Anak sulung dari pernikahan Sunan Kalijaga dan Heidy Sunan, Salmafina Khairunissa kini kembali menjadi topik pembicaraan masyarakat. Sebab, Salmafina dikabarkan memutuskan memilih beda keyakinan yang dianut kedua orangtuanya. Setelah kabar ini beredar, Sunan Kalijaga langsung memberi pernyataan kalau isu tersebut hanyalah hoax. 

Namun setelah video televisi swasta beredar, Salmafina terlihat berbeda dan mengungkapkan isi hatinya. Kisah hidupnya tak hanya sekali saja membuat heboh dunia hiburan, berikut perubahan Salmafina Kahirunissa sejak awal ia dikenal sebagai selebgram hingga kini.

1. Bertemu di tempat clubbing, ternyata membuat Salma bersahabat dengan Awkarin

Perubahan Drastis Salmafina Instagram.com/@salmafinasunan/@awkarin

Sebelum memutuskan untuk berhijrah, Salmafina merupakan salah satu sahabat dari Awkarin. Kedekatannya dengan Karin dikenalkan oleh Sarah Gibson yang memang sudah kenal dengan Salma. Saat itu, mereka sedang di tempat clubbing dan kebetulan sedang sama-sama merasa sedih, akhirnya berawal dari situ, Salma sering hangout berdua dengan Awkarin. 

2. Menikah usia muda dengan Taqy Malik

Perubahan Drastis Salmafina Instagram.com/@salmafinasunan/@taqy_malik

Awal kenal di media sosial dan keduanya langsung memutuskan menikah 16 September 2017 walau hanya dua minggu melakukan pendekatan. Saat itu, usia Salmafina menginjak 18 tahun, tetapi kebersamaan mereka sebagai pasangan suami istri akhirnya kandas, Taqy menggungat cerai  pada 20 November 2017, dilansir dari akun Instagram @tante_reempoong ia membalas komen warganet bahwa alasannya adalah karena masalah "celana", ketika sedang berlibur di Swiss, ia menggunakan celana, bukan rok. Sebab menurut Taqy, hal itu tidak sejalan dengan aturan agama. Setelah itu, baru muncul pertengkaran antara mereka berdua. 

3. Memilih untuk berhijab

Perubahan Drastis Salmafina Instagram.com/@salmafinasunan

Alasan Alma memilih jalan untuk berhijrah adalah saat ia sedang dugem. "Aku ngerasa malam itu tuh sebenarnya emang lagi nggak pengen pergi tapi karena ajakan temen-temen, akhirnya aku pergi juga. Pas masuk ketempat clubbing juga sempat ribet, dan ngerasa kayaknya ini bukan jalan gue lagi nih," ucap Salma diakun YouTube Awkarin.

"Gue juga kan pas itu lagi di toilet, ada cowok-cowok usil gitu mereka kayak nyamperin gue, terus nggak nyaman dan disitu ngerasa Tuhan udah deh dosa gue udah banyak banget. Mungkin gue terlalu terbuka auratnya," tutup Salma. 

3. Memutuskan untuk lepas hijab

Perubahan Drastis Salmafina Instagram.com/@salmafinasunan

Saat memutuskan untuk menggunakan hijab, membuat Awkarin sempat terkejut dan mengatakan, "Pas lagi hangout, dia tiba-tiba datang dan berjilbab terus gue sampai bilang ma, lo serius?" ucap Karin dalam salah satu video bersama Salma diakun YouTube-nya. 

Tidak lama kemudian, pada tanggal 19 Februari 2019, Salma mengunggah foto saat olahraga tanpa memakai hijab dan menuai banyak cuatan para netizen. Sehingga ia bercerita pada ayahnya saat memutuskan untuk melepas jilbab dengan menulis caption difoto bersama ayahnya, "Pakai kacamata karena habis nangis, habis buka-bukaan mengenai keputusan aku yang lepas hijab" tulis Salma.

4. Memiliki banyak bisnis

Perubahan Drastis Salmafina Instagram.com/@salmafinasunan

Salmafina juga memiliki beberapa bisnis yang dijalani, mulai dari fashion seperti tunik hingga jilbab. Akhir-akhir ini juga, ia mengunggah foto dan mengabarkan tengah merintis usahanya yang baru. Wah kita tunggu ya!

6. Isu pindah keyakinan

Perubahan Drastis Salmafina Youtube.com

Baru-baru ini Salmavina diisukan pindah agama karena tersebarnya video yang memperlihatkan dirinya menangis sambil menggenggam kedua tangannya sambil berdoa. Dalam sebuah wawancara bersama stasiun televisi swasta, aksesori kalung salib yang ia pakai menandakan kalau Salmavina memang benar telah berpindah keyakinan. "Seperti aku bilang, memang koneksinya ada dan itu tidak bisa dibohongi dan sudah lama banget," ucap Salma menjawab pertanyaan dari Feni Rose.

Walau ayahnya sudah memberi pernyataan isu ini tidak benar, Salmafina merasa tenang bahwa kini ia sudah berani terbuka, "Kenapa aku tenang, somehow  bom ini akan meledak, yang aku sedih kenapa pas banget di hari anniversary (hari jadi kedua orangtuanya-red)," tutup Salma."

Baca Juga: Salmafina Sunan: “Bagaimanapun Ini Salah & Nggak Pantas”