Kalau mendapatkan tempat magang adalah salah satu cita-cita dalam resolusimu pada 2016 ini, jangan menunggu lebih lama lagi! Kadang memang mencari tempat magang bisa bikin kamu frustasi. Banyak kantor yang mengharapkan kamu sudah berbekal banyak pengalaman. Tapi bagaimana bisa dapat pengalaman kalau kamu belum punya pengalaman yang cukup? Popbela tahu banget pusingnya proses ini. Tapi nggak usah khawatir, dengan melakukan tips-tips ini, mencari tempat magang akan menjadi kegiatan yang seru banget! 

 

1. Tak usah menunggu lowongan 

Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnyapretty-random-things.com

Jangan menunggu-nunggu perusahaan untuk membuka lowongan magang. Kamu akan melewatkan banyak kesempatan berharga dengan menanti sesuatu yang nggak pasti seperti ini. Segera buat dan kirim lamaranmu ke perusahaan yang kamu minati, meskipun mereka nggak sedang membuka lowongan. 

 

2. Jangan terlalu mengharapkan imbalan

Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnyakrystyna-ledosociale.com

Kamu harus tahu bahwa imbalan atau gaji bukanlah tujuan utama kamu magang. Tujuan yang paling penting adalah melihat dan merasakan secara langsung seperti apa dunia kerja itu. Kamu juga harus fokus mempelajari bidang-bidang kerjamu saat magang dan cari tahu bagaimana kamu bisa berkontribusi bagi industri atau bidang tersebut setelah kamu lulus kuliah nanti. 

 

3. Mulailah dari bawah

Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnyathisislondonlife.com

Mungkin kamu punya standar tertentu untuk tempat magang yang akan kamu coba. Tapi nggak ada salahnya magang di kantor-kantor startup. Ketika kamu magang untuk startup, mereka akan sangat menghargai kamu dan tenagamu sangat mereka perlukan. Kamu nggak akan duduk-duduk bengong di kantor seharian seperti ketika kamu bekerja di perusahaan yang sudah besar dan stabil. Dengan begitu, kamu akan belajar lebih banyak dan jaringanmu akan semakin luas. 

 

4. Buat dirimu mudah dikenali 

Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnyarockettequeen.com

Kalau kamu mau bekerja di bidang kreatif atau sebagai Public Relations, buat dirimu dikenali dengan memulai blog atau mengikuti berbagai lomba dan presentasi. Perusahaan akan melihat bahwa kamu benar-benar punya minat dan keseriusan dalam bidang yang kamu geluti. 

 

5. Belajarlah dari kesalahanmu

Tahun Ini Harus Dapat Tempat Magang! Ini Dia Tips-tipsnyajessicaandlove.com

Sudah berapa kali surat lamaranmu ditolak? Cobalah untuk mengira-ngira lagi kenapa lamaranmu nggak lolos. Apakah karena kamu terkesan terlalu ambisius untuk budaya perusahaan tersebut? Atau justru kamu gagal menunjukkan motivasi yang kuat? Hindari kesalahan tersebut untuk yang kedua kalinya, ya. 

 

Bela, ingatlah untuk menikmati seluruh proses pencarian tempat magang yang sesuai denganmu. Ditolak itu wajar banget, kok. Tapi jangan jadi putus asa dan sedih terus, ya. Semoga beruntung!