Spotify menjadi perbincangan hangat minggu lalu karena menghapus fitur shuttle dari salah satu album milik Adele berjudul "30" - atas permintaan dari manajer produk Adele. Fitur Shuttle mengharuskan pengguna mendengarkan lagu secara acak dan tidak sesuai urutan dalam album tersebut.

Langkah ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya pembaharuan fitur yang dilakukan Spotify dalam sebulan terakhir untuk terus berinovasi. Mulai dari penambahan lyrics secara real-time, video vertikal yang terinspirasi dari TikTok (hanya tersedia di versi beta), hingga penambahan video untuk mengunggah podcast.

Namun, yang paling mencuri perhatian adalah peluncuran Netflix Hub, sebuah 'rumah' bagi para mengguna untuk mengakses soundtack, playlist, dan podcast resmi dari acara televisi atau film terfavorit yang tayang melalui Netflix. Spotify mengumumkan bahwa fitur ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Spotify dan Netflix. 

Tak Perlu Repot Cari Soundtrack Film, Spotify Meluncurkan Netflix Hub spotify/netflix

Melansir dari Newsroom Spotify, para pendengar akan diberikan akses ke daftar putar resmi untuk serial populer seperti La Casa de Papel (Money Heist), Bridgerton, dan On My Block, serta soundtrack resmi untuk serial Squid Game, Bruised, dan Cowboy Bebop. Podcast untuk menjelajahi konten acara dan film yang hits juga tersedia melalui Okay, Now Listen, Netflix Is A Daily Joke, 10/10 (Would Recommend), dan The Crown: The Official Podcast.

Mengingat kepopuleran streaming audio, Spotify memberikan pengalaman mendengarkan lagu yang tiada duanya untuk film action terbaru Netflix yang berjudul The Harder They Fall. Selain itu, cuplikan di balik layar pembuatan soundtrack film juga akan ditampilkan, dipimpin oleh Jay-Z. Album eksklusif dari artis unggulan seperti Kid Cudi, Koffee, dan Ms. Lauryn Hill juga dapat dinikmati. 

Tak Perlu Repot Cari Soundtrack Film, Spotify Meluncurkan Netflix Hub https://newsroom.spotify.com/

Fitur terakhir yang paling digemari para penggemar film juga dibagikan oleh Spotify. Bagian kedua dari musim terakhir La Casa De Papel (Money Heist) yang segera tayang bulan ini juga turut dimeriahkan oleh Spotify, dengan meluncurkan video para pemerannya dan daftar putar resmi yang mengisi soundtrack terbaru dari bagian kedua.

Para penggemar Money Heist juga disuguhkan Character Match Playlist Quiz, untuk mengetahui kecocokan karakter mereka dengan para pemerannya, serta kecocokan dengan soundtrack resmi pilihan. 

Tak Perlu Repot Cari Soundtrack Film, Spotify Meluncurkan Netflix Hub https://www.teletrader.com/

Netflix Hub telah tersedia bagi para pengguna Spotify Free dan Premium di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Inggris, Selandia Baru, Irlandia, dan India. Semoga Spotify segera merilisnya di lebih banyak negara, termasuk Indonesia, ya!  Soundtrack dari film/serial mana yang paling kamu tunggu-tunggu, Bela?

Baca Juga: 'Taste of Love', Album Spesial Persembahan Twice di Spotify

Baca Juga: 15 Serial Netflix Terbaik dengan Rating Tertinggi di Rotten Tomatoes

Baca Juga: Popbela's Playlist: 10 Soundtrack Terbaik dari K-Drama Favoritmu