Berkomunikasi dengan orang lain tentu membutuhkan timbal balik, kamu atau dia nggak mungkin kan bicara sendiri? Nah, tapi kamu perlu tahu situasi di mana ada baiknya kamu memilih untuk diam. Kamu harus memikirkan, apakah tanggapan kamu membuat situasi menjadi lebih baik.

Kamu harus pandai membaca situasi nih. Supaya tidak terjadi masalah baru karena ucapan kamu. So, kamu harus menutup mulut saat menemukan situasi seperti ini. Apa saja sih? Yuk simak.

1. Menyinggung perasaan orang lain

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti iniunsplash.com

Saat tanggapan kamu malah menyinggung perasaan orang lain, lebih baik kamu diam saja. Mungkin, kamu ingin sekali memberi tanggapan kepadanya. Bisa saja, kamu gunakan kata-kata yang positif sehingga nggak menyinggung perasaannya.

2. Menimbulkan perselisihan

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti inimedium.com

Coba sadari, apakah jika kamu memberi tanggapan justru menimbulkan perselisihan? Jika iya, kamu harus meredam egomu. Apalagi, saat kamu nggak bisa mempertahankan pendapat kamu, justru nanti kamu yang akan tersakiti.

3. Menimbulkan kemarahan orang lain

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti inibiblestudytools.com

Tanggapan atau respons dalam pembicaraan mungkin bisa memperburuk masalah. Saat kamu menemukan situasi seperti ini, lebih baik kamu memilih untuk diam. Dalam situasi ini, bisa jadi justru kamu dinilai sebagai gangguan, dan seolah-olah kamu nggak mendengarkan pembicaraan. Jadi, daripada menimbulkan masalah baru mending diam aja ya!

4. Menimbulkan emosi pada diri sendiri

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti inidrsoph.com

Kamu harus ingat ya, menyerang omongan orang lain yang bikin kamu kesal hanya akan memperburuk keadaan.  Emosi yang timbul nanti juga bisa memperkeruh masalah pada diri kamu sendiri, seperti merasa cemas bahkan depresi. Lebih baik kamu menjaga ucapan kamu, dan lakukan apa pun untuk menenangkan diri.

5. Merendahkan diri kamu

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti inithereclaimed.blogspot.com

Nggak ada alasan yang bagus untuk kamu menanggapi siapa pun yang mau mengejek  atau merendahkan martabat kamu! Biarkan saja penilaian orang lain tentang hidupmu, kamu nggak perlu buang-buang tenaga untuk menanggapi ucapan buruk mereka.

6. Mengajakmu masuk ke dalam masalah

Tutup Mulutmu Saat Bertemu 6 Situasi Seperti inistillstandingmag.com

Kamu nggak perlu tuh respon ucapan orang yang hanya memancing kamu ke dalam masalah. Nah, biasanya situasi seperti ini biasa dikenal dengan ‘adu domba’. Pasti kamu tahu kan, Bela? Kamu harus jauhi situasi ini deh, biarkan saja mereka memancing amarahmu. Toh, nanti mereka akan capek sendiri kan?

Ucapan negatif orang lain, cukup kamu dengar saja. Nggak perlu ditanggapi, apalagi dimasukin ke dalam hati. Menjadi diam, bukan berarti membuat kamu pasrah dengan keadaan. Justru akan membuat kamu lebih dewasa mengatasi masalah. Lagipula, bicara banyak jika nggak ada gunanya untuk apa kan, Bela?

Baca Juga: Begini Cara Menghadapi Situasi Buruk di Kantor!