Kelulusan dari dunia perkuliahan adalah hal yang paling dinantikan oleh para mahasiswa di berbagai universitas. Kesempatan mencari kerja sesuai minat dan cita-cita ada di depan mata! Namun, semua menjadi buram ketika pandemi corona menyerang Indonesia. Semua orang harus melakukan self-quarantine dan social-distancing, para pekerja dan pelajar harus beraktivitas di rumah saja, nggak bisa keluar rumah. Beberapa perusahaan pun menutup lowongan kerja karena wabah ini. Kebahagiaan menemukan karier impian nampaknya harus tertunda selama sementara.

Apa ini artinya kamu harus menganggur sampai Indonesia kembali pulih? Apa ini artinya kamu nggak bisa mencari kerja selama berada di rumah saja? Melansir dari Her Campus, sebenarnya kamu tetap bisa mencari dan melamar pekerjaan selama masa karantina ini. Berikut beberapa tipsnya.

1. Menggunakan fasilitas universitas dari rumah

Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi CoronaPexels.com/Cottonbro

Beberapa universitas memiliki laman situs yang memasang lowongan pekerjaan di dalamnya. Coba kunjungi situs tersebut untuk mencari tahu jika ada lowongan kerja yang sesuai dengan minatmu. Selain situs tersebut, kamu pun tetap dapat mencari peluang karier dengan mengunjungi situs seperti LinkedIn maupun situs lowongan kerja lainnya.

Menurut para ahli karier, kebanyakan lowongan kerja yang masih buka sekarang kemungkinan besar masih akan tetap ada sampai dunia kembali normal. Beberapa perusahaan faktanya masih mencari kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang kosong, sekalipun aktivitas perkantoran masih berjalan secara remote. Jadi, jangan berkecil hati. Cari peluang kerjamu melalui online.

2. Jangan berhenti memperluas koneksi

Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi CoronaPexels.com/Bongkarn Thanyakij

Hal terbaik yang generasi masa kini dapatkan adalah internet. Semuanya dapat terjadi dan berlangsung di dunia maya. Ketika terjadi pandemi corona yang menyuruh semua orang untuk di rumah saja, beberapa acara seperti pekan karier atau sejenisnya dapat berlangsung secara online. Kamu dapat menghadirinya.

Dengan menghadiri acara online seperti ini, kamu tetap dapat membangun dan memperluas koneksimu. Ini bisa memperbesar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Jika sebelumnya pernah menjalin hubungan profesional dengan sejumlah orang penting, coba bangun kembali hubungan itu sehingga networking tetap terjaga. Networking dapat membawamu ke wawancara kerja, yang kini dapat berlangsung secara online juga.

3. Berlatih virtual interview

Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi CoronaPexels.com/Andrea Piacquadio

Mempersiapkan diri untuk menjalani virtual interview dapat terasa lebih menantang ketimbang wawancara biasa. Ada banyak faktornya, seperti kurangnya koneksi personal dengan sang pewawancara karena hanya terhubung melalui video call. Jaringan yang kurang stabil dapat mengganggu jalannya wawancara dan boleh jadi dapat memengaruhi kesan mereka padamu.

Penting untuk menganggap virtual interview sama seperti wawancara biasa. Persiapkan pertanyaan dan lakukan riset untuk tahu lebih dalam mengenai perusahaan dan pekerjaan yang kamu lamar. Keuntungan dari virtual interview ini adalah, kamu dapat membuat catatan kecil di laptop. Jadi, kamu nggak akan lupa untuk mengatakan kemampuan penting atau pencapaian yang ingin kamu sampaikan pada pewawancara.

4. Aktif di grup kampus

Baru Lulus Kuliah? Ini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi CoronaPexels.com/Thorn Yang

Pada masa sulit seperti ini, penting untuk menjadi aktif di grup kampus. Pasalnya, grup kampus dapat memberikan informasi mengenai projek freelance atau volunteer, kelas online yang dapat mengasah kemampuan sesuai dengan pekerjaan incaran, dan sebagainya. Kegiatan seperti ini berguna karena dapat melatih kemampuanmu menjalani projek secara virtual. Jadi, coba lebih aktif di grup kampusmu.

Mencari pekerjaan di masa pandemi ini terasa sulit, antara mengambil kelas online, berada di rumah, dan nggak memiliki pekerjaan, nggak jarang membuat putus asa. Namun jangan terburu-buru berpikiran negatif, Bela. Kabar baiknya, walau mungkin terasa lama, namun semua pasti akan kembali seperti semula. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan sekarang adalah memastikan dirimu siap sepenuhnya ketika situasi normal itu datang. Kamu telah mengasah kemampuanmu, menyiapkan CV serta portofolio terbaik yang dibutuhkan, serta berlatih memberikan kesan baik selama wawancara. Karier impian pasti dapat kamu raih! 

Baca Juga: Tetap Produktif, Ini Dia 7 Pekerjaan yang Cocok Untuk Kaum Rebahan

Baca Juga: 5 Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate yang Belum Punya Pengalaman

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Membuat CV Untuk Melamar Kerja