Sejak mengumumkan kabar kehamilan pada bulan September 2021, akhirnya Taeyang BIGBANG dan Min Hyo Rin resmi berstatus sebagai orangtua. YG Entertainment, selaku agensinya pun mengonfirmasi kabar bahagia ini dan menyatakan bahwa Min Hyo Rin melahirkan seorang putra yang sehat.

Sejak awal pacaran, mereka merupakan salah satu pasangan artis yang terbuka membagikan hubungan asmaranya. Keduanya kerap membagikan momen-momen kebersamaan melalui Instagram, bahkan secara terang-terangan berlibur berdua ke luar negeri.

Sehingga pada tahun 2018, mereka pun secara resmi menikah. Hingga saat ini, Taeyang merupakan satu-satunya anggota BIGBANG yang telah menikah dan dikarunai seorang anak. Ia menegaskan bahwa statusnya sebagai seorang ayah tidak akan memengaruhi kariernya sebagai anggota BIGBANG. Yuk, simak perjalanan karier Taeyang yang telah menerjuni industri Kpop sejak usia muda berikut.

Awal mula debut

Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'ygfamily.com

Taeyang menyukai musik sejak kecil. Ia pertama kali terjun ke dunia musik setelah diperkenalkan ayahnya yang juga merupakan seorang penyanyi. Sejak kecil, Taeyang senang mendengarkan radio dan menonton pertunjukan menyanyi melalui TV.

Kegemarannya yang menginspirasinya untuk mengembangkan kariernya menjadi seorang penyanyi. Maka, Taeyang yang saat itu sedang duduk di kelas enam SD mengikuti sebuah audisi dan mengambil peran sebagai karakter 'mini Sean' dalam MV Jinusean "A-yo". Pada tahun 2003, YG Entertainment yang melirik bakat Taeyang melalui MV tersebut, akhirnya bersedia untuk merekrut dan membina Taeyang yang masih berusia 12 tahun sebagai trainee.

Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'ygfamily.com

Awalnya, Taeyang dijadwalkan YG Entertainment untuk debut dengan G-Dragon sebagai duo hip hop GDYB, namun harus dibatalkan. Maka, YG Entertainment pun memutuskan untuk menggabungkan mereka dengan 3 trainee lainnya, yaitu TOP, Daesung, Seungri untuk membentuk BIGBANG.

BIGBANG secara resmi debut pada tahun 2006, dengan album perdananya yang berjudul Since 2007. Album perdana BIGBANG pun menjadi kunci perilisan lagu-lagu yang lainnya, termasuk Lies, album mini Always, Hot Issue, Day by Day dan masih banyak lagi. 

Mendalami genre R&B, yang sebelumnya hip-hop

Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'soompi.com

Pada tahun yang sama, Taeyang mulai merilis album solo perdananya sebagai salah satu anggota BIGBANG. Tepat pada tanggal 22 Mei 2008, Taeyang debut sebagai penyanyi solo dengan merilis mini album berjudul HOT. Album ini sebagian besar terdiri dari lagu R&B, yang sejak saat itu merupakan fokus utama Tae Yang karena sebelumnya menerjuni genre hip-hop dengan BIGBANG.

Single selanjutnya yang bergenre R&B pun mulai dirilis. Sementara untuk mendukung kesuksesan albumnya, ia juga berhasil menggelar konser solo HOT pertamanya. Popularitasnya yang mulai meningkat pun diakui di industri hiburan, dengan dirinya berhasil meyabet dua penghargaan yaitu 'Best R&B/Soul Song' untuk "Only Look At Me" dan 'Best R&B/Soul Album' dari Korean Music Awards yang ke-7. Ia merupakan satu-satunya anggota boyband yang berhasil menyabet penghargaan tersebut.

Melebarkan sayapnya ke Jepang

Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'Dok. Elle Korea
Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'Allkpop.com

Kesuksesan BIGBANG di dunia hiburan Korea Selatan, membawa mereka melebarkan sayapnya ke dunia industri musik Jepang. BIGBANG merilis sebuah mini album Jepang pertamanya yang berjudul Far the World.  Ia bersama rekan-rekan BIGBANG lainnya, sempat terbang ke Jepang untuk mempromosikan album Jepang perdananya.

Tidak hanya fokus mengembangkan album Jepang, BIGBANG juga berkolaborasi dengan 2NE1 untuk merilis dan merekam lagu "Lollipop" pada tahun 2009. Pada tahun yang sama, Taeyang berhasil meirilis single digital pertamanya yang berjudul "Wedding Dress" dan "Where U At" diikuti dengan MV-nya. 

https://www.youtube.com/embed/zIRW_elc-rY

Album pertama yang diisi penuh Taeyang berjudul Solar, juga dirilis pada tahun 2010. Solar yang berhasil dirilis melalui ITunes ini sangat populer, sehingga memuncaki posisi pertama sebagai Top R&B Soul ITunes di Kanada dan posisi kedua di Amerika Serikat. Taeyang merupakan penyanyi Asia paling pertama yang berhasil meraih pencapaian tersebut.

Pencapaiannya tidak berhenti sampai di situ saja. Dua single yang berjudul "Need A Girl" dan "I'll Be There", juga berhasil memuncaki tangga lagu Korean Song Music, hanya dalam waktu satu minggu. Sehingga, kesuksesannya pada tahun 2010 sendiri berhasil membawa Taeyang memenangkan penghargaan 'Best Male Artist' di Mnet Asian Music Awards 2010 dan Seoul Music Awards.

BIGBANG sempat tertahan, namun bersinar kembali

Sudah Berstatus Ayah, Ini Perjalanan Karier Taeyang 'BIGBANG'YG Entertainment

Kegiatan Taeyang dan BIGBANG sempat tertunda pasca rilisnya album Tonight karena skandal G-Dragon dan kasus kecelakaan Daesung. Namun, Taeyang bersama BIGBANG akhirnya menghadiri MTV EMA 2011, di mana mereka berhasil menyabet 'Best Worldwide Act'.

Popularitas Taeyang selanjutnya makin melejit di dunia hiburan. Taeyang berhasil memuncaki peringkat #33 dalam daftar "100 Wajah Tertampan Tahun 2013" versi The Independent Critics. Pada tahun 2014, Taeyang telah merilis album solonya yang berjudul Rise.

Makin mendunia setelah 'Rise' dirilis

https://www.youtube.com/embed/UwuAPyOImoI

Kesuksesan solonya baru diakui dunia melalui perilisan Rise. Album Rise berhasil memuncaki peringkat #1 pada iTunes R&B/SOUL Album Chart di 19 negara, mencapai posisi tertinggi dan terbaik dalam tangga album Billboard dan sukses terjual dalam pengecer musik digital online seperti Amazon.

Tidak hanya itu, Taeyang juga berhasil menyabet penghargaan Best Male Artist, Song of the Year dan Best Vocal Performance - Male dalam Mnet Asian Music Awards 2014 untuk lagu "Eyes,Nose,Lips" dari album Rise.

Taeyang juga telah berkolaborasi dengan sekumpulan penyanyi internasional dalam berbagai tur dan konser termasuk Lady Gaga, Rihanna, Beyoncé dan masih banyak lagi. Ia tampil di hadapan penonton, yang tiket tur serta konsernya terjual habis di Staples Center, Los Angeles.

Merilis dokumenter berjudul 'White Night'

https://www.youtube.com/embed/cc9ZCjxI-JY

Pada hari ulang tahunnya (Mei 18) tahun lalu, ia merilis sebuah dokumenter berjudul White Night yang diputar melalui channel YouTube resmi Taeyang dan BIGBANG. Dokumenter yang terdiri dari 8 episode ini menceritakan pengalamannya sebagai idol mulai dari karier solonya, hingga mencakup kegiatan wajib militer, serta jenjang pernikahannya. 

Selain menghibur fansnya dengan suara emasnya, TaeYang juga turut berkontribusi bagi komunitas di sekitarnya. Ia pernah berdonasi sebesar 60 juta won kepada anak-anak yang memiliki gangguan pendengaran melalui sebuah proyek amal.

Itulah perjalanan karier Taeyang yang bukan hanya merupakan seorang vokalis yang menduia, namun sering dipilih juga menjadi model majalah ternama dan diundang dalam event-event perusahaan besar. Benar-benar salah satu musisi yang multitalenta, ya!

Baca Juga: Selamat! Taeyang ‘BIGBANG’ dan Min Hyo Rin Dikaruniai Anak Pertama

Baca Juga: 8 Aktris Korea Terpopuler yang Mengawali Kariernya Sebagai Model

Baca Juga: 'Now, We Are Breaking Up' Baru Rilis, Ini Jejak Karier Jang Ki Yong