Tenggo, adalah istilah gaul untuk pulang tepat waktu dari kantor, atau dari mana pun kamu berada. "Jam 5 teng, langsung go!" begitu penjelasan sederhananya. Untuk sebagian orang, pulang tenggo merupakan sebuah 'kemewahan' yang kerap didambakan. Entah karena ada pekerjaan mendadak yang harus diselesaikan saat itu juga, atau menghindari kemacetan di jalan. Bahkan, ada yang merasa nggak enak untuk pulang tepat waktu sehingga sengaja menundanya.

Apa kamu sulit untuk pulang tenggo dari kantor, Bela? Sebenarnya, ada cara untuk bisa selalu meninggalkan kantor dengan tepat waktu, loh! Melansir dari AllWomensTalk, coba ikuti 8 tips ini!

1. Datang tepat waktu

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Polina Zimmerman

Ini adalah tip pertama yang harus kamu lakukan jika ingin pulang tepat waktu. Dengan datang terlambat, kamu telah menciptakan pola jam kedatangan dan kepulanganmu yang akan sulit kamu ubah. Sebab, ketika datang terlambat maka jam kerjamu akan ikut bergeser dan membuat jam pulangmu pun mundur. Meskipun terkadang, ada saja insiden dalam perjalanan yang membuatmu datang terlambat, namun jangan putus asa untuk masuk kerja tepat waktu! Jadikan ini sebagai target harianmu sehingga kamu dapat pulang tepat waktu.

2. Menjaga barang-barang tetap rapi

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Pixabay

Pernah merasa waktu produktifmu terbuang hanya karena mencari dokumen di lemari yang berantakan? Belum lagi menit-menit lainnya yang terpakai untuk menyiapkan kebutuhan kerjamu? Hal-hal seperti ini dapat menunda waktu kerjamu, loh! Membuatmu memerlukan waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaanmu lewat dari jam pulang. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah menjaga barang-barangmu tetap rapi. Simpan dokumen-dokumen berharga dalam satu folder . Gunakan tempat pensil untuk seluruh alat tulismu dan laci kecil untuk perlengkapan kerja lainnya. Menjaga barang-barang tetap rapi dapat meminimalkan waktu terbuang untuk mencarinya, dan kamu dapat fokus bekerja dengan cepat.

3. Tentukan prioritasmu dengan tepat

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Lukas

Salah satu cara terbaik untuk dapat pulang tepat waktu, adalah dengan menentukan prioritas kerjamu. Cek tugas atau pekerjaan yang paling penting dan harus diselesaikan dengan cepat, dalam daftar kerjamu di pagi hari. Dengan begitu, kamu nggak akan tertahan di kantor karena harus lembur mengerjakan semua tugasmu. Selesaikan semua pekerjaan sesuai dengan tingkat prioritasnya dan jangan menunda-nunda! Kamu akan merasa lebih bahagia dan lega ketika sudah menyelesaikan semua tugasmu di hari itu.

4. Persiapkan dirimu

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Burst

Ketika ada rapat, ada baiknya untuk datang lebih awal dan mempersiapkan seluruh materi yang akan dipresentasikan. Selain itu, persiapkan pula dirimu! Bersikap sopan dan ramah, namun usahakan untuk mengurangi basa-basi sehingga rapat dapat berlangsung lebih efisien. Bercengkrama sesekali memang dapat mencairkan suasana rapat, namun akan lebih baik jika kamu dapat menyampaikan semua materi dengan ringkas dan langsung pada inti pembicaraan. Dengan begitu, kamu dapat menghemat waktumu dan para peserta rapat.

5. Hati-hati dengan 'pencuri waktu'

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Tirachard Kumtanom

Apa yang disebut dengan 'pencuri waktu?' Itu dapat berupa rekan kerja yang senang mengobrol, atau teman dekat yang menghubungimu untuk menceritakan gosip terbaru. Mereka adalah 'pencuri waktu' yang dapat menunda pekerjaanmu. Tentunya, akan kurang sopan untuk menghindari rekan kerja yang ingin mengobrol dengan tegas. Namun, kamu harus menghindarinya jika ingin pulang tepat waktu. kamu bisa mengatakan kalau dirimu sedang mengejar tenggat waktu kerja dan akan mengobrol dengannya setelah pekerjaan selesai.

6. Mencari tahu waktumu yang hilang

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Andrea Piacquadio

Benar, kita semua pernah kehilangan waktu tanpa menyadarinya. Namun, ini saatnya untuk mencoba mencari tahu. Dengan bekerja di kantor, hampir mustahil untuk mengecek akun media sosialmu atau internet pada umumnya. Namun sekali saja log in, tanpa sadar kamu telah menghabiskan waktu yang lama hanya untuk melihat timeline dan unggahan dari teman-temanmu. Jadi, usahakan untuk menahan diri memeriksa media sosialmu di waktu kerja. Juga, usahakan untuk nggak berlama-lama di wc atau pantry ya, Bela.

7. Ikuti peraturan 80-20

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Andrew Neel

Coba ikuti peraturan 80-20. Sederhananya, hanya 20% dari semua pekerjaanmu yang harus 100% sempurna. Lalu, 80% lainnya dapat diterima alias selesai sesuai permintaan ekspektasi. Tentu saja, kamu harus selalu memberikan yang terbaik untuk pekerjaanmu. Namun seringkali kita menghabiskan waktu yang lama hanya untuk membuat pekerjaan yang sudah selesai terlihat sempurna. Jadi, kurangi membuang waktu untuk kegiatan yang nggak diperlukan. Ketika pekerjaanmu sudah selesai dan bagus, tinggalkan dan alihkan fokusmu untuk tugas lainnya.

8. Merencanakan pulang tepat waktu

8 Cara Bisa Pulang Tenggo dari KantorPexels.com/Tirachard Kumtanom

Ketika memiliki deadline, kamu selalu berusaha untuk menyelesaikannya tepat waktu, setuju? Coba gunakan konsep yang sama untuk pulang tenggo. Jadikan waktu pulang kerja sebagai deadline yang harus kamu tepati. Dengan begitu, kamu akan berusaha untuk menyelesaikan seluruh pekerjaanmu dan memenuhi targetmu untuk pulang tenggo! Kalau perlu, buat rencana kegiatan selepas kerja. Jika berhasil menerapkan pola ini, pelan-pelan akan menjadi kebiasaan dan kamu bisa pulang tenggo dengan mudah.

Jika sudah bisa mengikuti salah satu atau beberapa langkah di atas, kamu pun dapat lebih menikmati pekerjaanmu ketika berhasil menghindari lembur atau pulang tepat waktu. Yuk, coba sekarang, Bela!

Baca Juga: Ini Dia 9 Siasat yang Paling Efektif untuk Menghindari Lembur!