Single's Inferno ternyata terinspirasi dari reality show Inggris yang berjudul Too Hot To Handle. Acara ini mempertemukan perempuan dan laki-laki lajang di sebuah pulau terpencil untuk membangun sebuah hubungan. 

Reality show besutan Netflix tersebut masih ramai dibicarakan meskipun telah usai pada awal bulan Januari (8/01/22). Pembahasan seputar latar belakang para partisipannya masih menjadi topik yang hangat antar para penonton yang penasaran dengan reality show Korea iru. 

9 Fakta Reality Show 'Single's Inferno', Ada yang Terlibat Skandal!netflix.com

Untuk memuaskan rasa penasaranmu terhadap Single's Inferno, berikut Popbela telah merangkum 10 fakta reality show Single's Inferno yang jarang diketahui. Mulai dari latar belakang seorang partisipan yang pernah terlibat skandal kontroversial, hingga lokasi syutingnya yang terlewat mewah. Simak, yuk!

1. Beberapa idol K-Pop, termasuk Rosé BLACKPINK pernah mengunjungi Paradise City

Hotel mewah bernama Paradise City sebagai lokasi syuting Single's Inferno ini terletak di dekat Bandara Internasional Incheon. Paradise City menarik perhatian publik bahkan sebelum dirilisnya Single's Inferno karena telah dikunjungi beberapa selebriti Korea.

Pada September 2021, Rosé BLACKPINK pernah mengunjungi Paradise City, dan memposting foto dirinya yang sedang bersantai di Paradise City. Taeyang Big Bang dan istrinya, Min Hyo Rin, juga pernah menggelar resepsi pernikahan di Paradise City pada tahun 2018!

Anggota Mamamoo, LOONA, dan T-ara juga pernah mengunjungi hotel tersebut untuk syuting video musik mereka.  Cha Eun-woo ASTRO pernah mengadakan fan meeting di Paradise City pada musim panas 2021.

2. Reality show Korea pertama yang menempati jajaran Top 10 Netflix

Single's Inferno merupakan reality show Korea pertama yang berhasil menempati Top 10 Netflix. Sebelumnya, tidak pernah ada reality show Korea yang berhasil mencapai kesuksesan secara global.

Reality show Korea seperti Heart Signal dan Divorced Singles memang sangat populer di dalam negeri, tetapi Single's Inferno mewakili reality show pertama yang mendapatkan dukungan domestik dan internasional.

Popularitas Single's Inferno bahkan melampaui serial sci-fi besutan Netflix berjudul The Silent Sea, yang dilakoni aktor papan atas seperti Gong Yoo dan Bae Doo-na.

Meskipun acara tersebut telah berakhir pada 8 Januari 2022, namun masih banyak penonton yang beharap tentang kelanjutan musim selanjutnya. Namun, sampai sekarang masih belum ada konfirmasi terkait penayangan musim kedua.

3. Hell Island ditetapkan sebagai lokasi syuting beberapa variety show Korea populer

Pulau yang ditampilkan dalam Single's Inferno dikenal sebagai Hell Island, namun nama aslinya adalah Pulau Saseungbong-do.

Meskipun letaknya terpencil, Pulau Saseungbong-do ditetapkan sebagai lokasi syuting di beberapa variety show populer, seperti Two Days & One Night, Running Man, hingga Infinite Challenge.

Perjalanan menuju pulau terpencil ini cukup mudah. Kamu hanya perlu naik feri dari Terminal Penumpang Pesisir yang terletak di Incheon! Karena moda transportasi utama menuju Pulau Saseungbong-do hanyalah perahu, maka para pengunjung disarankan untuk menyewa perahu pribadi untuk menjelajahi pulau tersebut.

Berikut cuplikan Pulau Saseungbong-do dalam musim keempat Two Days & One Night:

https://www.youtube.com/embed/AkH8aTo9Zeo

4. Choi Si Hun terlibat skandal pernah bekerja di bar

9 Fakta Reality Show 'Single's Inferno', Ada yang Terlibat Skandal!https://www.instagram.com/Choi_hun2

Pada tanggal 2 Januari 2022, seorang pengguna anonim merilis sebuah pernyataan melalui forum internet Korea bernama DC Inside. Postingan tersebut ditujukan kepada salah satu peserta pria di Single's Inferno, Choi Si Hun.

Unggahan itu menunjukkan bahwa Choi Si Hun dulu pernah bekerja di bar dan sering mengunjungi klub. Meskipun postingan tersebut akhirnya dihapus beberapa saat kemudian, namun skandalnya sudah mulai menyebar secara online.

Skandal tersebut menuai kecaman keras antar warganet, karena pekerjannya berstereotip buruk. Menanggapi postingan anonimitu, Choi Si Hun dengan tegas membantah tuduhan melalui akun Weibo-nya dalam bahasa Korea dan Tiongkok.

Keeseokan harinya (3/01/22), dirinya secara pribadi mengklarifikasi bahwa postingan tersebut merupakan tuduhan yang tidak berdasar, dan menegaskan bahwa dirinya tidak pernah bekerja di sebuah bar.

5. Kang So Yeon hampir debut sebagai anggota Nine Muses

9 Fakta Reality Show 'Single's Inferno', Ada yang Terlibat Skandal!https://www.instagram.com/kangsoyeon_

Masa lalu Kang So Yeon sebagai trainee idol K-Pop mengejutkan para penonton, karena dirinya merupakan salah satu peserta perempuan paling atletis di Single's Inferno.

Sepanjang tahun kariernya antara 2006 hingga 2011, ia pernah bergabung dengan berbagai agensi K-Pop, termasuk JYP Entertainment dan Star Empire. Agensi Star Empire turut menaungi ZE:A dan Nine Muses.

Ketika bergabung dengan Star Empire, Kang So Yeon hampir  debut sebagai anggota girl grup Nine Muses. Namun, dirinya tidak berhasil. Pada tahun 2011, ia memulai debutnya sebagai anggota dari grup hip hop WE dengan nama panggung "Rosy", namun telah meninggalkan grup tersebut tiga tahun kemudian.

6. Sunmi meyakinkan Cha Hyun Seung untuk bergabung dalam pertunjukan

9 Fakta Reality Show 'Single's Inferno', Ada yang Terlibat Skandal!https://www.instagram.com/502bright

Pada tanggal 10 Januari, Cha Hyun Seung membagikan melalui Instagram bahwa dirinya awalnya enggan berpartisipasi dalam reality show tersebut. Penulis acara mengirimikannya beberapa DM namun diabaikan karena dirinya tidak tertarik. 

Namun, Sunmi dan Chang Sub dari boy group BtoB, meyakinkannya untuk bergabung dalam Single's Inferno. Mereka mendorong Hyun Seung untuk berpartisipasi karena kemungkinan besar dirinya akan dipertemukan dengan seseorang yang spesial dalam program tersebut.

Hyun Seung pertama kali dikenal publik sebagai seorang penari cadangan Sunmi. Sebuah fancam viral pada tahun 2018 menunjukkan Hyun Seung menari dengan Sunmi melalui iringan lagunya yang berjudul 24 hours.

https://www.youtube.com/embed/KIi0Ts5-dtY

7. Shin Ji Yeon pernah berpartisipasi dalam kontes kecantikan

Pada tahun 2020, Shin Ji Yeon pernah mengikuti kontes kecantikan tradisional Korea. Ia terpilih sebagai salah satu peserta yang mewakili kecantikan tradisional Korea dalam kontes kecantikan Chunhyang Nasional ke-90. "Chunhyang" mengacu pada pahlawan wanita dalam kisah romantis jaman dahulu Korea yang disebut Chunhyangjeon. 

Ketika mengikuti kontesnya, dirinya mendefinisikan kecantikan sebagai "kepercayaan diri" dan menyebutkan bahwa kecantikan bukan berarti memenuhi standar yang telah ditetapkan masyarakat. Namun, berpaku pada inner beauty (kecantikan dari dalam) dan menyatakan bahwa kerendahan hati dan memiliki karakteristik berbakti adalah yang membentuk inner beauty.

https://www.youtube.com/embed/Pu2u48qKzVs

8. Choi Si Hun merupakan seorang CEO, sekaligus seorang aktor

Choi Si Hun merupakan seorang CEO dari merek pakaian HOTEN. Sebelum menjalankan usahanya, ia menerjuni dunia hiburan, dan melakoni sebuah web drama berjudul Romanced yang tayang tahun lalu. 

Pada tahun 2019, ia juga melakoni sebuah web drama lainnya yang berjudul Standby Curator. Kisahnya berpusat pada perjalanan seorang seniman muda dalam mempersiapkan pameran seni yang penuh tantangan. Choi Si Hun melakoni karakter utama bernama Jeon Si Hoon dalam drama ini.

https://www.youtube.com/embed/6c6ULAFppEU

9. An Yea Won pernah terpilih mengikuti acara I Can See Your Voice

https://www.youtube.com/embed/ZAgm9Q5Kibc

I Can See Your Voice merupakan acara permainan musik yang mengundang juri dari kalangan selebritas dan penyanyi non-selebriti. Juri yang diundang harus membedakan antara vokalis asli yang terampil dan vokalis yang tidak terampil menyanyi.

Pada tahun 2017, An Yea Won mengikuti acara musim keempat I Can See Your Voice. Ia memperkenalkan diri sebagai seorang model bikini. Namun, sekarang bekerja sebagai pelatih pribadi, instruktur pilates dan merupakan seorang model.

Sayangnya, menyanyi bukanlah keahliannya. Ia berpartisipasi sebagai vokalis yang tidak terampil menyanyi, dan membuat para penonton dan juri tertawa akibat nyanyiannya yang tidak selaras.

Itulah 9 fakta reality show Single's Inferno garapan Netflix yang jarang diketahui penonton. Meskipun reality show ini penayangannya telah usai awal bulan ini, namun masih sempat ramai dibahas oleh warganet, lho! Sudahkah kamu menontonnya, Bela?

Baca Juga: Song Ji A 'Single's Inferno' Ketahuan Gunakan Pakaian Branded Palsu

Baca Juga: Imbas Kontroversi, Song Ji A 'Single's Inferno' Alami Dampak Ini

Baca Juga: Kesukaan Rosé,  5 Fakta Paradise City, Lokasi Syuting Single's Inferno