Siapa yang menyangka bahwa Korea Utara nyatanya memiliki peluang yang cukup baik dalam bidang perdagangan internasional? Yup, meskipun negara tersebut memang seperti mengisolasi diri, namun Korea Utara tetap berkesempatan untuk melakukan ekspor produk andalannya.

Melansir dari wolrdstoexports.com, berikut adalah daftar produk eskpor Korea Utara yang disebut-sebut berhasil meraup untung hingga jutaan dolar Amerika Serikat. Apa saja, ya?

1. Pakaian dan aksesori

Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!rfa.org

Keuntungan: US$499,8 juta (27,1% dari total ekspor)

Perbedaan kultur dan budaya suatu negara terlihat dari karakteristik pakaian yang umum digunakan oleh mayoritas masyarakat. Termasuk Korea Utara yang cenderung didominasi oleh gaya berpakaian tertutup dan berasal dari bahan kain.

Nah, tahukah kamu? Ciri khas pakaian Korea Utara tersebut nyatanya memperoleh minat yang tinggi dari beberapa negara yang menerima produk ekspor. Namun, pelaku dagang Korea Utara hanya melakukan ekspor pakaian yang bukan hasil rajutan dan renda.

2. Bahan bakar mineral

Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!lazerhorse.org

Keuntungan: US$420 juta (22,8% dari total ekspor)

Bahan bakar mineral atau bahan bakar fosil merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan. Bahan bakar ini mengandung hidrokarbon dan kerap dimanfaatkan sebagai batu bara, minyak bumi dan gas alam.

Beruntungnya, Korea Utara memiliki lahan yang juga mampu memproduksi bahan bakar mineral tersebut, termasuk minyak bumi. Dengan begitu, Korea Utara mampu mencukupi kebutuhan masyarakat dan memanfaatkannya sebagai produk ekspor.

3. Bijih timah, terak dan abu

Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!steinertglobal.com

Keuntungan: US$187,5 juta (10,2% dari total ekspor)

Salah satu upaya untuk memajukan suatu negara adalah memerhatikan proses pembangunan yang meliputi beberapa fasilitas publik. Dalam rangka merealisasikannya, negara-negara membutuhkan beberapa bahan dasar seperti, bijih timah, terak dan abu.

Menyadari kebutuhan umum itu, Korea Utara pun bekerja keras untuk mampu menghasilkan ketiga bahan dasar tersebut. Melalui proses yang melibatkan pekerja-pekerja yang terlatih, Korea Utara dapat melakukan proses ekspor terkait.

4. Ikan

Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!reuters.com

Keuntungan: US$164 juta (8,9% dari total ekspor)

Secara geografis, Korea Utara sangat beruntung memiliki letak negara yang dikelilingi oleh laut. Tidak tanggung-tanggung, garis laut yang berada di sekitar Korea Utara tentunya memiliki kekayaan alam yang begitu banyak dan mampu dimanfaatkan secara bijak.

Hasilnya, Korea Utara di bawah kepemimpinan Supreme Leader Kim Jong Un pun mempekerjan nelayan-nelayan yang terlatih untuk meraup banyak jenis ikan. Sehingga, setiap ikan pun dapat turut diekspor ke beberapa negara demi meraup untung.

5. Besi dan baja

Daftar Produk Ekspor Korea Utara, Untung Hingga Jutaan Dolar!exploredprk.com

Keuntungan: $83.2 million (4.5% dari total ekspor)

Berbicara mengenai proses pembanguan yang selalu dijadikan sebagai program utama setiap negara, bagaimana mungkin kamu melupakan bahan dasar berupa besi dan baja? Kedua bahan logam tersebut masuk ke dalam kelompok bahan-bahan yang sangat diperlukan.

Korea Utara yang memiliki lahan dan kemampuan untuk memproduk kedua bahan logam tersebut pun tak jemu untuk mengekspor ke negara-negara tertentu. Dengan ini, Korea Utara tetap mampu berdiri dengan kakinya sendiri.

Itulah daftar produk ekspor Korea Utara yang bsia meraup untung jutaan dolar. Kira-kira rakyat Korea Utara turut merasakan keuntungan tersebut, nggak, ya?

Baca Juga: Mengintip 5 Hak Istimewa Orang Super Kaya di Korea Utara

Baca Juga: 5 Kesaksian Hidup di Korea Utara: Miris hingga Horor

Baca Juga: Aman untuk Dunia, 5 Hal Umum Ini Dilarang di Korea Utara