Apa aktivitas yang rutin kamu lakukan setiap harinya saat bekerja? Meeting, mengecek email, berinteraksi dengan layar, dan minum kopi? Jika iya maka sebaiknya kamu menambah satu kegiatan lagi karena rutinitasmu sangat tidak sehat dan monoton. Popbela akan memberikan beberapa rekomendasi aktivitas yang bisa kamu tambahkan dalam kegiatan rutinmu. 

"Duduk lebih berbahaya dibandingkan merokok, membunuh lebih banyak orang dibandingkan HIV, dan lebih beresiko dari terjun payung. Kita duduk untuk mati." Dr. James Levine - Mayo Clinic-Arizona State University

1. Istirahat setiap jamnya

Duduk Seharian di Kantor Lebih Berbahaya dari Merokok, Ini 5 Tips Mengatasinya!popsugar.com

Duduk berjam-jam lamanya untuk bekerja tidaklah baik bagi kesehatanmu. Terlalu banyak duduk dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan bahkan dementia. Karena itu, kamu harus mengurangi kebiasaan duduk lama dengan beristirahat setiap jamnya. Berdirilah dan berjalan-jalan selama 5 menit untuk mengkatifkan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Kalau kamu pelupa, buatlah alarm untuk mengingatkanmu istirahat.

2. Pergilah makan siang

Duduk Seharian di Kantor Lebih Berbahaya dari Merokok, Ini 5 Tips Mengatasinya!vox.com

Mungkin sekarang makan siang semakin mudah, tanpa perlu pergi berjalan ke rumah makan toh sudah ada jasa ojek yang bisa membelikanmu makanan. Kelihatannya sangat menguntungkan, tapi tidak bagi tubuhmu. Kamu lebih baik berjalan mencari makan siang dan menghirup udara segar sekaligus mengobrol bersama teman-teman kerjamu. Keluar dari kantor benar-benar akan menyegarkan tubuh sekaligus otakmu.

3. Olahraga 10 menit

Duduk Seharian di Kantor Lebih Berbahaya dari Merokok, Ini 5 Tips Mengatasinya!npr.org

Kamu bisa memilih berolahraga sebelum, selama dan sesudah bekerja. Aktivitas fisik dapat menghilangkan stres karena membiarkan mentalmu istirahat selama melakukannya. Akibatnya kamu bisa lebih sehat sekaligus bahagia. Kalau kamu tidak punya banyak waktu, lakukan saja olahraga ringan di atas kursi kerjamu atau berdiri di sekitarnya. Nggak harus pakai baju olahraga khusus dan lari-larian kok!

4. Naik tangga, bukan lift

Duduk Seharian di Kantor Lebih Berbahaya dari Merokok, Ini 5 Tips Mengatasinya!popsugar.com

Tidak ada latihan kardio yang lebih bagus di kantormu selain naik tangga. Tapi memang sih, lift terlalu menggoda untuk ditinggalkan. Mungkin kamu bisa menyiasatinya dengan naik tangga untuk satu lantai saja kemudian baru naik lift. Naik tangga bisa meningkatkan energi dan sistem imun lho! Jadi kenapa tidak mencobanya dulu?

5. Berjalan atau bersepeda ke kantor

Duduk Seharian di Kantor Lebih Berbahaya dari Merokok, Ini 5 Tips Mengatasinya!quotesgram.com

Ini tergantung jarak dari tempat tinggalmu ke kantor sih, kalau lumayan dekat kamu bisa mencobanya. Tapi kalau jarak kantormu cukup jauh, kamu cukup memastikan kamu sering bergerak dan tidak duduk saja dari jam 9 sampai jam 5 sore. Bergerak sedikit saja sudah cukup kok, jadi jangan bermalas-malasan karena ini berdampak besar pada kesehatan.

Mulai besok dicoba ya Bela!

 

BACA JUGA: Ini Tips Agar Tetap Sehat Walaupun Bekerja Lembur​