Bela, apakah selama ini kamu sudah cukup produktif di kantor? Atau kamu masih merasa kurang nyaman dengan caramu bekerja? Mungkin itu karena kamu belum bekerja secara efektif sesuai dengan cara belajarmu. Secara umum, ada tiga tipe orang berdasarkan gaya mereka belajar dan memproses informasi. Ada yang belajar dengan bantuan suara, gerakan, dan juga visual.  Kamu tipe yang mana, Bela? Yuk, cari tahu di bawah ini dan lihat juga bagaimana caranya kamu bisa meningkatkan keefektifan dalam bekerja sesuai dengan gaya belajarmu. 

 

1. Ayo Temukan Cara Kerja Terbaikmu Berdasarkan Gaya Belajar Auditori, Visual, dan Kinestetik

Orang yang belajar dengan sistem auditori sangat bergantung pada suara, bunyi, ucapan, dan terutama pengulangan agar mereka benar-benar bisa menyerap segala ilmu. Mereka akan mendengarkan dengan baik dan memastikan bahwa mereka memahaminya lewat mengulangi kata-kata tersebut. 

Mereka senang bekerja dengan pola yang teratur dan bisa ditebak. Mereka pun akan sangat memahami instruksi ketika diberikan secara lisan, bukan tertulis. Nah, kalau kamu tipe auditori, cobalah untuk menyimpan segala hasil meeting atau to-do-list lewat perekam suara atau voice notes. Bekerja dalam tim juga bisa merangsang mereka untuk melahirkan ide-ide yang cemerlang dan membuat mereka lebih produktif lagi. 

 

2. Ayo Temukan Cara Kerja Terbaikmu Berdasarkan Gaya Belajar Auditori, Visual, dan Kinestetik

Pembelajar visual lebih bisa menyerap ilmu ketika melihat gambar-gambar, ilustrasi, atau peta. Misal mereka menanyakan lokasi sebuah gedung padamu. Kalau kamu hanya memberi arahan secara verbal, mereka tak akan memahaminya dan justru memintamu untuk menggambar petanya. 

Nah, mereka yang belajar secara visual akan lebih produktif saat bekerja sendirian. Mereka sangat menyukai diagram, grafik, foto, gambar, tabel, dan bagan. Selain itu, mereka juga menggunakan warna dan bentuk sebagai alat pembantu dalam memahami informasi. Jadi jangan kaget kalau melihat catatan mereka penuh warna dan stabilo yang cerah. 

 

3. Ayo Temukan Cara Kerja Terbaikmu Berdasarkan Gaya Belajar Auditori, Visual, dan Kinestetik

Tipe kinestetik bisa belajar lebih baik melalui pengalaman dan aktivitas fisik daripada duduk seharian mendengarkan seminar atau menonton peragaan. Orang seperti ini paling suka bekerja langsung dan sambil bergerak atau berjalan-jalan. 

Mereka akan belajar dari pengalaman langsung menggunakan sistem trial and error dan mudah sekali terdistraksi. Maka untuk para pembelajar kinestetik, keluar dan mencari udara segar atau sering berganti suasana adalah cara kerja yang terbaik. Nah, mereka ini sangat berguna dalam pemecahan masalah karena pemikian mereka yang praktis dan sangat bisa dilakukan. 

 

Nah, sekarang sudah tahu kan cara terbaikmu dalam bekerja? Semoga informasi tadi membantu dan jangan lupa membagikan tulisan ini pada teman-temanmu ya, Bela!