Akhir bulan Desember identik dengan musim liburan, saat di mana semua orang menghabiskan waktu mereka di tempat-tempat menyenangkan. Namun, nggak semua orang melakukan itu, sih. Ketika sebagian orang berlibur, banyak lainnya yang masih stuck di belakang meja kantor untuk bekerja. Kamu salah satunya, Bela?

Bekerja di saat musim liburan memang sangat mengganggu, dan juga terganggu. Namun, kamu nggak bisa membiarkan semua tugas menumpuk dan membiarkan rasa malas menguasai dirimu. Ini cara agar kamu tetap fokus saat harus bekerja di musim liburan.

1. Menghindari notifikasi handphone

Musim Liburan Harus Bekerja? Tetap Fokus dengan 5 Tips Iniunsplash.com/Jazmin Quaynor

Teman maupun keluarga pasti menghubungimu untuk mengajak liburan bersama, atau update di seluruh media sosial tentang bahagianya liburan yang mereka rasakan. Ini bisa sangat mengganggu konsentrasi untuk bekerja. Karena itu, dilansir dari Refinery29, set handphone menjadi airplane mode agar kamu nggak terganggu dengan pesan ajakan teman dan keluarga. Alternatif lain, tentukan lama waktu yang ingin kamu habiskan untuk chatting bersama merencanakan liburan, kemudian kembali fokus ke pekerjaanmu. Pokoknya, jangan terlalu sering menghabiskan waktu dengan handphone, ya!

2. Menentukan prioritas kerja

Musim Liburan Harus Bekerja? Tetap Fokus dengan 5 Tips IniUnsplash.com/Neven Krcmarek

Pekerjaan menumpuk dan sebagian besar tim mengambil cuti saat liburan? Tenang, Bela. Nggak usah merasa terbebani karena merasa tugas yang melimpah. Diskusikan bersama atasanmu mengenai tugas yang menjadi prioritas dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sesuai rencana yang sudah dibuat bersama tim sehingga tugas serta timeline pekerjaan nggak jadi berantakan.

3. Bekerja dari rumah

Musim Liburan Harus Bekerja? Tetap Fokus dengan 5 Tips Ini Unsplash.com/Kelly Sikkema

Jika bekerja di perusahaan dengan sistem waktu yang fleksibel, kamu bisa menawarkan diri untuk bekerja dari rumah. Dengan begitu, kamu bisa lebih santai dalam mengurusi pekerjaan dan mengurangi tekanan stres. Kalau sistem bekerjamu nggak fleksibel, request perpanjangan waktu istirahat siang untuk kenyamanan bekerja di musim liburan.

4. Menahan diri mengambil projek baru

Musim Liburan Harus Bekerja? Tetap Fokus dengan 5 Tips IniUnsplash.com/Rana Sawalha

Dilansir dari Monster, kebanyakan orang akan mengerahkan seluruh perjuangannya untuk menyelesaikan projek yang sudah direncanakan. Menambah projek baru mungkin menyenangkan, namun akan menambah beban kerja di musim libur. Tahan inisiatif dan semangatmu akan projek baru yang menantang, setidaknya sampai akhir tahun. Dengan begitu, kamu bisa sedikit bersantai, dan dapat menyegarkan pikiran untuk pekerjaan baru lainnya.

5. Jangan melewatkan sesi olahraga

Musim Liburan Harus Bekerja? Tetap Fokus dengan 5 Tips IniUnsplash.com/Keila Hötzel

Bekerja saat musim libur bisa mendatangkan stres sehingga memperlambat produktivitasmu. Meski begitu, jangan sampai melupakan sesi olahragamu, baik itu di tempat fitness maupun olahraga yang kamu lakukan sendiri. Mengelola rutinitas berolahraga dapat menjaga energimu tetap semangat dan menurunkan berat badan.

Kamu bekerja saat liburan, Bela? Tenang, kamu nggak sendirian, kok! Daripada sibuk meratapi pekerjaa akhir tahun, baiknya nikmati dan selesaikan agar kamu bisa dengan segera beristirahat. Tetap fokus, dan semangat!

BACA JUGA: Tips untuk Pekerja Lepas Agar Bisa Liburan