Menjadi kaya dan sukses, siapa yang nggak menginginkannya? Semua orang tentu mau. Ada banyak cara untuk menggapai kesuksesan, pun ada banyak tantangan untuk sampai ke sana. Pertanyaannya, segigih apa usahamu melawan setiap rintangan demi mencapai impian tersebut?

Salah satu cara mudah untuk tetap semangat dan terus berusaha meraih kesuksesan adalah meneladani sikap dan kebiasaan orang-orang sukses yang terkenal. Mereka telah melewati suka-duka, asam-garam kehidupan, sebelum akhirnya mencapai posisi yang diinginkan semua orang: Sukses. Karena itu, mereka pasti tahu hal yang terbukti berhasil dan kurang efektif untuk mencapai kesuksesan dan kekayaan. Melansir dari Inc., ada tujuh kebiasaan buruk yang nggak pernah sekalipun dilakukan oleh orang sukses dan kaya. Apa saja?

1. Menonton TV lebih dari 60 menit setiap harinya

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/Lisa Fotios

Mungkin kamu memiliki program televisi yang disukai dan nggak ingin dilewatkan. Namun sayang, faktanya, orang-orang sukses nggak menghabiskan banyak waktu di depan layar kaca rumahnya. Mereka nggak pernah menghabiskan waktu menonton televisi lebih dari 60 menit setiap harinya. Sebab, hal tersebut akan mengurangi produktivitas dirimu, sekalipun yang kamu tonton adalah wawancara orang sukses. Kalaupun kamu melakukannya sebagai bentuk rileksasi setelah bekerja seharian penuh, cukup menonton tv selama 60 menit, nggak lebih.

2. Mengonsumsi alkohol setiap harinya

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/Isabella Mendes

Berpesta sepanjang malam tentu menyenangkan, dan orang-orang kaya maupun sukses menyukai hal itu. Mereka mendengarkan musik, bersantai, berdansa, dan minum untuk melepaskan kepenatannya. Namun perbedaannya dengan orang biasa, orang sukses nggak pernah mengonsumsi alkohol setiap harinya. Mereka nggak menjadikan alkohol sebagai minuman yang harus dikonsumsi setiap hari atau setiap minggu. Cukup hanya di kesempatan tertentu, bahkan sebagian lainnya nggak mengonsumsi alkohol.

3. Menghabiskan uang untuk konsumsi pribadi

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/Kaboompics.com

Untuk apa saja penghasilan bulanan kamu habiskan? Hal yang paling utama, tentunya untuk membeli barang-barang kebutuhan primer. Namun selain itu, untuk apa lagi? Jika mengikuti kebiasaan orang sukses, mereka nggak menghabiskan uangnya untuk konsumsi pribadi, lho. Sebaliknya, mereka menghabiskan penghasilannya untuk bisnisnya, serta kebutuhan yang dapat mengembangkan dirinya juga passion-nya.

Orang-orang yang kurang sukses merasakan keinginan untuk membeli barang-barang yang belum tentu dibutuhkannya. Sedangkan orang sukses mengeluarkan uangnya dengan penuh perhitungan dan memfokuskan pendapatannya pada hal-hal yang dapat mendukung kreatifitasnya.

4. Makan berlebihan dan mengonsumsi makanan olahan

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/rawpixel.com

Caramu mengisi tenaga tubuhmu menentukan performamu dalam bisnis dan kehidupan. Jika membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat, kamu akan terlihat lebih baik, lebih bertenaga, dan lebih muda. Namun sebaliknya jika terbiasa mengonsumsi makanan olahan, hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya, otak kurang dapat bekerja secara optimal, yang dapat memengaruhi hasil kerjamu.

Kebiasaan mengonsumsi makanan kurang sehat juga dapat menyebabkan masalah dengan kepercayaan diri, depresi, dan tentunya masalah kesehatan dalam jangka panjang. Orang sukses selalu berusaha menjaga kesehatan tubuhnya dan memerhatikan yang mereka konsumsi. Jadi, sebaiknya mulai melakukan hal yang sama, Bela.

5. Menyalahkan orang lain atas kegagalan sendiri

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/Artem Bali

Di mana pun, kamu nggak akan pernah menemukan orang sukses yang selalu menyalahkan orang lain atas kegagalannya sendiri. Pun, kamu jarang menemukan orang nggak sukses, mau mengambil tanggung jawab atas yang terjadi dalam kehidupannya. Mau jadi sukses? Berani mengambil tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan sendiri, berusaha untuk memperbaikinya, dan kamu akan memiliki kekuatan untuk mencapai apapun yang diinginkan.

6. Membicarakan keburukan orang lain

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/Designecologist

Bergosip adalah sesuatu yang sulit dihindari untuk sebagian orang. Namun kenyataannya, orang-orang sukses nggak pernah melakukan hal tersebut, karena itu sama sekali membuang waktunya. Tentu mereka mengetahui tentang kesalahan yang dilakukan seseorang, namun nggak sampai membicarakannya dengan orang lainnya. Ketimbang memikirkan dan membicarakan keburukan orang, orang sukses cenderung berfokus pada dirinya sendiri dan kehidupan yang ia jalani.

7. Mengkhawatirkan pendapat orang lain

Patut Dicontoh, 7 Kebiasaan yang Nggak Pernah Dilakukan Orang Suksespexels.com/rawpixel.com

Orang-orang sukses di dunia nggak pernah peduli dengan pendapat orang lain. Pastinya, mereka mengambil saran dari mentornya. Namun, orang sukses nggak membiarkan orang-orang di sekitarnya menentukan hal yang harus ia jalani. Orang-orang sukses nggak membiarkan orang lain menentukan kebahagiaan dalam kehidupan pribadinya. Mereka menentukan pilihan sendiri, dan merasakan pengalaman terbaik yang akan menjadi bagian cerita dalam hidupnya.

Ingin menjadi sukses, Bela? Hindari kebiasaan buruk ini, ya. Karena orang-orang sukses dan kaya, nggak pernah melakukannya. Jika mereka menghindarinya, itu sudah menjadi alasan yang cukup bagimu untuk melakukan hal yang sama. Bukan begitu?

Baca Juga: Nggak Selalu tentang Uang, Ini Definisi Sukses Menurut Zodiakmu