Bisa dibilang bahwa apa yang dipedulikan oleh atasanmu hanyalah tentang hasil dan produktivitas kerja. Selebihnya, dia tidak mau tahu. Dia tidak peduli bahwa dalam bekerja kamu kerap mengalami kendala akibat sistem dan peraturan kantor itu sendiri. Dia juga tidak mau tahu bahwa kamu ingin mengembangkan diri dan karier agar bisa bekerja dengan lebih baik dan menjadi tim yang lebih hebat. Kamu boleh mencoba 4 trik ini, Bela, biar pekerjaan berjalan lancar dan karier tetap maju meskipun bosmu sulit didekati dan tidak peduli.

1. Hilangkan stress terlebih dahulu

4 Cara Aman Menghadapi Atasan yang Cueknya Minta Ampun

Devil Wears Prada / andrewpegoda.com

Sebagian bos selalu terlihat kurang peduli dengan ide-ide yang disampaikan oleh anak buahnya. Sebagian juga kadang langsung melarang segala bentuk ‘inovasi’, demi menjaga agar semua tetap berjalan seperti biasanya. Ketika dia menghalangi ide-idemu, bukan berarti dia membencimu, Bela. Mungkin saja selama ini dia sudah pernah memiliki ide yang sama, tapi terhalang oleh peraturan kantor yang kaku.

Jadi jangan takut untuk terus berusaha mengembangkan diri untuk melakukan inovasi di tempat kerjamu. Berpikir positif bahwa mungkin kamu harus memulainya dari dirimu sendiri, bukan dari mengubah peraturandan sistem yang ada di tempat kerja.

2. Temukan orang yang paling dipercaya untuk diajak ngobrol

4 Cara Aman Menghadapi Atasan yang Cueknya Minta Ampun

Devil Wears Prada / hollywoodreporter.com

Misalnya atasanmu adalah seorang manaje, hindari mendiskusikan masalahmu dengan manajer divisi lainnya atau direktur yang menjadi pimpinan bosmu ini. Kamu bisa saja membuat kondisi yang tidak baik dengan bosmu semakin parah. Karena kalau kamu cerita ke dua orang ini, pasti dia akan menegur langsung atasanmu. Bosmu pasti akan dikira tidak becus mengurus pekerjaan dan marah.

Pilihlah dengan bijak orang yang memang bisa diajak curhat. Orang yang tidak mudah mengungkapkan rahasiamu dan ketidaknyamanan yang kamu rasakan di tempat kerja. Mungkin kamu bisa menemui teman dengan kasus yang sama dan meminta nasihat padanya.

3. Jangan berharap bosmu akan berubah

4 Cara Aman Menghadapi Atasan yang Cueknya Minta Ampun

Devil Wears Prada / cosmopolitan.com

Ketika kamu ingin mengembangkan diri, berharap ada pelatihan tambahan atau fasilitas yang baru, kamu bisa memintanya langsung pada HRD atau bagian penyedia perlengkapan kantor. Kamu bisa maju tanpa menunggu bosmu akan jadi lebih peduli dan tanggap dengan masalahmu di kantor.

4. Jangan biarkan masalah berlarut-larut

4 Cara Aman Menghadapi Atasan yang Cueknya Minta Ampun

Devil Wears Prada / andrewpegoda.com

Bosmu memang sangat cuek. Yang penting kamu kerja dan tugasmu selesai sesuai deadline. Tapi jangan juga membiarkan masalahmu berlangsun lama tanpa penyelesaian. Kamu harus segera bertindak mandiri, tanpa menunggu bosmu untuk bertindak. Hal terpenting yang wajib kamu ketahui adalah bahwa kemajuan karier dan pekerjaan ada di tanganmu sendiri. Kalau kamu mau bekerja lebih keras dari yang lain, maka kamu akan mendapatkan hasil yang baik juga.

BACA JUGA: Simak 3 Kunci Utama untuk Mengatasi Atasan yang Banyak Maunya