saja kata dumb-dumb dalam lagu "Dumb-Dumb" mereka yang bahkan disebutkan sampai 200 kali, lho!  Selanjutnya ada kata rookie dalam lagu "Rookie" yang disebutkan berkali-kali disepanjang lagu sampai terngiang-terngiang di kepala dalam sekali mendengarnya. Dan yang terbaru, kata umpah-umpah dalam lagu terbaru mereka "Umpah-Umpah".

Ketika mendengar kata "umpah-umpah", banyak fans yang berspekulasi bahwa kata ini berasal dari teknik berenang yang berarti bahwa lagu ini bercerita tentang kehidupan bawah laut. Selain itu, ada pula yang mengaitkannya dengan kata  "oompah loompah" dari Charlie and Chocolate Factory. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa kita tidak bisa menggunakan kamus baku atau logika ketika mengulik teori dari lagu-lagu Red Velvet. Meskipun terlihat aneh ketika membacanya, namun Red Velvet selalu sukses membawakannya dengan baik dan membuatnya terdengar menyenangkan. Coba dengerin, yuk!

2. Lagu Musim Panas yang Menyegarkan

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetHqkpopphotos.blogspot.com

Dalam budaya masyarakat Korea Selatan, bulan Juni-Agustus masuk dalam periode musim panas. Hal ini disebabkan karena meningkatnya suhu cuaca di sana. Oleh karena itu, selain mencari makanan dan minuman dingin, masyarakat disana juga senang mendengarkan lagu-lagu dengan beat yang semangat atau disebut summer song. 

Bertepatan dengan jatuhnya periode musim panas, Red Velvet pun ambil bagian dalam memeriahkan tangga lagu musim panas di Korea Selatan dengan "Umpah-Umpah". Lagu yang satu ini sangat cocok didengarkan saat musim panas, lho! Hal ini karena beat-nya energik namun menenangkan serta liriknya yang indah dan mudah diingat. Kalau kamu sudah mendengarkan lagu ini, pasti langsung terngiang-ngiang kata "something unforgetable" dan "Umpah-Umpah"-nya, deh!

3. Kualitas Vokal dan Rap Para Membernya yang Makin Matang

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetOmonatheydidnt.livejournal.com/

Dalam industri musik, Red Velvet sendiri sudah berkiprah selama 5 tahun. Mereka memulai debutnya pada 2014 lalu dengan merilis debut single berjudul "Happiness" dengan empat orang anggota kecuali Yeri. Barulah pada 2015 lalu, Yeri bergabung dengan Red Velvet dengan merilis lagu "Ice Cream Cake" . Dengan karier yang sudah termasuk panjang ini, kemampuan para anggotanya pun mengalami kemajuan pesat. Hal ini terbukti dari kemampuan vokal dan rap para anggotanya dalam lagu terbaru mereka, "Umpah-Umpah". Kamu bisa mendengar suara merdu dari Irene dan Joy, high-note sempurna Wendy dan Seulgi, serta rap menyenangkan dari Yeri. 

4. Kostum yang Cantik dan Menarik

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetYoutube.com/smtown

Sepanjang MV, kamu bukan hanya dibuat terpana dengan suara merdu para anggotanya, tapi juga kostum-kostum cantik yang dikenakan hingga membuat mereka makin terlihat mengesankan.

5. Stylist SM Entertaiment Dituding Plagiat Brand Paris'99.

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetInstagram.com/paris99

Penggemar dibuat heboh dengan pernyataan dari pihak salah satu brand pakaian Paris 99. Dalam unggahan yang dibuatnya pada Selasa, (20/8/19) kemarin, pihak Paris 99 mengungkapkan kekecewaannya pada SM Entertaiment. Menurutnya, pihak SM Entertaiment tidak pernah sama sekali menghubungi pihak Paris 99 untuk mengajukan kolaborasi. 

5 Fakta Unik dan Kontrovesi Umpah-Umpah Red VelvetInstagram.com/paris99

Pihak Paris 99 juga mengungkapkan kekecewaannya atas pemotretan yang dilakukan oleh Red Velvet yang dinilainya mirip dengan pemotretan model untuk brand mereka. Hingga saat ini, SM Entertaiment belum memberikan klarifikasinya terkait masalah ini. 

Nah, itu dia 5 fakta unik dan kontrovesi dalam lagu "Umpah-Umpah" Red Velvet. Kita doakan semoga masalahnya cepat selesai dan Red Velvet dapat terus berkarya, yuk!