Mendapatkan pekerjaan baru setelah resign dari pekerjaan lama terkadang tak akan semenyenangkan yang kamu pikirkan. Pekerjaan baru artinya lingkungan bau, rekan kerja baru, budaya baru, dan semuanya baru. Kamu harus kembali beradaptasi dan memulainya dari nol. Kebiasaan membandingkan secara tak sadar akan muncul juga dan sedikit rasa penyesalan mulai muncul dari hatimu yang paling dalam. Eits, kok rasanya seperti habis putus dari mantan, ya? 

1. PDKT itu penting, tapi SKSD tak boleh kamu lakukan di tempat kerja

Pekerjaan Lama Itu Layaknya Mantan, Kamu Harus Segera Move On!amazon.com

Agar lebih cepat beradaptasi tentu yang harus kamu lakukan di tempat kerja baru adalah melakukan pendekatan (PDKT) dengan atasan maupun rekan kerja. Tapi SKSD hukumnya haram kamu lakukan Bela! Misalnya memberi saran dan masukan-masukan yang tidak pada tempatnya. Karena risikonya terlalu besar, bisa saja tempat kerja barumu menganggapnya sesuatu yang negatif dan kesan pertamamu di hadapan mereka tidak akan baik.

2. Relakan yang telah berlalu, saatnya kamu menyambut hidup yang baru

Pekerjaan Lama Itu Layaknya Mantan, Kamu Harus Segera Move On!hotflick.net

Jika kamu terus mengingat pekerjaan lamamu, maka kamu akan terus membanding-bandingkannya. Hal tersebut tentu tidak akan memberikan efek yang baik untuk produktivitasmu di kantor baru. Biarkanlah yang sudah berlalu benar-benar tinggal di masa lalumu, ambil saja hal-hal yang positif untuk menghadapi hidupmu sekarang!

3. Masih merasa kurang "pas"di tempat baru, itu sangat wajar!

Pekerjaan Lama Itu Layaknya Mantan, Kamu Harus Segera Move On!hotflick.net

Bayangkan ketika kamu punya pacar baru, karena teringat mantan biasanya akan ada hal-hal kurang pas yang kamu rasakan. Pertanyaan-pertanyaan "Kenapa dia begini, kenapa dia seperti ini" akan terus muncul, dan ini sangat wajar. Tugasmu hanya berusaha terus menyesuaikan dan mencari kecocokkan, sesederhana itu.

4. Jangan pernah bicarakan pekerjaan lamamu di tempat kerja baru

Pekerjaan Lama Itu Layaknya Mantan, Kamu Harus Segera Move On!
highdefnews.blogspot.com
 
"Kalau di sana sih kantornya lebih nyaman, jam kerjanya lebih pendek." Stop! Kamu tak boleh lagi membicarakan apa pun yang pernah terjadi di tempat kerja lamamu. Jika kamu kurang berhati-hati sedikit saja, kamu bisa menyinggung perasaan orang-orang yang bekerja di tempat barumu sekarang. Jadi sebaiknya simpan saja dalam kenanganmu, ya. Kamu tak mau kan orang-orang di kantor barumu tahu bahwa kamu belum move on? 
 
Bela, satu hal penting yang perlu kamu ingat: jika tempat kerjamu tidak "memasangkan cincin pertunangan" dalam bentuk kontrak atau peluang karier jangka panjang, maka pergilah dan upgrade kemampuanmu di tempat lain. Percayalah, di luar sana banyak pekerjaan yang menanti untuk memasangkan cincinnya di jari-jarimu yang ahli dan kreatif. Menemukan pekerjaan yang cocok dan tempat kerja yang benar-benar menghargai dan memanfaatkan keahlianmu memang butuh proses, nikmatilah saja mumpung masih muda! 

 

BACA JUGA: Cuma 5 Menit! Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Lebih Pintar Hari Ini!