Banyak cara untuk mengetahui kepribadian dan karakter dirimu sendiri, dan salah satunya adalah membaca zodiakmu. Sebab, zodiak yang menaungimu memiliki informasi yang menunjukkan banyak hal berkaitan dengan hidupmu. Mulai dari kepribadianmu, karaktermu, caramu bersikap saat menghadapi sesuatu, minat yang cocok denganmu, sampai pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki sejak lahir. Namun terkadang, informasi dari kolom zodiakmu terasa nggak sama seperti yang dirimu sendiri. Justru, kamu merasa zodiak lain lebih cocok denganmu. Pernah mengalami hal ini, Bela?

Saat membaca kepribadian diri yang nggak sesuai seperti yang zodiakmu deskripsikan, apa itu artinya kamu memiliki zodiak yang salah? Atau, tanggal lahirmu keliru sehingga kamu nggak cocok dengan zodiakmu saat ini. Tenang dan jangan panik, Bela. Melansir dari Astroligion, ada tujuh kemungkinan alasan kamu merasa nggak cocok dengan zodiakmu sendiri.

1. Rising sign yang berbeda

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Faktanya, ada banyak elemen astrologi yang turut menaungimu, dan itu dapat berupa lambang berbeda dengan zodiak yang kamu ketahui. Salah satunya adalah rising sign, atau dikenal dengan istilah ascendant sign. Ini adalah zodiak yang berada di cakrawala pada waktu kelahiranmu.

Banyak pakar astrologi mengatakan kalau rising sign memiliki informasi tentang dirimu yang sebenarnya. Umumnya, zodiak ini mendeskripsikan wajah yang kamu tunjukkan pada dunia dan tanda yang paling kamu suka dari orang lain yang baru pertama kali bertemu. Rising sign juga memerhatikan citra diri sendiri, caramu ingin dilihat oleh orang lain, dan juga menggambarkan kecenderunganmu dapat menghadapi masalah. Jadi jika sun sign atau zodiak kelahiran yang biasa kamu baca nggak sesuai dengan kepribadianmu, coba baca deskripsi dari rising sign.

2. Moon sign yang berbeda

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Selain rising sign, ada juga moon sign yang dapat kamu pelajari. Moon sign menggambarkan sifat alam bawah sadarmu. Keinginan bawah sadar, ingatan, emosi, dan hubungan dengan ibumu. Tergantung pada letak bulan berada dan caranya diasumsikan, bulan dapat memiliki kehadiran yang kuat dalam diagram kelahiranmu. Jika seseorang memiliki kepribadian introvert, kemungkinan besar bulan memiliki peranan yang kuat dalam membangun kepribadiannya sehingga ia nggak cocok dengan deskripsi dari zodiaknya sendiri.

3. Ada-tidaknya stellium

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Stellium adalah kumpulan 4 atau lebih planet yang mengisi zodiak sama atau berada dalam bagan kelahiran yang sama. Nggak semua orang memiliki stellium, namun kehadiran jajaran planet ini memiliki efek yang cukup besar pada zodiak yang ditempatinya. Pakar astrologi percaya kalau kombinasi energi dari berbagai planet ini memberikan zodiaknya kekuatan yang lebih besar dan signifikan daripada sun sign (zodiak yang biasa kamu baca). Stellium juga dapat mengindikasikan kecerdasan. Mozart memiliki stellium dalam zodiaknya, Aquarius. Juga, Bruce Lee memiliki stellium dalam zodiaknya Scorpio.

4. Zodiakmu mengalami kemajuan

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Banyak yang nggak mengetahui kalau bagan zodiak mengalami kemajuan. Konsepnya adalah setiap setelah kelahiranmu, matahari akan maju ke tanggal selanjutnya dalam kalender. Artinya, secara berkala, zodiakmu akan maju ke zodiak lainnya.

Misalnya, kamu memiliki zodiak Cancer karena terlahir di pada tanggal 10 Juli. Pada usia 12 tahun, matahari dari zodiak itu akan maju ke Leo karena zodiak ini mulai pada tanggal 22 Juli, yaitu 12 hari setelah tanggal 10 Juli. Setiap harinya setara dengan satu tahun. Transisi ini dikatakan untuk menandakan perkembangan spiritual dari sun sign, menambahkan atau mengubah kepribadian dasarnya sembari mengembangkan kedewasaan dan meraih perspektif baru.

5. Zodiakmu berselisih dengan planet Neptunus

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Neptunus merupakan planet yang melambangkan tipuan dan bayangan. Sedangkan matahari melambangkan diri sendiri dan caranya berhubungan dengan ayah. Jika Neptunus diasosiasikan negatif dengan matahari, ini dapat menandakan sulitnya mengenali diri sendiri atau keliru dalam membaca diri sendiri. Neptunus sangat subjektif dan dapat mengaburkan kenyataan, menyulitkanmu memahami sifat dasar yang sebenarnya ada dalam dirimu.

6. Zodiakmu berubah

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Faktanya, zodiakmu telah berubah. Tanggal yang biasanya digunakan dalam astrologi barat menggunakan posisi dari ekuinoks (waktu siang dan malam) dan konstelasi yang selaras dengan ribuan tahun lalu. Sejak waktu tersebut, ekuinoks telah berubah beberapa derajat dan konstelasi zodiak nggak lagi sama seperti sebelumnya. Mereka telah maju sekitar 25 haru sehingga  jika kamu terlahir pada tanggal 10 Juli, kemungkinan kamu memiliki zodiak Gemini!

7. Kamu menolak informasi yang zodiakmu miliki

7 Alasan Kamu Merasa Kepribadianmu Berbeda dengan ZodiakmuFreeepik.com/pikisuperstar

Kemungkinan besar zodiakmu telah mendeskripsikan kepribadian dan karaktermu secara akurat. Namun, kamu nggak menyukainya karena hal itu nggak sesuai seperti yang ingin kamu lihat. Mungkin zodiakmu menggambarkan kalau dirimu mempercayai hal-hal mistis, sedangkan kamu sendiri merasa bertolak belakang dengan hal itu.

Ada berbagai alasan ketika kamu merasa deskripsi zodiakmu nggak sesuai dengan yang kamu rasakan saat ini. Mungkin, ini saat yang tepat untuk menggali lebih dalam tentang dunia astrologi, Bela. Kamu dapat mencari tahu lebih dalam soal sun sign, moon sign, planet hingga empat elemen yang menaungi tanggal kelahiranmu. Dengan begitu, mungkin kamu dapat menemukan gambaran dirimu yang sebenarnya.

Baca Juga: Orang yang Lahir di Tanggal Ini Punya Zodiak Ganda? Ini Penjelasannya