Menjadi workaholic atau penggila kerja sering dianggap sebagai manusia yang tak menikmati kehidupan karena hanya fokus pada pekerjaan. Padahal, kamu hanya bekerja dengan passion dan kamu memang benar-benar jatuh cinta pada pekerjaan ini. 

Cinta dan passion bukan berarti membuat kehidupan kerjamu mulus tanpa hambatan. Tetap ada pula masa-masa stres yang harus kamu lewati dan bahkan mungkin lebih banyak dari orang lain. Untuk itu, Popbela akan berbagi resep agar kamu tetap bahagia walaupun menjadi seorang workaholic.

 

1. Dekorasi meja kerja

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicwearemoviegeeks.com

Mengatur meja kerja mungkin terdengar sederhana, padahal manfaatnya sebaliknya. Meja kerja bisa mengubah mood seseorang begitu ia duduk di meja itu. Ubahlah suasana meja kerjamu agar bisa membuat mood-mu terus bersemangat.

 

2. Cari sahabat di tempat kerja

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicuphe.com

Lingkungan kerja adalah penentu utama kepuasan kerja setiap karyawan. Rekan kerja yang menyenangkan akan membuatmu merasa lebih nyaman dan tenang selama bekerja. Stres yang kamu alami pun bisa kamu bagi bersama sahabatmu itu.

 

3. Tinggalkan masalah pribadi

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicaceshowbiz.com

Jangan membawa masalah apa pun ke tempat kerja dan ingatlah bahwa setiap orang punya masalah. Bagi seorang workaholic sepertimu masalah adalah tantangan untuk maju selangkah ke depan. Jangan sampai masalahmu menghambat kesuksesan.

 

4. Lihatlah masa depan

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholichuffingtonpost.com

Barang siapa di masa mudanya bermalas-malasan ia akan bekerja keras di hari tuanya dan barang siapa yang bekerja keras di masa mudanya akan hidup tenang di hari tuanya. Ingatlah masa depanmu nanti yang akan membayar semua kerja kerasmu sekarang ini.

 

5. Cari udara segar

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholickino.de

Jangan hanya duduk di meja kantor saja dan keluar hanya saat makan siang. Cobalah sesekali menengok keluar jendela kantor, nikmatilah pemandangan langit dan gedung-gedung tinggi. Jika ada waktu kamu harus sesekali keluar gedung juga.

 

6. Makan makanan sehat

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicimdb.com

Ini syarat utama untuk menjadi workaholic yang hidup bahagia karena bekerja keras selalu butuh stamina yang prima. Kamu boleh saja menuruti hati dan pikiranmu untuk tetap bekerja, tapi jangan lupa hak tubuhmu juga untuk selalu terjaga kesehatannya.

 

7. Hindari multitasking

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholiccollider.com

Menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dalam satu waktu memang terkadang menguntungkan. Tapi hasilnya tak akan membantumu untuk berkembang dan mempelajari dengan benar apa yang kamu kerjakan. Sebaiknya kamu fokus dan jangan terlalu multitasking.

 

8. Terima orang lain apa adanya

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicaceshowbiz.com

Rekan kerja atau bosmu mungkin tak sesuai dengan kepribadianmu dalam bertindak, janganlah kamu ambil pusing. Setiap orang memang punya kelemahan dan kelebihan dan itu urusan mereka. Urusanmu adalah menyesuaikan diri dengan baik saja untuk segala suasana.

 

9. Beri hadiah untuk dirimu sendiri

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholiccollider.com

Bekerja saja dapat gaji, apalagi bekerja dengan keras, harus ada hadiah lainnya selain gaji. Agendakan untuk berlibur atau wisata kuliner ke tempat-tempat favoritmu. Atau beli saja barang-barang kesukaanmu walaupun harganya cukup mahal.

 

10. Refleksi diri tiap hari

10 Siasat Jitu Menjalani Hidup Penuh Kebahagiaan Sebagai Workaholicintouchweekly.com

Jangan lupa untuk selalu mengevaluasi diri karena kesalahan adalah mutlak milik setiap orang. Kamu tak akan bisa menghindarinya walaupun sekeras apapun berusaha, tapi paling tidak dengan berefleksi kamu bisa mempelajarinya untuk menjadi lebih baik di masa depan.

 

Sudah siap untuk bekerja lebih keras dan lebih baik lagi para workaholic?