Memang, masa pandemi COVID 19 memberikan tantangan yang cukup memberatkan. Mulai dari penyebaran virus yang terbilang sangat cepat, hingga perubahan gaya hidup yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Kamu pun berpikir, "Apakah situasi baru ini akan turut membatasimu untuk berkembang di dalam rumah saja?"

Oh, tentu tidak, Bela! Menyesuaikan keadaan saat ini, beberapa platfom untuk kursus hingga webinar hadir secara gratis agar kamu dapat tetap produktif dan belajar di rumah.

1. FutureLearn

5 Rekomendasi Platform untuk Kursus dan Webinar Gratis, Di Rumah Ajaedtechreview.in

Situs resmi: www.futurelearn.com

Membangun sikap yang terbuka untuk terus belajar menentukan masa depan seseorang. Itulah kenapa, sebuah platform bernama FutureLearn sengaja memberi akses online kepada pengguna internet untuk menghadiri rangkaian kursus secara gratis.

Langsung dari The Open University dan SEEK Ltd. di Inggris, platform FutureLearn menghadirkan rangkaian program di segala bidang. Mulai dari dunia pekerjaan hingga kepentingan terkait kesehatan dan pengetahuan umum yang tidak kalah penting.

Menariknya, setiap program dirancang sedemikian rupa dengan melibatkan setidaknya 175 mitra edukator terbaik di Inggris, maupun negara-negara lainnya. Bahkan, kamu akan menemukan beberapa materi dari universitas ternama, seperti Monash University, lho!

2. Mindvalley

5 Rekomendasi Platform untuk Kursus dan Webinar Gratis, Di Rumah Ajanomadrs.com

Situs resmi: www.mindvalley.com

Sekolah atau lembaga pendidikan formal lainnya telah menghadirkan materi yang bersifat penting untuk dipelajari. Namun, sebuah educational platform dari Malaysia, Mindvalley, menawarkan materi penting lainnya yang dianggap telah dilupakan oleh pendidikan formal.

Spesifiknya adalah pelajaran mengenai aspek kehidupan yang meliputi hubungan sosial, kesehatan, pola pikir, hingga kesehatan mental dan aspek penting sejenis lainnya. Masing-masing dibahas oleh pakar berpengalaman yang terbilang sangat profesional.

Tujuannya bukan hanya untuk memperluas wawasan danmeningkatkan pengertian terhadap sebuah isu, melainkan juga memperbaiki kehidupan manusia di dunia sekaligus menyelamatkan eksistensi planet yang ditentukan oleh kehidupan manusia itu sendiri.

3. Harvard Online Courses

5 Rekomendasi Platform untuk Kursus dan Webinar Gratis, Di Rumah Ajaaseanop.com

Situs resmi: online-learning.harvard.edu

Universitas kerap menjadi tujuan utama para siswa. Sebagian besar meletakkan impian mereka pada universitas besar, seperti Harvard yang menempati urutan pertama sebagai perguruan terbaik di dunia versi Webometrics Ranking of World Universities 2020.

Akan tetapi, jika impianmu tertunda untuk masuk ke Universitas Harvard, kamu nyatanya tetap memperoleh akses untuk mempelajari beragam bidang dari universitas tersebut, lho! Mulai dari bidang edukasi hingga bisnis maupun pengetahuan umum mengenai kehidupan.

Masing-masing disediakan secara online melalui platform khusus secara gratis. Namun, perlu diingat bahwa setiap materi yang dihadirkan pada platform tersebut mengharuskan seorang pengguna internet atau pelajar, untuk memahami dasar-dasar bahasa Inggris.

4. Coursera

5 Rekomendasi Platform untuk Kursus dan Webinar Gratis, Di Rumah Ajasearch.muz.li

Situs resmi: www.coursera.org

Perlu diketahui bahwa semua orang memiliki potensi untuk berkembang dan maju. Namun, potensi tersebut membutuhkan akses yang membantu seseorang meningkatkan setiap keahlian yang tertanam di dalam dirinya. Untuk itulah, Coursera hadir.

Sebagai platform pembelajaran berbasis online, Coursera menyediakan rangkaian kursus gratis dengan beragam materi seputar kesehatan, seni, bisnis, dan bidang lainnya yang berhubungan dengan talenta atau kemampuan setiap individu. 

Masing-masing dirumuskan secara terperinci oleh pengajar-pengajar profesional yang berasal dari Universitas Pennsylvania dan Universitas Stanford di Amerika Serikat. Kabar baiknya, program gratis ini turut memberi kesempatan untuk memperoleh sertifikat.

5. Speaky

5 Rekomendasi Platform untuk Kursus dan Webinar Gratis, Di Rumah Ajaspeaky.com

Situs resmi: www. speaky.com

Bagaimanapun juga, perlu diakui bahwa bahasa berperan penting sebagai jembatan untuk seseorang memahami dan mempelajari sesuatu. Sehingga dibutuhkan kemampuan berbahasa yang setidaknya fokus pada bahasa internasional, seperti bahasa Inggris.

Atas dasar itulah, sebuah platform bernama Speaky hadir dengan layanan kursus online yang sengaja memberi akses untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Caranya dengan melibatkan lawan bicara yang menggunakan bahasa tersebut.

Nah, apakah kamu cukup berminat untuk mengikuti beberapa pilihan kursus dan webinar gratis di atas. Kira-kira platform mana nih, yang akan kamu kunjungi sekarang juga?

Baca Juga: Praktis, Ini 5 Manfaat Mengikuti Webinar Online

Baca Juga: Kuliah Saja Tak Cukup, Asah Skill Lewat Kursus Online untuk Menunjang Kariermu

Baca Juga: Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratis