Natal dan tahun baru sudah lewat, tanda musim liburan sudah usai. Artinya pula, kamu harus segera balik ke kantor untuk menyambut segudang kerjaan yang ditinggalkan selama cuti kemarin. Orang bilang, kamu akan kembali dengan pikiran segar dan suasana gembira di hari pertama kerja. Namun faktanya, kamu masih merasa jetlag dan belum siap menjalani rutinitas normal di kantor.

Siapa yang mengalami hal ini, Bela? Tenang, we got your back! Melansir dari Themuse, ada tujuh hal yang bisa kamu lakukan agar hari pertama kerja setelah cuti nggak terasa berat.

1. Buat perencanaan kerja

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Christin Hume

Sebelum memasuki hari pertama kerja, buat rencana atau daftar pekerjaan yang perlu dilakukan pada saat kembali ke kantor. Meski nggak semua daftar itu bisa dikerjakan dalam sehari, cara ini membantumu agar tetap fokus, apalagi kalau kamu merasa nggak tahu harus mulai dari mana.

2. Bawa makanan khas dari tempat liburan kemarin

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Alisa Anton

Oleh-oleh sepertinya sudah menjadi bagian dari liburan, ya? Bawa segala bentuk buah tangan yang telah kamu siapkan untuk rekan kerja. Jadi hari pertama ngantor akan sedikit santai karena kamu (dan mungkin teman-teman lainnya) saling berbagi oleh-oleh liburan kemarin. Lebih enak, sih, berbagi makanan, Bela. Karena biasanya, icip-icip kuliner berlanjut dengan obrolan santai, dan seisi kantor jadi ikut nggak kerja.

3. Mendengarkan musik

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Olu Eletu

Alunan musik adalah salah satu trik terbaik untuk menciptakan lingkungan positif, yang membantu pikiranmu tetap terjaga. Mendengarkan musik juga menjauhkan telingamu dari permintaan rekan kerja. Kalau mengantuk, kamu bisa mengencangkan sedikit volume-nya agar kembali bersemangat!

4. Memulai perbincangan tentang liburan

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Luke Chesser

Nggak memungkiri, semua orang pasti ingin berbagi cerita liburan mereka, termasuk kamu. Jika percakapan nggak terjadi secara otomatis di ruangan, kamu bisa mengawalinya dengan mengajak rekan kerja di sebelahmu, Bela. Mulai dengan pertanyaan mengenai liburannya kemarin atau rencana liburannya di masa mendatang.

5. Mengulur waktu istirahat siang

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Nolan Issac

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kerja di hari pertama adalah pergi keluar. Kamu bisa pergi keluar saat makan siang dan menghabiskan jam istirahat lebih lama. Bisa dengan mengobrol seru bersama rekan kerja, atau membaca buku sendiri di kafe terdekat.

6. Rencanakan waktu bersama setelah jam kantor

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Patrick Tomasso

Buat rencana hang out bersama rekan kantor sepulang kerja nanti. Mengapa? Dengan begini akan membuatmu semangat untuk melewati hari pertama di kantor, sekalipun hari itu akan dihujani dengan berbagai tugas yang berat. Tapi di penghujung hari, kamu dan rekan kerja akan bersenang-senang bersama!

7. Makan layaknya penduduk lokal

7 Tips Melewati Hari Pertama Kerja Setelah Cuti Liburanunsplash.com/Radek Grzybowski

Pastinya feed Instagram-mu dipenuhi foto-foto makanan saat liburan kemarin. Daripada selalu terbayang-bayang kelezatan yang telah berlalu itu, cari restoran yang menyajikan makanan lokal atau biasa kamu santap sehari-hari. Jika nggak memungkinkan, paling nggak manjakan diri sendiri dengan menikmati kuliner yang berbeda dari biasanya.

Benar, hari pertama kerja setelah liburan dapat terasa berat, Bela. Tapi jangan biarkan pikiranmu selalu terjebak dalam kenangan itu. Segera kembalikan semangat bekerja, untuk merencanakan liburan selanjutnya!