American Idol merupakan salah satu ajang pencarian bakat paling lama, yang telah hadir selama dua dekade. Sejak tayang perdana pada tahun 2002, para kontestan termasuk jurinya kerap terlibat sejumlah kontroversi sehingga menerima kecaman publik.

Musim pertama yang tayang pada bulan Juni 2002, bahkan pernah dikritik karena menerapkan sistem pemungutan suara yang tidak adil. Melansir US Magazine, para penggemar melaporkan bahwa mereka menemukan sekitar 100 orang yang menggunakan teknologi panggilan otomatis, untuk menyumbang hampir 10.000 suara setiap harinya.

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang Sejarahdeseret.com

Sebuah kejadian tak terduga juga menimpa kontestan musim ke-19, yang tayang tahun 2021. Dua kontestan bernama Wyatt Pike dan Caleb Kennedy,  dilaporkan telah mengundurkan diri dari kompetisi karena alasan pribadi.

Meskipun ajang pencarian bakat ini telah melambungkan berbagai nama, namun masih tak lepas dari pembicaraan publik selama bertahun-tahun karena terlibat kontroversi. Berikut telah Popbela rangkum deretan kontroversi kompetisi American Idol yang pernah terjadi sepanjang sejarah. 

1. Phillip Phillips menuntut sebuah perusahaan produksi

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Beberapa tahun setelah pemenang musim ke-12 ini meraih juara pertama, ia sempat menuntut sebuah perusahaan produksi acara yang terlibat dengannnya, 19 Entertainment, pada Januari 2015.

Ia mengaku bahwa pihak perusahaan "memanipulasi" dirinya untuk mengadakan pertunjukan yang lebih menguntungkan mereka, dibandingkan kariernya sendiri. Kasus penuntutan ini diselesaikan pada bulan Juni 2017.

2. Masalah pemungutan suara dalam kompetisi

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Berbagai skandal telah menimpa hampir setiap musim American Idol karena kontestan yang dikeluarkan dari kompetisi. Selama musim ke-3, para penggemar mengeluh bahwa saluran telepon mereka ada gangguan, sehingga sulit bagi mereka untuk voting.

Dua tahun kemudian, lebih banyak kecaman dilontarkan para penggemar. Mereka memprotes bahwa kumpulan suara yang ditujukan untuk kontestan Chris Daughtry, dialihkan kepada Katharine McPhee agar hasil voting-nya lebih tinggi.

3. Arthur Gunn yang tidak hadir untuk duet

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Selama final dari musim ke-19, Arthur Gunn tidak hadir dalam duet yang dijadwalkan dengan Sheryl Crow. Keesokan harinya, ia membahas ketidakhadirannya di melalui sebuah postingan Instagram.

“Apa yang terjadi sebenarnya tidak banyak untuk dibahas saat ini. Ini merupakan keputusan menit terakhir, tetapi saya tidak bisa tidak mengatakan tidak ada penyebab moral dan nilai pribadi, karena pengalaman yang tidak menyenangkan ini, ”tulis penduduk asli Nepal tersebut.

Ia tidak menjelaskan tentang apa sebenarnya pengalaman yang "tidak menyenangkan" tersebut, namun ia lebih menyinggung masalah dengan seseorang (atau banyak orang), yang berhubungan dengan kompetisi tersebut.

4. Laine Hardy ditangkap polisi

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Surat perintah penangkapan pemenang musim ke-17, Laine Hardy, telah dirilis pihak kepolisian Lousisiana pada bulan April 2022. Yang bersangkutan dikabarkan sepenuhnya kooperatif dengan penyelidikan tersebut.

"Saya mengerti bahwa karier saya telah mendorong saya menjadi sorotan publik, dan saya menerimanya dengan sepenuh hati karena seluruh dunia terdiri dari musik saya dan penggemar saya. Namun, karena sifat sensitif dari tuduhan ini, saya dengan rendah hati meminta privasi saat ini," ujar Laine Hardy dalam sebuah wawancara, tanpa merincikan alasan penangkapannya.

5. Pemungutan suara untuk Kris Allen menerima kecaman

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Salah satu perusahaan sponsor American Idol, AT&T, mengakui bahwa mereka memberikan layanan telepon dan SMS gratis kepada penggemar Kris Allen, di pesta-pesta yang diselenggarakan selama pemutaran pemungutan suara final musim ke- 8.

Allen akhirnya menang juara pertama, mengalahkan Adam Lambert. Namun, A&T membantah tuduhan publik bahwa mereka yang bertanggung jawab atas pemungutan suara Kris Allen. Menurut sebuah sumber dari Fox yang dirilis tahun 2009, hasil kompetisi dari musim ke-8 tersebut disebut "adil, akurat dan telah diverifikasi" .

6. Penilaian juri Paula Abdul

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Paula Abdul selaku juri musim ke-7 menerima kecaman dari para penggemar, karena telah menilai lagu yang belum dinyanyikan oleh kontestan Jason Castro. Melalui acara radio Ryan Seacrest, Penyanyi "Straight Up" tersebut mengaku bahwa ia mampu menilai lagu tersebut karena telah mendengar menit terakhir lagu itu dalam sesi latihan para kontestan.

7. Caleb Kennedy mengundurkan diri

Tayang Sejak 2002, Ini 7 Kontroversi 'American Idol' Sepanjang SejarahShutterstock/USMagazine.com

Seorang kontestan musim ke-19 yang bernama Caleb Kennedy, sempat mengundurkan diri dari kompetisi setelah mencapai posisi lima besar. Kepergiannya dipicu sebuah video yang muncul kembali di internet, yang menunjukkan sosok dirinya yang duduk di sebelah seseorang yang tampaknya mengenakan pakaian Ku Klux Klan.

Melansir Britannica, Ku Klux Klan (KKK), merupakan sebuah kelompok teroris supremasi kulit putih dari Amerika Serikat (AS) yang berdiri pada tanggal 24 Desember 1865. KKK merupakan organisasi yang dibenci warga AS karena menggunakan aksi kejatahan untuk mengejar agenda supremasi kulit putih mereka. 

Itulah deretan kontroversi seputar kompetisi American Idol terbesar sepanjang sejarah. Perjalanan seseorang pasca mendapatkan tiket emas dan bergabung dengan Americal Idol ternyata nggak mudah, ya, Bela. 

Baca Juga: Miris! Jebolan American Idol Tertangkap Karena Jadi Bandar Narkoba

Baca Juga: Bertahun-tahun Diselenggarakan, Ini Deretan Kontroversi Sea Games 

Baca Juga: 11 Kontroversi Met Gala, Kim Kardashian Ternyata Sempat Tak Diundang