Setelah menjalani pekerjaan utamanya sebagai idol, sebagian ada yang memperluas bahkan memulai karier barunya sebagai aktor. Hingga kini, sudah menjadi hal yang umum jika satu atau dua idol berkecimpung di dunia akting dari setiap grup K-pop.

Misalnya, Ahn So-Hee 'Wonder Girls', Hyeri 'Girl's Day', Yoon Doo-Joon 'HIGHLIGHT', dan masih banyak lagi.

Melansir dari Xports News, berikut ini beberapa idol terpilih yang sukses membuktikan dirinya sebagai aktor dan membuat perubahan begitu luar biasa, dari yang memulai debutnya di 2007 hingga setelahnya.

1. Yoona 'Girls' Generation'

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @yoona__lim

Empat anggota 'Girls' Generation', termasuk Yoona, Yuri, Sooyoung, dan Seohyun telah mencoba profesi baru dalam dunia akting. Namun, Yoona yang menjadi satu-satunya memegang posisi tetap sebagai aktris.

Sebelum menjadi anggota 'Girls' Generation', Yoona debut lebih dulu sebagai aktris yang memerankan karakter Shin Joo-young dalam drama akhir pekan MBC, Two Outs in the Ninth Inning. Ia pun muncul di drama harian KBS 1TV, You're My Destiny sebagai Jang Sae-byuk.

Meskipun rating jumlah penontonnya begitu banyak, tetapi kemampuan akting Yoona tidak meninggalkan kesan pada penontonnya.

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @yoona__lim

Yoona lanjut berakting dengan penuh semangat di berbagai proyek, seperti Cinderella Man, Love Rain, Prime Minister & I, dan lain-lain. Akan tetapi, ia masih menerima penilaian negatif karena kemampuan aktingnya yang buruk dan pilihan dramanya.

Namun, publik mulai mempunyai pandangan yang berbeda pada Yoona saat ia membintangi sebuah film di 2017, Confidential Assignment sebagai Park Min-young. Setelahnya, Yoona mengambil peran utama, Jung Eui-joo di drama aksi-komedi, Exit. Drama ini rilis pada 2019 dan menerima banyak pujian karena performa aktingnya yang berkembang.

Tak hanya itu, Yoona masuk ke dalam nominasi aktris terbaik di 40th Blue Dragon Film Awards.

Menjadi aktris yang dapat dipercaya, Yoona membuktikan diri sepenuhnya dengan perannya di drama terbaru MBC yang baru tamat, Big Mouth'dan Confidential Assignment 2: International, yang menjadi box office terpopuler saat ini.

2. Ok Taecyeon '2PM'

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @taecyeonokay

Meskipun Junho menarik perhatian lebih sebagai aktor di antara anggota '2PM' lainnya, tetapi Ok Taecyeon yang sebenarnya pertama kali memulai kariernya di industri drama.

Setelah mengambil langkah awal sebagai aktor yang muncul pada drama 2010, Cinderella Sister, Taecyeon tunjukkan penampilan mengesankan sebagai Jin-gook di drama KBS 2TV, Dream High.

Walaupun pada awalnya menimbulkan kontroversi terhadap kemampuan aktingnya, ia tetap meningkatkan diri dengan mendapatkan lebih banyak pengalaman di dunia drama. Berbagai proyek drama terkenal yang ia bintangi, seperti Who Are You?, Bring it On, Ghost, Save Me, Vincenzo, dan lain-lain.

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @tvn_drama

Setelah sukses menantang dirinya dalam drama bergenre sejarah sebagai Im Joon-young di film Hansan: Rising Dragon, Taecyeon belakangan ini menyapa penonton melalui drama baru tvN, Blind, yang episode pertamanya telah mengudara pada 16 September.

3. Uee 'After School'

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @kim_uieing49

Uee melakukan debut-nya sebagai aktris di 2009 dengan membintangi Queen Seondeok sebagai Go Hyun-jung muda. Setelahnya, ia muncul dalam You're Beautiful, tetapi ada yang mengkritik perihal kemampuan aktingnya.

Meskipun begitu, Uee unjuk diri perkembangannya sebagai Baek Ji-eun dalam drama Ojakgyo Family pada 2011. Di tahun yang sama, ia memenangkan Best New Actress di KBS Drama Awards dan juga Best New Actress in TV di 48th Baeksang Arts Awards.

Kemudian, Uee menunjukkan kemampuannya di drama weekend, seperti Golden Rainbow, Marriage Contract, dan My Only One. Ia terkenal dengan aktingnya yang mendapatkan rating tinggi di setiap proyeknya.

Pada 2016, ia memenangkan Best Actress in a Special Project Category untuk drama Marriage Contract di MBC Drama Awards dan Best Actress di 29th Grime Awards. Dua tahun setelahnya, ia juga membawa pulang penghargaan Best Actress in a feature-length drama di KBS Drama Awards.

Hingga di awal bulan 2022, Uee bersama Rain, Kim Bum, dan Son Naeun beradu akting dalam serial televisi tvN berjudul Ghost Doctor dengan total 16 episode.

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaLaman www.soompi.com

4. Suzy 'Miss A'

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @skuukzky

Suzy memulai debut-nya sebagai anggota 'Miss A' di 2010, ia juga muncul pertama kalinya menjadi aktris ketika berperan sebagai Go Hyemi di drama KBS 2TV, Dream High pada 2011.

Awal mula kariernya di dunia drama, Suzy tak bisa terhindar dari kritikan mengenai kekurangan pada kemampuan aktingnya. Walaupun begitu, ia pun mendapatkan ulasan baik pada akhirnya, hingga sukses menyelesaikan drama debut-nya.

Pada 2012, Suzy memainkan karakter Seo-yeon di masa kuliah dalam film debut-nya, Architecture 101, yang tercatat 4,11 juta penonton dan menjadi rekor box office tertinggi untuk melodrama Korea saat itu. Peran ini membuatnya meraih titel Nation's First Love dan juga memenangkan Rookie of the Year dari 48th Baeksang Arts Awards.

Tidak seperti di drama Gu Family Book, Uncontrollably Fond, While You Were Sleeping, dan Start-Up, yang memberikan reaksi positif pada Suzy, ia juga menerima beragam ulasan untuk aktingnya di film The Sound of Flower dan Ashfall.

Suzy baru-baru ini kembali ke serial original Coupang Play Anna dan membuat penonton kagum dengan akting dewasanya dengan peran ganda.

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaLaman www.soompi.com

Suzy juga belakangan ini menyiapkan perilisan film terbarunya Wonderland dan serial original Netflix mendatang, The Girl Downstairs.

5. Jung Eunji 'Apink'

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @artist_eunji

Setahun setelah debut-nya di Apink, Jung Eunji melakukan akting pertama kalinya di drama tvN 2012 berjudul Reply 1997. Ia memerankan karakter utama Seong Si-won, yang begitu menggambarkan dirinya, dan menerima banyak ulasan baik.

Dari situ, Eunji memenangkan Best New Actress in TV di 49th Baeksang Arts Awards pada 2013.

Semenjak itu, Eunji, yang memenangkan SBS Drama Awards' New Star Award untuk perannya sebagai Moon Hee-sun di That Winter, The Wind Blowstelah memantapkan dirinya sebagai idol yang berkecimpung di dunia akting dengan pesonanya di beragam drama, seperti Lovers of Music, Cheer Up!, dan Untouchable.

Di tahun sebelumnya, ia memainkan karakter Kang Ji-gu di serial original TVING, Work Later, Drink Now, dan lagi-lagi menarik perhatian penonton dengan aktingnya yang realistis. Melihat musim pertamanya populer, untuk musim keduanya telah terkonfirmasi dan sedang dalam proses produksi.

5 Idol Grup K-Pop Generasi Kedua yang Sukses dengan Karier AktingnyaInstagram @tvn_drama

Jung Eunji pun juga hadir dalam drama tvN Blind bersama aktor lainnya, Ok Taecyeon dan Ha Seok-jin.

Itulah 5 idol grup K-Pop yang sukses dengan karier aktingnya. Meskipun pada awalnya belum menerima penilaian yang baik, tetapi mereka tetap mencoba dengan penuh semangat dan membuktikan dirinya mampu mengambil berbagai peran.

Apakah idolamu termasuk dari 5 idol K-pop di atas, Bela?

Baca Juga: 5 Fakta 'A Chiling Cohabitation', Debut Akting dari Sowon eks GFriend

Baca Juga: Berbakat Akting, 15 Idol KPop Ini Jadi Langganan Main di Drama Korea

Baca Juga: Young and Rich! 14 Potret Ruang Tamu Mewah Milik Idol K-Pop Ternama