Jangan anggap remeh kalau kamu sering merasa bete. Baru-baru ini Sekolah Bisnis Harvard merilis penelitian yang membuktikan bahwa merasa bete bikin kamu kehilangan produktivitas dan bahkan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Kamu nggak mau kan kehilangan kesempatan naik jabatan hanya gara-gara bete?

Sekacau apapun harimu, kamu masih bisa memperbaiki suasana hatimu. Kalau katanya Shawn Achor, penulis buku The Happiness Advantage, bahagia itu pilihan. Nah, supaya kamu bisa lebih mudah berbahagia, coba ikuti lima langkah jitu berikut ini.

1. 5 Langkah Mudah Menghilangkan Bete Karena Harimu Kacau Balau

Nggak harus yang susah-susah, kok. Tahan diri dan jangan jajan junk food dulu tapi belilah jajanan sehat seperti buah-buahan. Kirimkan e-mail atau pesan ke sahabat dan pasanganmu dan sampaikan rasa terima kasihmu pada mereka. Hal-hal sederhana ini akan membuatmu merasa jauh lebih baik. 

2. 5 Langkah Mudah Menghilangkan Bete Karena Harimu Kacau Balau

Bangun dari kursimu dan jalan-jalan sebentar untuk mengganti suasana. Ajaklah teman kerja di sebelahmu ngobrol sebentar, tapi jangan jadi sesi curhat yang malah bikin kamu sedih, ya. Apapun yang kamu lakukan, kamu harus bergerak dan berganti tempat.

3. 5 Langkah Mudah Menghilangkan Bete Karena Harimu Kacau Balau

Biasanya kamu jadi bete kalau nggak berhasil memenuhi ekspektasimu sendiri yang ketinggian. Daripada bete terus, lebih baik kamu buat daftar tiga hal yang ingin kamu lakukan hari ini dan kamu akan merasa jauh lebih puas saat berhasil menyelesaikan tiga hal tadi. Jadi nggak usah memaksakan diri, ya.

4. 5 Langkah Mudah Menghilangkan Bete Karena Harimu Kacau Balau

Kalau kamu lagi benar-benar bete, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang membuatmu merasa bersyukur. Catat hal-hal tersebut di smartphone atau komputer kamu supaya bisa kamu buka kapan saja, terutama kalau kamu lagi merasa bahwa dunia ini nggak adil.

5. 5 Langkah Mudah Menghilangkan Bete Karena Harimu Kacau Balau

Perhatikan baik-baik apa yang bikin harimu kacau balau. Catat hal ini supaya lain kali kamu bisa belajar dan menghindari berbagai penyebab kamu merasa bete. Paling nggak kamu mendapatkan pelajaran berharga dari hari yang buruk.

Sudah siap untuk memilih jadi bahagia? Yuk, hapus dulu wajah cemberutmu dan jangan lupa ikuti lima langkah tersebut.

BACA JUGA: Jangan Ragu Ubah Sudut Pandang, Ini Alasannya