Aktivitas sehari-hari seperti berkendara menuju kampus atau bekerja di kantor dapat membuat harimu begitu melelahkan. Apalagi ketika sedang berpuasa. Dengan kondisi yang nggak makan dan minum selama lebih dari 12 jam waktu Indonesia, kamu akan merasa lebih cepat lelah dalam menjalani semua aktivitasmu.

Namun, seharusnya ibadah puasa bukan menjadi alasan berkurangnya tingkat produktivitasmu. Baik itu di kantor, di kampus, maupun di rumah. Melansir dari Arabian Business, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga fokus dalam bekerja dan tetap beraktivitas dengan penuh semangat selama puasa di bulan Ramadan ini.

1. Mengambil napas yang dalam

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/theformfitness

Mengatur napas diyakini dapat menenangkan perasaan, sekaligus memberikan energi kembali pada tubuh. Jadi, ketika rasa lapar mulai terasa dan kamu mulai merasa lemas, coba tarik napas begitu dalam sehingga darah dapat terpompa lebih baik dan dapat meningkatkan energimu. Semakin dalam nafas tersebut, semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam sel darah, membantu sel darah tersebut agar dapat berfungsi lebih optimal.

2. Melakukan peregangan sederhana

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang Berpuasa

Menghabiskan waktu 8 jam hanya duduk di meja kerja tentu saja dapat membuatmu lebih cepat mengantuk, Bela. Coba lakukan peregangan tubuh. Sebab menurut para ahli, peregangan dapat mengaktifkan cadangan energi dalam tubuh dan memompa darah sehinggga dapat meningkatkan level energi tubuh secara instan. Jadi, ambil waktu sekitar 3-5 menit untuk meregangkan dan melemaskan otot-ototmu!

3. Berjalan dari meja kerja

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/rawpixel.com

Selain meregangkan tubuh, coba gerakkan tubuh dengan berjalan dari meja kerja. Dengan bergerak saat sedang lesu, kamu dapat mengembalikan kembali energi yang hilang sebelumnya. Kamu jadi nggak mengantuk atau merasa lemas lagi, Bela!

4. Tidur siang

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/bruce mars

Ada alasan mengapa kamu sangat dianjurkan untuk tidur siang, dan mengapa tidur siang itu sering disebut sebagai power nap. Menurut sebuah penelitian, tidur siang selama 10-20 menit dapat meningkatkan produktivitas, ketajaman, bahkan membantumu untuk lebih fokus. Namun untuk mendapatkan semua manfaat ini, pastikan waktu tidur siangmu nggak lebih dari 30 menit. Sebab lebih dari itu, tubuh akan merasa lebih lelah dari sebelumnya.

5. Tertawa

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/Christina Morillo

Tertawa diyakini sebagai salah satu pereda stres dan mood booster, juga dapat meningkatkan energi tubuh. Berdasarkan sebuah riset, tertawa dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung, yang membuatmu merasa lebih bertenaga. Jadi, jangan lupa bahagia dan tertawa!

6. Mendengarkan musik penuh semangat

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/bruce mars

Mendengarkan lagu-lagu yang merdu dan penuh semangat dapat membuatmu merasa lebih bahagia, lebih merasa positif, serta mendorongmu lebih bertenaga untuk menjalani harimu. Mengapa? Sebab alunan nada musik yang penuh semangat ini merangsang tubuh untuk bergerak. Selain itu, musik ini juga dapat meningkatkan ketajaman dan produktivitas.

7. Bersosialisasi dengan teman-teman

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/mentatdgt

Jangan terlalu serius dalam bekerja, Bela. Sesekali mengobrol bersama rekan kerja, deh. Sebab, kegiatan ini dapat meningkatkan level energi tubuh. Sebuah penelitian menemukan kalau orang-orang yang senang bergaul umumnya lebih produktif di kantor. Jadi, sesekali mengobrol dengan rekan kerja itu nggak apa-apa, kok.

8. Melakukan sesuatu yang kamu suka

8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang BerpuasaPexels.com/JTMultimidia

Temukan waktu saat kamu merasa di titik terlemasmu, dan rencanakan untuk mengisi waktu tersebut dengan melakukan sesuatu yang kamu suka. Hal itu bisa berupa kegiatan sederhana, seperti membaca buku yang berkaitan dengan hobimu, misalnya. Merasa tertarik dalam melakukan sesuatu dapat membuatmu merasa lebih bersemangat, serta dapat mengalihkan pikiranmu dari rasa lapar selama berpuasa.

Selama beberapa hari puasa ini, bagaimana aktivitasmu di kantor maupun di kampus? Jangan sampai produktivitasmu menurun, ya! Puasa bukan jadi penghalang semangat untuk bekerja, Bela. Meski rasa lapar dan haus menghantui sepanjang siang, kamu harus tetap fokus dalam mengerjakan tugas atau pekerjaanmu. Coba beberapa tips ini untuk menjaga semangat bekerja selama puasa di bulan Ramadhan. Semoga ibadah dan pekerjaanmu lancar selalu!

Baca Juga: 10 Kota dengan Jam Puasa Ramadan Terlama di Dunia Tahun 2019