Gempa bumi melanda Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang pukul 13.21 WIB. Gempa magnitudo sebesar 5,6 SR itu berasal dari daratan kedalaman 10 KM sehingga tidak berpotensi tsunami. Meski begitu, tercatat ada puluhan gempa susulan yang berkisar antara 1,8 hingga 4,8 SR.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur per Senin (21/11/2022) pukul 21.00 WIB, tercatat sebanyak 162 orang meninggal dunia, 362 orang luka, serta  2.345 rumah rusak berat. Hingga kini, ada lebih dari 13.400 orang yang mengungsi.

Bencana tersebut menyebabkan dampak yang cukup parah. Hal tersebut mengundang perhatian banyak orang sehingga mereka membuka donasi secara online untuk korban bencana. Namun, tak semua situs donasi online tersebut resmi dan legal. Untuk itu, kamu perlu hati-hati dalam memilih situs donasi online.

Berikut ini Popbela sudah merangkum situs donasi online yang resmi dan legal untuk para korban gempa Cianjur. Jadi, kamu tidak perlu ragu lagi untuk berdonasi disana. Check this out!

1. Bantoo.id

Galang Dana Untuk Cianjur, Ini Situs Donasi Resmi dan Legalbantoo.id

Bantoo.id adalah salah satu situs galang dana online yang sudah terverifikasi serta diawasi oleh Kementerian Sosial dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Per Selasa (22/11/2022) pukul 12.00 WIB, sudah terkumpul lebih dari Rp10 juta dana bantuan untuk korban gempa Cianjur. Untuk kamu yang ingin berdonasi di situs ini bisa mengakses link berikut ini: https://www.bantoo.id/campaigns/gempa-cianjur.

2. Solusipeduli.org

Galang Dana Untuk Cianjur, Ini Situs Donasi Resmi dan Legalsolusipeduli.org

Solusipeduli.org juga menjadi salah satu situs yang banyak digunakan untuk menggalang dana. Untuk korban gempa Cianjur, solusipeduli.org membuka donasi sejak kemarin. Hingga Selasa (22/11/2022) siang, sudah terkumpul lebih dari Rp13 juta dana untuk korban gempa Cianjur. Jika kamu tertarik berdonasi di situs ini, kamu bisa mengakses link berikut: https://solusipeduli.org/campaign/peduligempacianjur.

3. Berbuatbaik.id

Galang Dana Untuk Cianjur, Ini Situs Donasi Resmi dan Legalberbuatbaik.id

Berbuatbaik.id cukup aktif menggalang dana untuk korban bencana alam. Kali ini, tentu ia juga membuka donasi untuk para korban gempa Cianjur. Untuk berdonasi di situs ini, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Seluruh donasi yang terkumpul akan diberikan 100% tanpa potongan. Untuk kamu yang ingin berdonasi di situs ini, kamu dapat mengaksesnya melalui link: https://www.berbuatbaik.id/donasi/detail/history/222?title=donasi-siaga-bencana-wujudkan-kepedulian-dengan-uluran-tangan-untuk-korban-bencana&back=home.

4. Kitabisa.com

Galang Dana Untuk Cianjur, Ini Situs Donasi Resmi dan Legalkitabisa.com

Kitabisa.com menjadi situs donasi online yang paling populer saat ini. Tak heran banyak orang yang membuka dan berdonasi melalui situs ini. Kali ini, kitabisa.com turut membuka donasi untuk para korban gempa Cianjur. Dengan target sebesar Rp2 miliar, per Selasa (22/11/2022) pukul 12.00 WIB, sudah terkumpul lebih dari Rp356 juta dari 2627 donatur. Untuk kamu yang ingin berdonasi melalui situs ini, bisa mengakses link berikut: https://kitabisa.com/campaign/jqruntukcianjur.

5. Pedulipalestina.id

Galang Dana Untuk Cianjur, Ini Situs Donasi Resmi dan Legalpedulipalestina.id

Tak ketinggalan, fans K-pop juga ramai membuka donasi untuk para korban gempa Cianjur melalui situs online. Salah satunya adalah ARMY fans dari BTS. ARMY membuka donasi untuk korban gempa Cianjur melaui situs pedulipalestina.id. Hingga Selasa (22/11/2022) siang, ARMY berhasil mengumpulkan lebih dari Rp101 juta dari 2724 donator. Angka ini akan terus bertambah karena donasi masih akan terus dibuka hingga 9 Desember 2022. Untuk kamu yang ingin berdonasi di situs ini, bisa mengakses link berikut: https://pedulipalestina.id/campaign/bantuan-darurat-cianjur-dari-army-untuk-semua.

Selain di situs ini, ARMY juga membuka donasi di situs kitabisa.com. Dengan target sebesar Rp100 juta, sudah terkumpul lebih dari Rp80 juta dari 2144 donatur. link: https://kitabisa.com/campaign/btsarmyforcianjur.

Selain ARMY, fans K-pop lain juga turut serta membuka donasi. Terpantau NCTzen, ELF dan EXO-L juga melakukan galang dana secara online. NCTzen menggalang dana melalui gform yang terbuka untuk siapa saja. Jadi kamu bisa mengaksesnya melaui link berikut: https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScZDaeyu18xdWjga_Fi_H8icKDIL83A-m9d0dmlMWpnGhS_NA/viewform.

Fans dari Super Junior, ELF juga membuka donasi melalui situs kitabisa.com. Hingga kini, sudah terkumpul lebih dari Rp6 juta untuk korban gempa Cianjur. Kamu bisa mengaksesnya melalui link: https://kitabisa.com/campaign/elfbantucianjur?utm_source=socialsharing_donor_web_7968bb0ffe814e738ca65983661771b4&utm_medium=share_campaign_copas&utm_campaign=share_detail_campaign.

Terakhir, EXO-L turut menggalang dana melalui situs kitabisa.com. Walau sudah mencapai target, yakni lebih dari Rp50 juta, galang dana ini masih akan dibuka hingga tanggal 29 November 2022. Untuk kamu yang ingin berdonasi, kamu bisa mengakses link: https://kitabisa.com/campaign/exolpedulicianjur?utm_source=socialsharing_donor_web_null&utm_medium=share_campaign_twitter&utm_campaign=share_detail_campaign.

Itu dia situs donasi online yang resmi dan legal yang sudah Popbela rangkum untuk kamu. Tak hanya badan amal, galang dana juga kerap dilakukan oleh para fans K-pop atas dasar rasa kemanusiaan. Semoga keadaan segera membaik dan bantuan yang diberikan dapat membantu para korban ya, Bela!

Baca Juga: ARMY Indonesia Galang Donasi untuk Korban Kerusuhan Kanjuruhan

Baca Juga: 11 Potret Kerusakan Gempa di Cianjur, Rumah Warga Banyak Terdampak

Baca Juga: 10 Rekomendasi Wisata Hits di Cianjur, Wajib Dikunjungi!