Meski memiliki kekayaan berlimpah, banyak orang-orang kaya yang membiasakan aturan keuangan dengan cermat dan disiplin. Hal ini tentu dilakukan untuk melipatgandakan uang mereka daripada membiarkannya di tabungan. 

Aturan keuangan ini sebenarnya terdengar mudah, namun kadang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, jika kamu konsisten melakukannya, aturan ini dapat membantu menumbuhkan dan mempertahankan kekayaan finansial kamu. Berikut 6 aturan keuangan yang dilakukan orang kaya dalam kehidupan finansial mereka.

1. Tidak membeli barang jika tidak bisa beli dua kali lipatnya

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak DitiruUnsplash.com

Melansir dari CNBC, seorang pria bernama Grant Cardone mengenali kebiasaan-kebiasaan buruk terkait finansial dan berusaha menghindarinya. Salah satunya adalah dengan tidak membeli barang mahal jika tidak mampu membeli dua kali lipatnya.

Jika uang kamu tidak cukup untuk membeli dua kali lipat barang tersebut artinya kamu belum mampu membeli barang yang kamu inginkan itu. Cara ini bisa membuat kamu lebih sadar dan mempertimbangkan antara kebutuhan dan keinginan sebelum melakukan pembelian.

2. Jangan beli jika bisa sewa

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak DitiruTravelio.com

Grant Cardone mengatakan bahwa tak semuanya harus kita beli. Ia memiliki prinsip hanya akan membeli sesuatu yang menguntungkan. Kini, Grant memilih untuk menyewa rumah dan mobil. Uang yang seharusnya dipakai untuk mencicil ia gunakan untuk berinvestasi. Dengan cara ini, kita juga akan terhindar dari utang.

3. Tidak menghabiskan uang untuk membuat orang lain terkesan

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak DitiruUnsplash.com

Banyak orang ingin menjadi orang kaya agar membuat orang lain terkesan. Hal ini bisa menjadi motivasi namun juga bisa menjadi jebakan. Ketika kamu memiliki banyak uang, kamu bisa menghabiskannya dengan cepat jika kamu hanya menggunakannya untuk membuat orang lain terkesan. 

4. Menggunakan uang pasif

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak DitiruJenius.com

Untuk membuat cepat kaya, penting bagi kamu untuk memiliki pemasukan pasif. Grant mengatakan perlu memiliki beberapa sumber pendapatan agar lebih cepat kaya. Pemasukan pasif tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jumlahnya yang lebih sedikit dari pemasukan utama menjadi pembatas agar tidak berfoya-foya. Sedangkan pemasukan utamanya ia gunakan untuk menabung dan investasi.

5. Memiliki dana darurat

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak Ditiruzapfinance.co.id

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, uang tabungan yang berasal dari pemasukan utama berperan sebagai dana darurat. Jadi saat kamu harus menghadapi pengeluaran yang tak terduga dana ini bisa membantumu. Pakar keuangan menyarankan besaran dana darurat itu sebesar biaya hidup selama 3-6 bulan, walau sebenarnya berapapun jumlah dana darurat itu bisa membantu.

6. Berinvestasi

6 Aturan Keuangan a la Orang Kaya yang Layak DitiruDok. Internet

Ketika pendapatan kamu cukup untuk kebutuhan sehari-hari dan masih ada sisa, kamu bisa menginvestasikannya baik berupa saham, obligasi atau dana yang diperdagangkan di bursa. Sebagian besar orang kaya menginvestasikan kekayaannya untuk masa depan, tujuan jangka pendek maupun jangka panjang tanpa menimbulkan utang tambahan.

Itu dia 6 aturan keuangan a la orang kaya yang bisa kamu tiru. Dengan menerapkan 1 atau beberapa dari aturan di atas, kamu bisa meningkatkan skill mengelola finansial agar lebih cepat kaya. Dari ke-6 aturan di atas, mana yang menurutmu paling sulit dibiasakan, Bela?

Baca Juga: Susah Nabung? Kelola Keuangan Lebih Baik dengan 10 Tips Ini

Baca Juga: Tips Healing Tapi Nggak Bikin Kantong Kering dari Bank OCBC NISP

Baca Juga: 4 Tips Keuangan di Zaman Modern untuk Kamu yang Baru Memulai Karier