Duo film maker dari Ada Apa Dengan Cinta 2 (2016), sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana kini kembali membuat film yang menarik perhatian publik yaitu Film Bebas, produksi dari Miles Film dan CJ Entertainment dan bekerjasama dengan Ideosource Entertainment dan BASE Entertainment. 

Film Bebas akan rilis pada tanggal 3 Oktober 2019 dan uniknya film ini sebuah adaptasi dari box office Korea berjudul Sunny (2011), alasannya adalah film Sunny dapat membawa feeling nostalgia.

"Sunny adalah film yang ceritanya bagus banget sehingga layak untuk dijadikan film Indonesia, selain itu film ini sangat lokal dan bisa membawa feeling nostalgia seperti tahun 95 dan 96," ucap Mira Lesmana saat press conference film Bebas di Indofood Tower, Sudirman Plaza, Kamis (5/9).

Nostalgia Tahun 90an Lewat Film Bebas Doc.istimewa

Tantangan bagi Mira Lesmana terhadap film Bebas yaitu kesulitan untuk menginterpretasikan perbedaan masa dulu dan sekarang ketika SMA, "Sulitnya, ketika menggambarkan sebuah perubahan waktu dan menariknya tahun 90an ini adalah ketika pop culture anak muda kreatif tumbuh berkembang," lanjut Mira Lesmana. 

Kesulitan itulah yang membuat film ini akan bagus untuk mengajak para penonton berkumpul dan reuni di bioskop bersama kerabat, teman ataupun keluarga. Selain itu, film ini nggak hanya memberikan kesan sedih namun ada juga koreografi tari dan fighting-nya. 

Pemain yang akan mewarnai film ini adalah Maizura, Marsha Timothy, Sheryl Sheinafia, Baim Wong, Agatha Pricilla, Lutesha, Zulfa Maharani, Baskara Mahendra, Susan Bachtiar, Indy Barends, dan Widi Mulia. Dengan bintang pendukung Amanda Rawles, Kevin Ardilova, Giorgino Abraham, Syifa Hadju, dan Brandon Salim serta penampilan khusus dari bintang-bintang ternama lainnya. 

Nostalgia Tahun 90an Lewat Film Bebas Doc.istimewa

Pemilihan pemain film Bebas memang membutuhkan waktu yang panjang dan proses yang berulang-ulang, "Tentunya, kita milih pemain nggak sembarangan karena ada skenarionya kemudian kita melakukan briefing dan proses casting nya juga sudah lama. Saya senang sekali hasil filmnya," ucap Riri Riza. 

Tidak hanya sang sutradara dan produser yang senang dengan hasil filmnya, namun salah satu pemain Marsha Timothy juga merasakan yang sama, "Ketika saya nonton film Bebas, yang saya rasakan adalah saya lupa bahwa ternyata film ini remake dan saya benar-benar happy," ucap Marsha. 

Baca Juga: Film "Bebas", Adaptasi Film Korea Selatan yang Sarat Lokal Konten