Perkembangan zaman yang semakin modern membuahkan ketergantungan invidu pada internet dan teknologi itu sendiri. Beragam penelitian terbaru sepanjang tahun 2020-2021 membuktikan bahwa pengunaan internet dan media sosial mengalami peningkatan di masa pandemi.

Salah satunya adalah kolaborasi research antara We Are Social dan Hootsuite bertajuk Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital pada masyarakat Indonesia. Ditemukan bahwa masyarakat kian gemar menggunakan internet dan media sosial, yang mana TikTok menjadi salah satu media sosial yang paling diminati.

Eits, ketertarikan publik pada TikTok tidak fokus pada aspek hiburan saja melainkan konten-konten yang bersifat edukatif seperti yang dihadirkan oleh delapan rekomendasi akun TikTok edukatif mengenai dunia karier di bawah ini. Yuk, kita intip sembari belajar bersama!

1. Niaghania

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/niaghania

Konten: self development | Followers: 832,0K (data Okt. 2021)

Pekerjaan merupakan tuntutan dan kewajiban hidup setiap orang untuk meningkatkan kualitas hidup. Akan tetapi, proses yang harus dilalui tidak semudah membalikkan tangan. Selain menuai upaya fisik maupun otak, tantangan turut mengusik keadaan mental.

Atas dasar itulah, Niaghania (@niaghania) melalui akun TikTok-nya sengaja membagikan berbagai tips dan psychological hacks yang dibutuhkan. Mulai dari pembicaraan seputar isu terkait bullying di dunia kantor yang meraih 30,7K viewers hingga toxic job yang meraih 100,2K.

2. Yova Beltz (Bu Yo)

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/yova.beltz

Konten: dunia karier | Followers: 353,2K (data Okt. 2021)

Pernahkah kamu mendengar kata-kata wejangan yang menyarankan agar kamu lebih dulu menganalisis  tempat yang akan kamu masuki? Dengan begitu, kesiapan untuk beradaptasi sekaligus menghadapi rentetan tantangan akan lebih maksimal.

Yova Beltz atau yang juga dikenal dengan nama Bu Yo (@yova.beltz) ) melalui akun TikTok-nya sengaja memberi penjelasan terkait gambaran dunia karier. Mulai dari tipe-tipe karyawan hingga ketentuan seputar resignation. Dipastikan kamu akan lebih siap dan tidak tersesat!

3. Marcella

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.commarcellaeteng

Konten: digital marketing | Followers: 361,6K (data Okt. 2021)

Berbicara mengenai dunia karier, kamu tentu turut menyadari perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin maju. Hal ini dapat kamu intip melalui kemajuan digital marketing yang semakin pesat di dunia perkantoran dan industri perdagangan.

Oleh karena itu, seorang TikToker bernama Marcella (@marcellaeteng) sengaja menghadirkan rentetan video penjelasan yang berkaitan dengan digital marketing. Sebut saja, IG Ads, Google Ads, FB Ads, marketing tools, dan masih banyak lagi. Hayo, penasaran mau tahu apa itu?

4. Eza Hazami

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/ezash

Konten: interview kerja | Followers: 178,8K (data Okt. 2021)

Untuk memulai perjalanan karier serta meningkatkannya, interview menjadi satu-satunya gerbang yang membuka kesempatan tersebut. Sehingga tak teragukan lagi, kamu harus memusatkan perhatian dan fokus yang serius terhadap setiap proses wawancara.

Dalam rangka membantu proses tersebut, Eza Hazami (@ezash) secara sukarela menyampaikan beberapa tips dan hacks terkait interview kerja melalui akun TikTok-nya. Tentu, penjelasannya diharapkan dapat membantumu lolos melalui perjalanan kariermu seterusnya.

5. Christina Lie

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/Christinalie27

Konten: bisnis di E-commerce | Followers: 437,0K (data Okt. 2021)

Apakah kamu termasuk satu dari sekian orang yang memiliki impian untuk membangun suatu bisnis? Yup, menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur dapat menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan karier sekaligus membuka lowongan pekerjaan.

Seorang TikToker bernama Christina Lie (@christinalie27) mencoba untuk membantu perjalananmu menjadi seorang entrepreneur khusus di bidang E-commerce. Mulai dari strategi hingga implementasi dan trik untuk mengembangkannya. Siap belajar?

6. Urrofi

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/urrofi

Konten: foto dan videografi | Followers: 609,6K (data Okt. 2021)

Sebagaimana perkembangan teknologi turut berpusat pada digital dan content marketing, maka profesi sebagai seorang fotografer dan videographer terbilang sangat penting. Mereka inilah yang menjadi jembatan-jembatan untuk menghasilkan konten terbaik.

Memahami kepentingan tersebut, Urrofi (@urrofi) pun sengaja turun tangan melalui akun TikTok-nya untuk membantu orang-orang yang berkecimpungan di dunia foto dan videografi. Terdapat beragam penjelasan dengan contoh-contoh visual yang mudah dipahami.

7. Felicia Putri Tjiasaka

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/feliciaputritjiasaka

Konten: investasi | Followers: 648,7K (data Okt. 2021)

Berbicara mengenai perkara dunia pekerjaan atau karier, kemampuan untuk mengelola uang tentunya sangat berkaitan erat. Entah kamu bekerja sebagai seorang entrepreneur atau karyawan swasta maupun negeri, keuangan adalah poin penting untuk diperhatikan.

Khusus mengenai investasi, Felicia Putri Tjiasaka (@feliciaputritjiasaka) siap untuk memberi pemahaman yang jelas hingga mudah dipahami. Bahkan, penjelasan Felicia melalui akun TikTok-nya dipastikan akan cocok banget untuk kamu yang tergolong pemula di bidang investasi, lho!

8. Stephanie R.

Siap Kerja? Simak Rekomendasi 8 Akun TikTok Edukatif mengenai KarierInstagram.com/halohanie

Konten: personal branding dan marketing | Followers: 74,5K (data Okt. 2021)

Kamu membutuhkan penjelasan seputar personal branding? Maksudnya, apakah personal branding itu sama dengan pencitraan? Terus, bagaimana dengan hal-hal yang harus diperhatikan mengenai dunia marketing itu sendiri? Sini sini sini, ada yang siap jelaskan!

Yup, kata "Sini sini sini" menjadi salah satu ciri khas yang sangat kental melekat pada seorang Stephanie R. (@halohanie) dalam akun TikToknya. Di sana, Stephanie selalu memulai dengan pertanyaan seputar personal branding dan marketing, kemudian mengajakmu untuk menengar rentetan penjelasannya yang mudah untuk dipahami.

Jadi, bagaimana, Bela? Sudahkah kamu siap belajar lewat TikTok?

Baca Juga: 20 Lagu TikTok Viral dan Populer 2021 yang Sering Dijadikan Backsound

Baca Juga: Terindikasi Money Game, 5 Fakta TikTok Cash yang Diblokir Kominfo

Baca Juga: 13 TikTok Challenge: Kiss Your Pet, yang Bikin Ngakak Pol!