Bagi mahasiswa yang sedang menjalani masa magang, itu menjadi masa yang terberat sekaligus menyenangkan. Menjadi anak magang membantumu mendapatkan wawasan lebih luas mengenai lapangan kerja, terutama pada bidang yang kamu tekuni selama kuliah. Tugas dari pendamping di kantor juga menjadi latihan nyata yang dapat membangun pemahamanmu dan berguna untuk masa depan kariermu.

Ada banyak harapan yang muncul saat menjalani masa magang. Namun bagaimana jika masa magangmu hanya berjalan biasa saja? Bagaimana jika kamu hanya mengerjakan tugas umum seperti menyusun dokumen dan membantu membuat kopi? Melansir dari Her Campus, ini yang bisa kamu lakukan.

1. Belajar dari orang lain

5 Cara Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak Saat Magang Terasa Membosankanunsplash.com/Jonas Svidras

Jika kamu mengimpikan suatu jabatan, salah satu sumber ilmu di tempat magang adalah para senior yang sudah berhasil menduduki jabatan sesuai yang kamu impikan. Entah itu seorang editor, senior graphic designer, entah accounting supervisor. Dari mereka, kamu nggak hanya memiliki kesempatan untuk belajar hard-skill, tetapi juga dapat bertanya dan belajar sambil melihat contohnya langsung. Kamu nggak bisa melakukan ini di tempat kuliah. Karena itu masa magang jadi peluang terbaik untukmu!

2. Bertanya jika ada tugas yang bisa dikerjakan

5 Cara Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak Saat Magang Terasa Membosankanunsplash.com/Jeremy Dorrough

Tergantung pada lingkungan kerja tempat kamu magang, atasanmu boleh jadi pribadi yang terbuka sehingga kamu dapat mengerjakan tugas yang lebih menantang. Jadi ketika kamu merasa kurang belajar saat magang, tanyakan pada atasan langsung jika ada tugas yang bisa dikerjakan. Atur pertemuan dengannya untuk membahas hal ini. Cara ini lebih baik dibandingkan terlihat malas atau bosan di kantor.

3. Mencoba terlibat pada bidang yang kamu minati

5 Cara Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak Saat Magang Terasa Membosankanunsplash.com/Anna Demianenko

Misalnya kamu magang di sebuah majalah sebagai asisten fashion editor, kamu memiliki kesempatan untuk melihat atau terlibat dalam bidang lain yang bersinggungan dengan minatmu. Jika kamu bermimpi memiliki majalah sendiri, kamu bisa mendatangi bagian bisnis untuk belajar dari mereka. Permintaan seperti ini memang dapat membuatmu jadi lebih sibuk. Namun demi sebuah pengalaman dan peluang, mengapa nggak? Tapi pastikan kamu telah izin terlebih dahulu dengan pendamping atau supervisor-mu sebelum terlibat dalam proyek lain, ya!

4. Membangun koneksi

5 Cara Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak Saat Magang Terasa Membosankanunsplash.com/Mike Wilson

Peluang kerja sebagian besar datang dari orang yang kamu kenal, bukan dari apa yang kamu ketahui. Jadi ketika merasa bosan dengan masa magang di kantor, coba membangun koneksi dengan orang-orang di sekitarmu. Buat kesan yang baik di hadapan semua orang. Kalau ingin membangun koneksi yang lebih dalam, ajak supervisor atau rekan kerja untuk menikmati secangkir kopi bersama. Ini jadi momen terbaik untuk mengenal lebih banyak tentang pekerjaan mereka, dan membuatmu jadi lebih mengenal mereka. Boleh jadi, mereka yang akan merekomendasikanmu kepada teman-temannya di perusahaan lain.

5. Menikmati tugasmu saat ini

5 Cara Mendapatkan Ilmu Lebih Banyak Saat Magang Terasa Membosankanunsplash.com/Agnieszka Boeske

Kadang untuk mencapai karier impian, kamu harus mengerjakan tugas-tugas kecil seperti menyusun dokumen atau membuat kopi. Ketika tempat magangmu juga sangat kaku sehingga kamu sulit untuk meminta tugas lebih, maka cukuplah menikmati pekerjaan yang diberikan. Nggak masalah, kok, Bela. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menikmati tugasmu, dan mengamati suasana serta orang-orang di kantor.

Masa magang bukanlah masa yang mudah. Kadang kamu merasa tertantang, kadang kamu merasa bosan. Tapi, ini akan menjadi pengalaman yang baik untuk ditaruh di CV--serta menuntaskan kuliahmu!

BACA JUGA: 7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Saat Magang Pertama Kalinya​