Biasanya saat kamu diwawancara kerja, kamu akan ditanyai apakah kamu bisa bekerja dalam tim. Tentu kamu akan menjawab bisa. Kemudian setelah diterima, kamu benar-benar diminta untuk bekerja dalam timmu dan ternyata bekerja sama itu tak semudah yang kamu kira! Karakter orang yang berbeda-beda, etos kerja yang tidak sesuai, dan faktor tekanan menjadi bumbu kerja sama dengan rekan-rekan satu tim. Tenang saja, Bela. Kali ini Popbela punya tujuh cara untuk bekerja sama dalam satu tim yang efektif dan tak makan hati. Catat baik-baik, ya. 

 

1. Ketahui cara kerja masing-masing

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timtelegraph.co.uk

Sejak awal, kalian sudah harus saling memberi tahu seperti apa cara kerja masing-masing. Tanyakan rekanmu bagaimana cara membantunya supaya dia bisa bekerja dengan kinerja terbaik. Jangan sungkan pula untuk bilang bahwa kamu bisa bekerja lebih baik kalau tidak ditanyai terus setiap lima menit. Ini penting untuk mengantisipasi konflik perbedaan kebiasaan yang pasti muncul dalam kerja sama. 

 

2. Selalu cari akar masalahnya

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timfassbender-m.tumblr.com

Ketika muncul perdebatan atau konflik, usahakan untuk tidak menerima mentah-mentah omongan rekanmu. Carilah duduk perkaranya. Kalau rekanmu tampaknya susah diajak kerja sama, perhatikan apakah itu disebabkan oleh sikapmu yang terlalu sering memerintah atau karena dia belum memiliki kompetensi yang cukup untuk tanggung jawab yang dibebankan padanya.  

 

3. Jangan mengadu

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timcollider.com

Selama masih bisa mengatasi masalah dalam tim tanpa campur tangan manajemen, jangan bawa-bawa masalah kalian keluar dari tim. Apalagi mengadu pada supervisor kalian. Kamu akan terlihat buruk di mata atasanmu karena tidak bisa mencari solusi dan di mata rekan-rekanmu karena kamu beraninya minta dukungan dari tingkat atas. 

 

4. Minta saran dan masukan

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timabcnews.go.com

Daripada mengadu, kamu bisa meminta saran dan masukan dari atasanmu bagaimana cara menghadapi orang yang sering lalai dalam menyelesaikan tugasnya, misalnya. Atau bagaimana caranya supaya kamu bisa lebih memahami pola pikir anggota timmu tanpa harus berdebat sepanjang hari. Dengan melakukannya, atasanmu akan melihatmu sebagai orang yang peduli dan mau berusaha. 

 

5. Berkomunikasi secara langsung

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timnews.hjnews.com

Inilah yang sangat penting dalam kerja sama. Kamu harus tegas dan lugas ketika berkomunikasi dengan anggota tim. Kalau ada sesuatu yang mengganjal, langsung sampaikan pada anggota timmu, jangan melalui orang ketiga atau kamu cerita-cerita pada anggota tim lain. Kesalahan komunikasi ini sepertinya sepele tapi akan menjadi duri dalam daging. 

 

6. Habiskan waktu bersama

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timcollider.com

Kata pepatah, "Tak kenal maka tak sayang," jadi ajaklah anggota timmu untuk mencari inspirasi sambil ngopi bersama di luar kantor. Datanglah lebih awal supaya bisa mengobrol dan basa-basi dulu dengan rekan-rekanmu. Jangan langsung pulang ketika selesai kerja tapi evaluasi dulu pekerjaan kalian hari itu. Kalian akan jadi lebih terbuka terhadap satu sama lain.  

 

7. Rayakan keberhasilan tim

Ampuh! Ini Dia 7 Jurus Supaya Kamu Bisa Bekerja Lebih Mudah di Dalam Timvulture.com

Kerja keras itu penting, tapi lebih penting lagi untuk mensyukuri buah keringat kalian sendiri! Dengan merayakan kesuksesan bersama, kalian bisa melepas ketegangan dan merasakan solidnya hubungan profesional yang sudah kalian bangun selama ini. Rasanya seperti membesarkan anak bersama. Kalau ada proyek lain di masa depan, kalian pun jadi lebih semangat untuk bekerja sama lagi. 

 

Sebenarnya tujuh jurus ampuh di atas sangat mudah untuk kita praktekkan. Rahasianya adalah menurunkan ego dan mau mendengarkan orang lain. Kalau kamu sudah siap melakukan dua hal tersebut, kerja sama dalam tim bukan hal yang sulit lagi dan kamu bisa menjawab dengan penuh percaya diri, "Saya bisa bekerja dalam tim dengan baik,".