Siapa di antara kamu yang punya sifat pelupa? Terkadang, kamu bisa melupakan sesuatu karena sedang mengerjakan banyak hal sehingga pikiran menjadi kurang fokus. Kadang, hal yang perlu kamu ingat itu nggak terekam dengan baik dalam pikiranmu. Melansir dari Bustle, mengingat sesuatu membutuhkan dua proses: Pertama, kamu harus menuliskannya ke dalam sandi atau membuatnya terekam dengan baik dalam otak. Kedua, kamu mengingatnya lagi. Kebanyakan orang yang selalu bingung setiap harinya, masalah datang ketika berusaha di langkah pertama.

Untuk bisa mengingat sesuatu dengan baik, salah satu tips yang membantu adalah sadar dengan setiap tindakan yang dilakukan. Juga, ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu coba berikut ini.

1. Menjaga tempat tertentu untuk barang yang biasa digunakan

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Alizee Marchand

Jika kerap melupakan suatu benda, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menyimpan benda itu di tempat yang sama atau di tempat yang selalu kamu lihat setiap waktu. Meletakkan suatu benda di tempat yang sama setiap saat membantu otak mengingat dengan baik. Para ahli juga menyarankan untuk menyimpan benda seperti obat harian, dekat sesuatu yang selalu kamu gunakan, seperti sikat gigi. Jadi saat sedang menggosok gigi, kamu ingat untuk meminum obatmu. Cara ini juga dapat memberikan pengulangan pada otak agar mengingat tempat mana saja kamu menyimpan barang-barang penting.

2. Menyimpan sesuatu yang ingin kamu ingat bersama kunci

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Tranmautritam

Tentu ada benda-benda yang selalu kamu bawa dan penting untukmu, salah satunya adalah kunci. Baik itu kunci rumah, kunci kamar, maupun kunci kendaraan. Karena itu, ada tips yang menyarankanmu untuk menyimpan sesuatu bersama kunci pentingmu. Misalnya, kamu ingin membawa botol minummu, maka taruhlah kunci itu dekat benda itu. Logikanya, kamu akan mengingat untuk membawa tempat minum saat akan mengambil kunci. Alasan lain tips ini patut dicoba adalah ini menjadi contoh baik untuk menjadi perhatian dengan ingatan asli untuk membantu mengingatnya ke dalam otak.

3. Membuat tautan yang terhubung dengan nama

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Christina Morillo

Jujur saja, mengingat nama adalah pekerjaan yang paling menyulitkan, terutama jika kamu baru berkenalan dengan orang baru atau bertemu dengan teman lama. Sebenarnya, ada cara mudah untuk mengingat nama seseorang, Bela. Para ahli menyarankan untuk membuat tautan atau kaitan dengan nama seseorang. Misalnya, seseorang memiliki nama Craig, kamu dapat mengaitkannya dengan artis Daniel Craig. Menurut para ahli, kamu akan lebih mengingat cerita atau detail dari seseorang ketimbang namanya. Ini dinamakan fenomena "Baker-baker paradox".

4. Menyetel alarm

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Julien Bachelet

Jika perlu, setel alarm pengingat! Beberapa orang menyetel alarm menggunakan gawainya untuk membantu mereka mengingat banyak hal. Mulai dari janji dengan seseorang, meminum obat, menjemput seseorang, dan sebagainya. Jika ingin mengingat pekerjaan yang dilakukan secara mingguan, kamu bisa membuat kalender pengingat. Sebagian orang menggunakan teknik Podomoro, yaitu membagi pekerjaan berdasarkan waktu. Umumnya, lama waktu adalah 25 menit dan disela dengan istirahat selama beberapa menit. Teknik ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980-an.

5. Membuat daftar pekerjaan atau To Do List

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Breakingpic

Kamu nggak bisa selalu mengerjakan tugas setelah alarm berbunyi. Jadi, coba menuliskan pekerjaan yang harus kamu lakukan sesuai urutan waktunya, khususnya pekerjaan yang mendekati deadline-nya. Daftar pekerjaan atau To Do List ini sangat membantumu untuk tetap mengingat yang harus dilakukan. Namun, para ahli juga mengingatkan kalau menuliskan lebih dari 10 hal dalam satu daftar, kamu tetap berisiko melupakan sebagian di antaranya. Juga, kamu akan merasa sedih ketika nggak semuanya selesai di hari itu. Solusinya, coba prioritaskan 3-5 pekerjaan yang benar-benar harus kamu selesaikan segera mungkin. Jika perlu, buat daftar terpisah untuk hal-hal yang menjadi prioritas utama. Tips ini dapat membuat pekerjaanmu lebih efektif dan efisien.

6. Ulangi, ulangi, dan ulangi

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Bruce Mars

Ambil waktu untuk mengulangi detail yang nggak ingin kamu lupakan, seperti nama, alamat, atau pelafalan suatu kata. Saat menaruh perhatian penuh pada pikiranmu, serta mengulangi hal-hal penting ini, akan membantu memasukkan informasi yang perlu otak simpan, terutama dalam mengingat nama. Kamu bisa mengulang nama seseorang saat sedang mengobrol dengannya sehingga otak turut mengingatnya. Cara lain mengingat sesuatu dan mengulanginya selalu adalah dengan menyimpan benda di tempat yang sama setiap saat. Dengan begitu, otak akan mengingatnya seiring kamu mengulangi kegiatan ini.

7. Lakukan dengan tenang dan terkendali

Suka Lupa Sesuatu? Ini 7 Tips untuk Mengingat Lebih MudahPexels.com/Tirachard Kumtanom

Ada kalanya kamu melupakan sesuatu di kala sudah setengah perjalanan, seperti lupa membawa pulang laptop dan kamu baru mengingatnya saat sudah di transportasi umum. Jadi, memang alternatif terbaiknya adalah tenangkan diri, okuskan pikiran dan pandangan, lalu lihat sekeliling. Lakukan sekitar 10 menit sebelum beranjak pergi. Cara ini juga membantumu untuk menyelesaikan proses dengan banyak langkah sehingga kamu nggak melupakan detail kecil yang penting. 

Melupakan sesuatu memang sangat mengesalkan. Salah satu faktor dapat dipengaruhi dari gaya hidup, seperti kurang tidur atau sedang mengalami stres. Kamu bisa mencoba cara-cara di atas agar dapat mengatasi sifat pelupa. Namun jika sudah cukup mengganggu, nggak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter, Bela. Sebab, gangguan ingatan dapat menjadi gejala depresi, masalah tiroid, atau isu kesehatan lainnya.

Baca Juga: Agar Nggak Mudah Lupa, Ini 6 Cara Mudah untuk Meningkatkan Memori