Setelah banyak beredar film tentang teror hiu yang tetap memikat hati para pencinta genre action, kini film 47 Meters Down: Uncaged  berhasil membuat penonton kagum sampai berakhir dengan tepuk tangan yang meriah. 

Film 47 Meters Down: Uncaged merupakan sekuel dari film pertamanya yaitu 47 Meters Down pada 2017 lalu yang sempat menjadi film dengan penjualan tertinggi mencapai Rp44,3 juta dolar AS dengan dana pembuatan Rp5,5 juta dolar AS. 

Berbeda dari film sebelumnya yang bercerita tentang sepasang saudara perempuan tenggelam di kedalaman 47 meter di bawah permukaan laut dengan kondisi oksigen yang menipis. Namun film kedua ini mengisahkan empat perempuan berlibur ke Meksiko dan mencoba memasuki gua bawah air yang ternyata penuh dengan habitat hiu paling mematikan di lautan. 

Belum lama ini, Popbela berkesempatan untuk menonton film 47 Meters Down: Uncaged. Sebelum menonton simak review berikut ini ya, Bela!

Sinopsis: Liburan yang Berubah Menjadi Sentakan Teror Hiu

Review Film 47 Meters Down Uncaged: Penuh Kejutan dan Aksi MenebarkanIMDB.com

Berawal dari empat perempuan remaja yaitu Sophie Nelisse (Mia), Corrine Foxx (Sasha), Brianne Tju (Alexa), dan Sistine Stallone (Nicole) berlibur ke Meksiko yang bertujuan ingin melihat keindahan bawah laut bersama teman kampus lainnya. 

Namun Alexa dan Nicole berubah pikiran untuk menikmati liburan berbeda dengan teman yang lain dan mengajak Mia dan Sasha agar mencoba petualangan baru yaitu menyelam ke bawah air melihat Kota Maya yang sudah lama terendam sehingga banyak peninggalan sejarah seperti patung dan mereka harus melewati gua sempit atau melalui labirin.

Penuh keraguan dan ketakutan yang tinggi untuk memasuki gua tersebut, tetapi keberanian membuat mereka berempat langsung memakai peralatan menyelam dan mulai memasuki gua dengan berenang lebih dalam. 

Setelah berhasil melewati beberapa tantangan untuk masuk ke dalam gua, mereka langsung melihat keunikan patung-patung di bawah air. 

Ditengah-tengah asiknya melihat patung yang unik, kegembiraan mereka berubah menjadi sentakan teror ketika mereka menemukan serpihan tulang manusia dan tiba-tiba hiu putih besar mematikan mulai menghampiri dan menyerang. Dengan pasokan udara yang berkurang, mereka harus menyelamatkan diri tanpa bantuan dan mencari jalan keluar. 

Alur Cerita Terlalu Cepat dan Monoton

Review Film 47 Meters Down Uncaged: Penuh Kejutan dan Aksi MenebarkanIMDB.com

Umumnya film tentang hiu mengerikan dibuat selalu di dalam air dan membuat para penonton teriak histeris sebab aksinya yang menegangkan, secara alur cerita film 47 Meters Down: Uncaged  yang disutradai oleh Johannes Roberts dan rekan penulisnya yaitu Ernest Riera memang alurnya sangat cepat, tidak terlalu banyak basa-basi bahkan adegannya langsung ke tempat mereka berempat menyelam. 

Meskipun alur cerita dibuat sangat cepat, namun menurut Popbela, film ini terlihat monoton sebab sebagian adegan penuh di dalam air dan selalu dikejutkan dengan munculnya hiu yang membuat emosi para penonton naik seperti sulitnya empat perempuan ini keluar dari air dan membuat ekpetasi bahwa ending-nya tidak akan selamat, anehnya setelah itu tidak ada adegan di luar air,  jadi terlihat seperti monoton.

Penuh Adegan Menegangkan yang Bikin Geregetan

Review Film 47 Meters Down Uncaged: Penuh Kejutan dan Aksi MenebarkanIMDB.com

Melihat latar cerita yang ditampilkan oleh film 47 Meters Down: Uncaged memang sudah bukan lagi kisah baru, ada sederet film action hiu yang kerap mengandalkan kisah serupa. Namun hebatnya, film ini berhasil membuat satu studio teriak histeris saat hiunya datang dan ingin memakan empat perempuan yang menyelam. 

Walaupun seluruh adegan memiliki ketegangan sendiri dan hampir ingin menutup mata karena kejamnya hiu saat memakan mangsanya, kamu tetap bisa duduk manis dan menikmatinya tanpa perlu memutar otak untuk bisa mengikuti alur ceritanya. 

Adegan menegangkan yang ditonjolkan pada film ini memang unik, karena setiap scene, hiu selalu muncul sehingga membuat para jantung penonton tidak ada istirahatnya.  

Tampilan Visual yang Keren, Membuat Penonton Seperti Melihat Hiu Secara Nyata

Review Film 47 Meters Down Uncaged: Penuh Kejutan dan Aksi MenebarkanIMDB.com

Johannes Roberts, sutradara 47 Meters Down Uncaged sepertinya memang tidak main-main dalam mempersiapkan film keduanya ini tentang action hiu. Semua detail teknis sangat diperhatikan secara matang, bahkan penonton sangat terkesima dan tidak terganggu bahwa latar tempat dan pemain full di dalam air. 

Dari segi sinematografi, teknik pengambilan gambar cukup menarik dan penuh ketegangan yang pas. Mulai dari medium shoot, dept of field dari kaca manusia untuk memperlihatkan hiu, hingga close up bahkan kamu bisa melihat secara real saat hiu menggigit tubuh manusia dan mengeluarkan darah yang membuat sekujur tubuh kamu linu.

Tetapi ada beberapa adegan yang potongan editingnya membuat kamu sedikit pusing, tapi hal ini tidak mengganggu keseruan cerita dalam film kok.  

Tak hanya itu, lokasi syuting dari film 47 Meters Down Uncaged juga dipilih sempurna, karena pemandangan laut yang memukau membuat mata kamu segar saat melihat alam super indah dan mendukung film ini. 

Mengandung Makna: "Jangan meremehkan seseorang dari kelemahannya"

Review Film 47 Meters Down Uncaged: Penuh Kejutan dan Aksi MenebarkanIMDB.com

Genre action yang mengerikan, film 47 Meters Down Uncaged juga memiliki kesan unik yaitu tentang kasus bullying atau tindakan untuk mencoba menyakiti dengan cara kekerasan. 

Salah satu adegan yang sedikit spoiler adalah, Mia merupakan saudara angkat perempuan Sasha yang sering di-bully  oleh teman kampusnya dengan cara menyebur ke kolam renang dan selalu dicibir. Namun diakhir, Mia membuktikan bahwa ia bukan orang lemah tapi bisa jadi pahlawan yang membanggakan. 

Menurut kamu sendiri bagaimana nih Bela? Apakah film ini sudah sesuai dengan ekspetasi selera action kamu? Jika kamu tertarik, tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga: Review Film Bumi Manusia: Perjuangan Cinta Sejati di Zaman Kolonial