Sebagaimana yang kamu dan jutaan penduduk dunia lainnya ketahui, tahun 2020 memberi tantangan yang sangat mengejutkan. Terhitung sejak penyebaran virus COVID-19 mendominasi dunia, mampu mengubah gaya hidup yang menyebabkan gejolak ekonomi global.

Meski begitu, permasalahan tersebut nyatanya tidak memberi dampak negatif bagi penduduk 1% yang tergolong sangat kaya raya. Bahkan, kekayaan mereka dapat dikatakan kian bertambah hingga akhirnya sukses menjadi orang terkaya di dunia pada 2021, lho!

Yup, melansir dari Forbes edisi 35 tahun 2021, berikut adalah daftar orang terkaya di dunia 2021, di luar golongan elite yang tidak ingin kekayaannya masuk dalam daftar Forbes (psst, kalau yang ini lebih fantastis lagi!). Kira-kira dari mana mereka mendapat keuntungan tersebut?

1. Jeff Bezos

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!quoteskeren.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$196,4 miliar

Dari Amerika Serikat, nama pebisnis Jeff Bezos yang diketahui terkaya pada 2021.

Melalui perusahaan Amazon di bidang multi-national technology, Jeff Bezos diketahui telah meraih jumlah kekayaan mencapai US$196,4 miliar, yang angkanya sebenarnya dapat bernilai lebih tinggi apabila ia tidak melalui proses kekayaan yang juga memakan sejumlah uang.

Teori: sebagian besar orang sangat memanfaatkan pasar e-commerce untuk proses jual-beli secara online. Tentu, hal tersebut memberi keuntungan bagi Amazon.

2. Bernard Arnault Elon Musk

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!scmp.com

Negara asal: Paris | Jumlah kekayaan: US$179,2 miliar

Sebagai pecinta dunia fashion, kamu pasti cukup familiar dengan produk Louis Vuitton dan Christian Dior. Did you know? Kedua produk tersebut merupakan hasil karya yang berada di bawah naungan perusahaan Louis Vuitton Moet Hennessy milik pebisnis Bernard Arnault.

Diketahui, usaha tersebut sukses memberikan hasil kekayaaan mencapai setidaknya US$179,2 miliar. Hal tersebut dikarenakan terjadinya kenaikan saham sebesar 86% pada saham Louis Vuitton Moet Hennessy, selama masa pandemi berlangsung.

Teori: Meskipun masa pandemi sempat memberi dampak negatif bagi dunia fesyen, beberapa negara nyatanya masih menunjukkan fenomena interest pasar yang positif terhadap industri tersebut. Khususnya pada negara-negara maju.

3. Elon Musk

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!pakwheels.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$174,6 miliar

Besar di keluarga konglomerat asal Afrika Selatan, Elon Musk tidak membatasi dirinya untuk menempuh pendidikan hingga tingkat universitas dan mencoba peruntungan di dunia bisnis. Hasilnya, ia menduduki peringkat ke-31 sebagai orang terkaya di dunia pada 2020.

Namun, siapa yang menyangka bahwa usahanya melalui Tesla, Elon Musk dan SpaceX mampu meroket tinggi selama kurun waktu satu tahun. Yup, dari posisi 31, lelaki 49 tahun itu berhasil meraih kekayaan sebesar US$174,6 miliar melalui kenaikan 705% saham Tesla.

Teori: sebagaimana yang kita ketahui, proyek SpaceX yang cukup menarik perhatian, mendapat sambutan positif dari publik. Kesuksesan tersebut mungkin memberi pengaruh yang cukup positif pada perkembangan saham usahanya.

4. Bill Gates

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!telisik.id

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$131,6 miliar

Siapa yang tidak mengenal nama seorang Bill Gates. Melalui perusahaan Microsoft Corporation yang ia dirikan dan kembangkan, pebisnis sekaligus software developer asal Amerika Serikat ini terus menghiasi daftar orang terkaya di dunia, termasuk pada 2021.

Yup, didukung oleh kekuatan saham yang dimilikinya di perusahaan Microsoft serta perusahaan lainnya seperti, Perkeretaapian Nasional Kanada dan pembuat traktor Deere & Company, Bill Gates berhasil mengumpulkan kekayaan sebanyak US$131 miliar.

Teori: Dengan kekayaan yang sudah cukup tinggi, Bill Gates melipatgandakannya melalui investasi saham pada perusahaan-perusahaan besar lainnya. Ini merupakan trik terbaik.

5. Mark Zuckelberg

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!unreservedmedia.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$110,2 miliar

Bisa dibilang, setiap individu memiliki kecenderungan untuk terus menggunakan media sosial. Tanpa terkecuali Facebook yang dibangun dan dikembangkan sendiri oleh Mark Zuckerberg, dengan beberapa fitur yang diminati oleh sebagian besar penduduk dunia.

Atas dasar itulah, cukup wajar jika dunia menyaksikan Mark Zuckerberg kembali terpilih sebagai salah satu orang terkaya di dunia dengan peningkatan saham sebesar 80% dan total kekayaan mencapai US$110 miliar. Angka yang sangat banyak, bukan?

Teori: Besar kemungkinan, peningkatan saham pada Facebook terjadi akibat beberapa keputusan penting seperti, mengakuisisi WhatsApp, Instagram dan perusahaan lainnya.

6. Larry Ellison Warren Buffett

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!e15.cz

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$104 miliar

Berbakat di bidang Matematika, Lawrence Joseph Ellison atau biasa dikenal dengan nama Larry Ellison, memulai kariernya di Perusahaan Ampex. Dari situ, Joseph Ellison terinspirasi untuk mengembangkan perusahaan perangkat lunak database yaitu, Oracle Corporation.

Perusahaan tersebut diketahui merupakan kerja sama antara dirinya dengan rekan kerjanya. Hasilnya, melalui perusahaan tersebut, Joseph Ellison berhasil memperoleh kekayaan dengan estimasi yang cukup besar, yaitu US$104 miliar.

Teori: Keuntungan yang mampu diperoleh Joseph Ellison melalui Oracle Corporation tentu membuktikan bahwa masa pandemi tidak memberi pengaruh negatif yang signifikan.

7. Warren Buffett

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!unreservedmedia.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$102,2 miliar

Selama bertahun-tahun, Warren Edward Buffet telah sukses mempertahankan kariernya sebagai seorang pebisnis di bidang asuransi, rail transportation dan pembangunan dan distribusi energi melalui perusahaan Berkshire Hathaway.

Melalui perusahaan multinational tersebut, Warren Buffet sukses memperoleh kekayaan sebesar US$102 miliar hingga mencapai posisi ketujuh sebagai orang terkaya di dunia pada 2021. 

Teori: Melansir dari Investopedia, Berkshire Hathaway sempat mengalami krisis selama masa pandemi 2020. Namun, melihat jumlah anak perusahaan yang banyak serta upaya untuk mempertahankannya, Warren Buffet really did a good job, did he? 

8. Larry Page

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!liputan6.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$99,3 miliar

Bagi kamu yang belum tahu, sosok Larry Page adalah salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google, bersama rekannya bernama Sergey Bin. Sebagai pendiri, Larry Page diketahui menjabat posisi Chief Executive Officer sejak April 2011.

Di bawah naungannya, Google Inc. berhasil memperoleh keuntungan yang kian melonjak. Hal tersebut memberi keuntungan tersendir bagi Larry Page yang diketahui berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar mencapai USD99,3 miliar.

Teori: Kebutuhan internet akan terus meningkat, terutama di pada masa pandemi COVID-19. Hal inilah yang mungkin mempertahankan sejumlah keuntungan.

9. Sergey Brin

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!abcnews.go.com

Negara asal: Amerika Serikat | Jumlah kekayaan: US$96,3 miliar

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Google Inc. merupakan perusahaan mesin pencari internet tersebut yang dibangun oleh Larry Page bersama rekannya, Sergey Brin. Tentu, fakta tersebut memberikan keuntungan yang bagi Sergery Brin sendiri.

Spesifiknya, Sergey Brin diketahui memperoleh sejumlah kekayaan yang tidak jauh berbeda dari yang dimiliki oleh Larry Page yaitu, sebesar US$96,3 miliar. Dengan kata lain, perbedaannya hanya mencapai sekitar US$3 miliar lebih. Quite close, right?

Teori: Ketika dua atau lebih rekan bisnis sukses membangun dan mempertahankan eksistensi perusahaan, maka keuntungan yang tidak jauh berbeda akan dirasakan bersama.

10. Francoise Bettencourt Meyers & family

Top 10 Orang Terkaya di Dunia 2021, Salah satunya Perempuan!kreyonmedia.com

Negara asal: Pris, Prancis | Jumlah kekayaan: US$80,7 miliar

Satu-satunya perempuan yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia tahun 2021, Francoise Bettencourt Meyers adalah cucu dari pendiri L'Oreal. Bettencourt Meyers dan keluarganya memiliki sekitar 33% saham L'Oreal. Dia telah menjabat di dewan L'Oreal sejak 1997 dan menjadi ketua perusahaan induk keluarga. Dia menjadi pewaris L'Oreal yang berkuasa di Prancis pada tahun 2017 ketika ibunya Liliane Bettencourt, perempuan terkaya di dunia, meninggal pada usia 94 tahun.

Teori: Ia mendapat kemudahan dengan mewarisi kekayaan kosmetik yang pernah bernilai $56,8 miliar pada tahun 2017, setelah melalui perselisihan hukum yang dramatis dengan seorang teman dekat ibunya.

Perlu diketahui, jika berbicara mengenai kekayaan, itu bukan berarti jumlah uang di dalam rekening mereka ya, Bela. Angka fantastis tersebut merupakan kesatuan dari aset diri sendiri, aset perusahaan, jumlah karyawan, nilai perusahaan yang mereka miliki dikurangi hutang, sampai kesehatan finansial perusahaan, sehingga disebut sebagai net worth.

Kalau net worth kamu, kira-kira berapa?

Baca Juga: Calon Miliarder Muda, BTS Masuk Pemegang Saham Terkaya di Korea

Baca Juga: Punya Harta Rp452 Miliar, Agnez Mo Jadi Penyanyi Terkaya di Indonesia 

Baca Juga: Pernah Ngontrak & Di-Bully, 15 Fakta Elon Musk Orang Terkaya di Dunia