Dari sekian banyak jurusan yang tersedia di jenjang Universitas, pasti sebelumnya kamu sudah menentukan akan masuk jurusan mana yang sesuai dengan minatmu. Tapi terkadang, keinginan nggak sesuai dengan takdir. Ada saja kasus seperti tenyata kamu masuk jurusan di pilihan cadanganmu, bukan pilihan utama. Jangan karena kamu nggak berada di jurusan yang sangat kamu inginkan, terus kamu jadi malas-malasan kuliah. Ingat, orang tuamu sudah bersusah payah menyekolahkanmu supaya kamu menjadi sukses tentunya. Nah, di sini Popbela punya kiat-kiat untuk tetap menjalani jurusan kuliah yang nggak kamu minati. Keep scrolling, Bela!

1. Pilihan adalah pilihan

Cara Tetap Enjoy Jalani Jurusan Kuliah yang Tidak Kamu Minati
www.cosmopolitan.com
Meskipun jurusan ylang kamu jalani saat ini sama sekali bukan jurusan yang kamu minati, tetap saja itu merupakan pilihanmu. Karena kamu memilih untuk masuk jurusan tersebut setelah hasil pengumuman mengatakan “DITERIMA”. Setelah kamu memilih, maka sepenuhnya akan menjadi tanggung jawabmu. Bela, kamu sudah cukup dewasa untuk menyikapinya.

2. Coba berkompromi dengan keadaan

Cara Tetap Enjoy Jalani Jurusan Kuliah yang Tidak Kamu Minati
www.playbuzz.com
Hidup ini memang penuh tantangan, Bela. Menjalani jurusan yang nggak kamu minati juga merupakan sebuah tantangan baru untukmu. Cobalah berkompromi dengan pilihan yang ada supaya tujuan kamu dalam hidup bisa tercapai. Memang nggak gampang, tapi kalau sudah kamu niatkan dari hati, semuanya akan mengalir dengan sendirinya.

3. Berusaha untuk bertahan

Cara Tetap Enjoy Jalani Jurusan Kuliah yang Tidak Kamu Minati
pretty-little-liars.wikia.com
Jangan sampai kamu gagal di jurusan yang nggak kamu minati, Bela. Cobalah untuk bertahan dengan segala cara, seperti bergaul dengan teman-teman yang rajin, selalu mengulang pelajaran di rumah, tanyakan ke dosen yang bersangkutan jika masih ada subjek yang nggak dimengerti, dan nggak menjadi trouble maker di kampus.

4. Pekerjaanmu nanti belum tentu berhubungan dengan jurusanmu saat ini

Cara Tetap Enjoy Jalani Jurusan Kuliah yang Tidak Kamu Minati
www.cosmopolitan.com
Untuk meraih kesuksesan setelah selesai kuliah nanti, nggak selalu pekerjaanmu itu berhubungan dengan jurusanmu, karena saat ini, banyak bidang pekerjaan yang terbuka untuk segala jurusan, kok. Jangan khawatir, Bela.

5. Percaya dengan rencana Tuhan

Cara Tetap Enjoy Jalani Jurusan Kuliah yang Tidak Kamu Minati
 
Tuhan selalu menyimpan rencana baik untuk tiap umatnya. Percayalah akan hal itu, Bela! Lebih baik kamu berpikiran positif karena mungkin saja di jurusan kamu saat ini, kamu akan dimudahkan dan nggak pernah ada yang tahu ke depannya akan seperti apa, bukan?

Ditulis oleh: Salsabil Nabila Afhani

 

BACA JUGA : 5 Hal Positif yang Kamu Dapatkan Kalau Kuliah Sambil Bekerja