Astronaut atau antariksawan merupakan salah satu profesi yang paling menantang. Sebagai seorang astronaut, mereka menghabiskan waktu yang lama untuk bertugas di luar angkasa. 

Tanggung jawab bertugas di luar angkasa seringkali membuat para astronaut khawatir. Mereka kerap mengalami kejadian-kejadian aneh yang tak terduga, sepeti berhalusinasi atau mendengar suara-suara yang sumbernya tidak diketahui.

Berikut adalah berbagai kejadian aneh yang kerap dialami para astronaut ketika berada di luar angkasa. 

1. Suara aneh yang sumbernya tidak diketahui

5 Kejadian Aneh yang Dialami Astronaut Ketika Berada di Luar AngkasaUnsplash.com/NASA

Salah satu kejadian aneh yang dialami astronaut ketika berada di luar angkasa adalah mendengar suara aneh yang sumbernya tidak diketahui. Kejadian ini tentunya membuat siapapun merinding, karena mustahil terjadi. 

Melansir Children's Museum, seorang astronaut bebas berbicara, bersiul, maupun berteriak di pesawat luar angkasa. Namun, suaranya tidak dapat didengar secara jelas karena keterbatasan di luar angkasa. Inilah yang menyebabkan kebingungan mengenai suara-suara misterius yang tiba-tiba muncul di luar angkasa. 

2. Kesepian ketika bertugas di luar angkasa

5 Kejadian Aneh yang Dialami Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasanasa.gov

Kejadian aneh lainnya yang kerap dialami para astronaut di luar angkasa adalah mengalami kesepian. Tinggal di pesawat luar angkasa dalam jangka waktu yang panjang, jauh dari keluarga, dan lepas dari penggunaan alat elektronik, benar-benar menyiksa, lho!

Menurut Bill Paloski, Ph. D, direktur NASA, kesepian yang dirasakan ketika terkurung di tempat yang kecil, seakan membuat perasaan semakin memburuk setiap waktunya. Para astronaut pun harus siap menghadapi rasa kesepian dalam jangka panjang selama bertugas. 

3. Mengalami fatamorgana

5 Kejadian Aneh yang Dialami Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasanasa.gov

Melansir Natural Optical Illusions, fatamorgana adalah fenomena kesalahan optik yang dialami seseorang, yang kerap terjadi pada seorang astronaut. Secara umum, fatamorgana sering dialami oleh orang-orang yang mengunjungi kawasan gurun.

4. Kesulitan beradaptasi di pesawat luar angkasa

5 Kejadian Aneh yang Dialami Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasanbc.com

Kejadian lainnya yang kerap dialami seorang astronaut ketika berada di luar angkasa adalah kesulitan beradaptasi di pesawat luar angkasa. Melansir NASA, para astronaut akan kehilangan bobot masa ototnya karena gaya gravitasi di luar angkasa.

Sehingga, mereka harus mempersiapkan diri dengan baik melalui menjalankan diet yang tepat dan latihan fisik sebelum menjelajahi luar angkasa untuk bertugas. Dengan begitu, kesulitan yang dialami pun dapat diatasi dengan baik. 

5. Mengalami tekanan yang tidak terduga

5 Kejadian Aneh yang Dialami Astronaut Ketika Berada di Luar Angkasaunsplash.com/nasa

Bukan hanya menanggung beban yang besar, namun seorang astronaut juga mengalami tekanan yang tak terduga di luar angkasa. Melansir Smart News, banyak astronaut takut untuk pergi ke luar angkasa, meski tidak secara terang-terangan menjelaskan alasannya.

Ini berhubungan dengan segala risiko yang harus dihadapi ketika menjalankan tugas ke ruang angkasa. Mereka pun harus mempersiapkan banyak hal jika mengalami kejadian yang tidak terduga.

Itula 5 kejadian aneh yang kerap dialami para astronaut ketika berada di luar angkasa. Apakah kamu juga berani menjelajahi luar angkasa, Bela?

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "5 Hal Aneh yang Kerap Dialami Astronaut saat Berada di Luar Angkasa" ditulis oleh Salsabila Manlan

Baca Juga: 9 Foto Kehidupan Astronot di Luar Angkasa Ini Bisa Bikin Iri

Baca Juga: Selain Richard Branson, Orang Kaya Ini Juga Pernah ke Luar Angkasa

Baca Juga: Sering Disangka Alien, 7 Suku dengan Bentuk Tengkorak Tak Lazim