Jika netizen plagiat foto dari artis, itu sudah biasa. Tapi bagaimana ceritanya jika seorang idola yang berbagi foto netizen tanpa ada credit tittle? Mungkin ada yang senang adapula yang geram. Bagaimana pun keadaannya, menghargai karya oranglain adalah keharusan, walaupun hanya menyelipkan nama di sebuah unggahan.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Iniinstagram.com/xxteukxx

Seorang traveller asal Indonesia Cristina Tan mengabadikan momen super blue blood moon yang diunggah dalam akun instagramnya @sassychris1. Hasil jepretannya memang terlihat indah, namun sayangnya foto itu diunggah oleh idol asal Korea bernama Lee Teuk tanpa ada credit tittle di akun instagramnya @xxteukxx. Tindakan tersebut dapat dianggap plagiat lho.

Banyak fans Lee Teuk asal Indonesia berkomentar di kedua akun Instagram tersebut, sebagian mengingatkan Lee Teuk untuk menghapus atau me-regram dengan cara yang benar. Sebagian lagi, menyampaikan permintaan maaf mewakili penyanyi Kpop itu kepada Cristina untuk memaklumi sikap idolanya itu.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Iniinstagram.com/sassychris1

Belajar dari kejadian tersebut, sebenarnya tidak akan banyak menimbulkan masalah apabila kamu mengunggah ulang gambar Instagram orang lain selama mempraktikkannya dengan cara yang benar. Inilah beberapa tindakan yang harus kamu lakukan sebelum meregram foto.

1. Meminta izin terlebih dahulu kepada pembuat konten bahwa kamu akan memasang kembali foto yang ia unggah di Instagram miliknya.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Ini unsplash.com/Dimitri Tyan

2. Hormati setiap respon dari pencipta konten asli terhadap permintaan repost, jika tidak maka jangan dilakukan. Tapi jika ya, kamu bisa segera melanjutkan regram gambar.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Iniunsplash.com/Ragnar Vorel

3. Kreditkan pengguna asli dengan memberi tag pada pembuat konten dan beritahukan bahwa gambarmu adalah hasil regram. Kamu juga bisa menambahkan hashtag #regram.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Iniunsplash.com/Philippe Desforges

4. Sebagai bentuk menghargai karya orang lain, lebih baik kamu manyanjung hasil karyanya dan memastikan mereka tahu bahwa kamu mengagumi karyanya.

Yuk Ketahui Etika Repost Instagram, Jangan Sampai Seperti Anggota Super Junior Iniunsplash.com/NeONBRAND

Bela, jangan regram tanpa tag atau memberi kredit pada pencipta konten asli dan pemilik hak cipta. Karena sekarang sudah banyak undang-undang dan peraturan yang terkait dengan publikasi ulang karya orang lain tanpa mengkreditkannya. Dalam banyak kasus, tindakan tersebut adalah pelanggaran hak cipta, jadi minimal saat mengunggah ulang kamu harus mengaitkan dengan pengguna aslinya.

Bagaimana Bela, apakah kamu sudah melakukan regram gambar dengan cara yang baik dan benar?

 

Penulis: Azka Nurul Kamilah

BACA JUGA: Jangan Pamer Foto Bahagia di Instagram Setelah Putus, Ini Alasannya