Ada dua kemungkinan jika atasan menawarkanmu pekerjaan yang berbeda di posisi yang berbeda pula. Pertama, kamu memang sangat dibutuhkan di divisi tersebut dan punya kemampuan yang mumpuni. Kedua, kamu sudah dianggap tidak berguna dan tidak berkontribusi bagi perusahaan. Memecatmu adalah pilihan buruk, karena perusahaan harus menyediakan pesangon. Satu-satunya pilihan mereka adalah memindahkanmu ke posisi yang kurang penting atau kurang berisiko, bahkan mungkin ini artinya kamu turun jabatan. Lalu, apa pilihanmu? Setidaknya, kamu bisa melakukan beberapa langkah ini, Bela.

Pertanda Burukkah Kalau Dimutasi Secara Tiba-Tiba ?
 
Atasan melakukan mutasi dan menurunkan posisimu tentu bukan tanpa alasan. Karena itu, kamu harus mengetahui dulu, apa kekurangan yang membuatmu dipindahkerjakan oleh perusahaan. Introspeksi diri, lalu berusahalah memperbaiki kekurangan tersebut.
 
Pertanda Burukkah Kalau Dimutasi Secara Tiba-Tiba ?
 
Biasanya langkah ini kurang berhasil. Tapi kamu boleh mencobanya untuk mengamankan posisi. Mintalah waktu satu bulan atau dua bulan lagi, untuk membuktikan bahwa kamu bisa memperbaiki kinerja jadi lebih baik lagi.
 
Pertanda Burukkah Kalau Dimutasi Secara Tiba-Tiba ?
 

Ketika kondisi sudah tidak bisa ditawar lagi dan kamu tidak ingin kehilangan pekerjaan, maka tidak ada salahnya mencoba pekerjaan baru yang ditawarkan. Siapa tahu kamu memang lebih terampil dan ahli di posisi tersebut.

Pertanda Burukkah Kalau Dimutasi Secara Tiba-Tiba ?
 

Cobalah menjalani pekerjaan baru tersebut selama satu atau dua bulan. Lakukan semaksimal mungkin dan lihat hasilnya. Anggap pekerjaan dan posisi baru ini merupakan kesempatan karir baru untukmu.

Pertanda Burukkah Kalau Dimutasi Secara Tiba-Tiba ?
 

Tidak yakin bahwa kamu bisa bekerja dengan baik di posisimu yang baru nanti, ditambah rasa malu karena cibiran sejumlah rekan kerja, atau karena pekerjaan yang baru berpotensi mengurangi gaji dengan jumlah yang tidak bisa ditoleransi, maka sebaiknya kamu resign saja. Kamu lebih baik mengundurkan diri setelah menemukan pekerjaan pengganti yang lebih baik.

Jangan patah semangat ya, Bela!

 

BACA JUGA: Ingin Resign? Ini Dia Sumber Penghasilan Sampingan yang Bisa Diandalkan