Seseorang yang introvert cenderung menyukai bekerja sendiri daripada bersama tim. Ia lebih suka berfokus pada pekerjaannya agar dapat menyelesaikannya dengan cepat. Jikalau harus terlibat dalam kerja tim, ia lebih nyaman bersama kelompok kecil ketimbang banyak orang. Sebab, introvert dapat merasa kewalahan dengan banyaknya saran dan kritik yang tertuang dalam diskusi besar, serta memerlukan waktu sendiri untuk menyegarkan pikirannya.

Kamu seseorang yang introvert, Bela? Tenang saja, bukan berarti kamu nggak dapat bekerja dengan aktif atau harus selalu menghindari projek besar. Ada banyak pekerjaan yang cocok untuk si introvert. Melansir dari Good Housekeeping, ini daftar karier yang cocok untuk kepribadian introvert dan pendiam.

1. Accounting Manager

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/StartupStockPhotos

Beberapa pakar menyarankan karier sebagai Accounting Manager untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert. Pekerjaan seperti ini memintamu untuk menganalisis data, menghitung angka, dan menggunakan kemampuan organisasi untuk memastikan kalau proses pekerjaan dalam bidang akuntansi berjalan dengan baik.

2. Private Chef

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvertpexels.com/Lisa Fotios

Senang masak? Tapi masak di dapur besar bersama banyak orang dan penuh kebisingan tentu dapat menimbulkan ketakutan tersendiri, ya? Kamu dapat bekerja sebagai private chef untuk sebuah keluarga atau seseorang yang membutuhkanmu. Pekerjaan ini memudahkanmu untuk menunjukkan bakat memasak tanpa perlu terganggu dengan suasana dapur yang ramai seperti di restoran atau hotel.

3. Computer Programmer

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Janeb13

Seiring berjalannya waktu, pekerjaan yang terkena bias gender seperti programmer semakin fleksibel dan membuka kesempatan luas untuk para perempuan berkarier dalam bidang itu. Kamu yang introvert dan antusias pada teknologi dapat mempertimbangkan bekerja sebagai computer programmer, Bela. Sebab pekerjaan ini cocok untuk kamu yang lebih suka bekerja secara independen.

4. Landscape Designer

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvertpexels.com/Rawpixel.com

Landscape designer adalah pekerjaan merancang dan menata ruang besar, yang meliputi perkotaan, taman, destinasi rekreasi, hingga perawatan situs sejarah. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang introvert dan kreatif karena interaksi yang terjadi umumnya hanya dua arah, atau hanya dengan sekelompok kecil orang yang bekerja dalam sebuah projek untuk menata suatu ruang.

5. Librarian

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Jill Wellington

Pencinta buku, karier sebagai seorang librarian dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun perlu kamu ketahui, bekerja sebagai librarian bukan berarti kamu hanya mengatur buku dan menjaga perpustakaan. Ada banyak acara sosial yang sering diselenggarakan di perpustakaan, dan kamu akan bertugas sebagai pembawa acaranya. Juga, kamu akan membantu pengunjung perpustakaan untuk mencari buku yang tepat sesuai kebutuhannya.

Faktanya, nggak semua introvert menghindari kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang. Sebagian di antaranya ada yang menyenangi interaksi dengan orang-orang. Jadi bagi kamu yang introvert namun masih menyukai interaksi sosial, menjadi librarian dapat menjadi karier terbaik untukmu.

6. Paralegal

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Claudio_Scott

Legal merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk kamu yang introvert. Kamu akan bekerja melakukan riset, menyimpan dokumen resmi yang penting, melakukan wawancara dengan klien, dan membantu pengacara menyiapkan kasus. Kamu hanya akan bekerja pada sekelompok orang khusus, dan bekerja secara independen dalam diam agar dapat fokus melakukan riset yang membutuhkan ketelitian.

7. Research Scientist

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Luvqs

Penelitian ilmiah membutuhkan perencanaan metodis dan analisis mendalam, yang biasanya dilakukan dalam waktu lama di sebuah laboratorium. Ini menjadikannya sebagai karier yang cocok untuk si introvert yang senang melakkukan riset dalam waktu lama.

Tentu saja, ada beberapa penelitian yang perlu dilakukan secara berkelompok. Namun, jumlah orang dalam projek penelitian tersebut nggak akan terlalu besar seperti dalam bidang lainnya.

8. Writer atau Editor

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvertpexels.com/Andrew Neel

Orang introvert dapat bekerja di dunia kreatif, kok! Beberapa karier yang cocok untuk kamu adalah sebagai writer atau editor. Malah di zaman dengan mobilitas yang tinggi ini, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja di luar kantor atau memutuskan untuk bekerja freelance berdasarkan projek yang diambil. Teknologi komunikasi yang semakin canggih pun mengurangi interaksi langsung yang perlu dilakukan di kantor. Kamu pun dapat mengeluarkan kreativitasmu secara maksimal di tempat yang memberikan banyak inspirasi.

9. Conselor atau Therapist

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/StockSnap

Bekerja sebagai seorang terapis atau konselor kesehatan jiwa membutuhkan pemikiran yang dalam, mendengarkan dengan penuh empati, dan fokus pada satu orang secara eksklusif. Semua kemampuan ini ada dalam diri introvert. Faktanya, banyak orang introvert yang sukses berkarier menjadi seorang konselor atau terapis, loh!

10. Fotografer

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvertpexels.com/Matt Hardy

Salah satu karier kreatif lain yang cocok untuk introvert adalah fotografer. Karier ini memudahkanmu untuk mengekspreaiskan jiwa seni dan cara pandangmu yang berbeda dalam berbagai cara. Mulai dari fotografi untuk pernikahan sampai foto studio, banyak fotografer yang mengatur jadwalnya sendiri sehingga mereka dapat menyeimbangkan dunia karier dan pribadi dengan baik.

11. Lab Technician

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Belova95

Bekerja sebagai teknisi lab membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk dapat menganalisis sampel darah atau jaringan, dan menemukan hasil yang dibutuhkan. Nggak ada ruang untuk bersenda gurau selama bekerja, pun masing-masing individu akan fokus pada pekerjaannya sendiri. Karena itu, menjadi teknisi lab adalah pekerjaan yang cocok untuk si introvert, terutama jika memiliki passion dalam dunia ilmiah dan kesehatan.

12. Mechanic

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si Introvertpexels.com/Burst

Senang dengan mesin dan bergerak aktif? Mengapa nggak menjadi seorang mekanik atau ahli mesin? Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang introvert dan memiliki passion tinggi pada dunia mesin. Selain itu, bidang yang juga terkena bias gender ini sedang membuka kesempatan luas untuk para perempuan berkarier di dalamnya. Jadi, mengapa nggak mencobanya, Bela?

13. Markets Analyst

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Rawpixel.com

Menganalisis pasar yang dinamis adalah pekerjaan Market Analyst, dan sebenarnya cocok untuk pribadi introvert yang menyukai dunia pemasaran serta penjualan. Kamu dapat bekerja secara independen di bawah tekanan yang tinggi. Faktanya, beberapa penelitian mengungkapkan jika market analyst perempuan membuat keputusan yang lebih berani dan akurat ketimbang laki-laki.

14. Commercial Driver

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/CS Houghton

Introvert juga cocok kerja dalam bidang transportasi, salah satunya menjadi commercial driver. Baik itu mengendarai truk besar, bis transportasi umum, atau kendaraan lainnya, pekerjaan ini cocok untuk seseorang yang lebih suka bekerja sendiri. Nilai lebihnya, kamu bisa berpergian ke mana pun sembari bekerja!

15. Dentist

15 Pekerjaan yang Cocok untuk Si IntrovertPixabay.com/Marcio Guimaraes

Pernah membayangkan menjadi seorang dokter gigi? Pekerjaan ini cocok untuk introvert karena membutuhkan kemampuan interaksi personal, kemampuan memecahkan masalah serta analisis yang tinggi. Kamu nggak perlu takut untuk bekerja bersama banyak orang. Sebab pada praktik umumnya, seorang dokter gigi bekerja sendiri atau berdua dengan suster untuk menangani pasien.

Ada 15 daftar pekerjaan yang cocok untuk introvert. Lingkungan pekerjaan serta proses bekerja dalam karier itu sangat sesuai dengan kepribadianmu yang lebih suka bekerja independen dan membutuhkan ketenangan. Kamu pun dapat berkembang dan memiliki karier yang sukses.    

Baca Juga: Bukan Anti Sosial, Ini 5 Sisi Positif Seorang Introvert