Kamu baru saja dinyatakan lulus dan berniat untuk segera melamar kerja, Bela? Jangan pernah berkecil hati karena belum miliki pengalaman kerja yang mumpuni, jangan pula mencoba berbohong di CV agar nampak keren dengan banyak pengalaman. Buat CV-mu menarik meski masih fresh graduate.

Bela mau tahu gimana caranya? Makanya yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini mengenai trik dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik mesti kamu belum punya pengalaman kerja sama sekali.

Buatlah CV yang rapi dan menarik, meski sejatinya kamu berantakan

5 Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerjawww.jobstreet.com.sg

Katakanlah kamu seorang pribadi yang sangat berantakan, entah itu dalam hal berpakaian ataupun lain-lainnya. Jangan sampai hal macam itu juga berpengaruh pada CV-mu. Sebab, CV yang berantakan akan membuat pihak perusahaan yang kamu lamar menjadi enggan untuk membacanya. Agar terkesan rapi, gunakanlah font yang terbaca jelas dan hindari gunakan banyak warna. Pilihan paling aman adalah font normal dengan ukuran 12.

Kamu bisa menonjolkan bagian pendidikan atau proyek sampinganmu

5 Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerjauptowork.com

Kalau orang kebanyakan hanya menuliskan nama sekolah dan tahun kelulusan saja, jangan pernah lakukan itu kalau kamu belum memiliki pengalaman kerja. Kamu bisa menginformasikan kegiatan apa saja yang pernah kamu ikuti selama menjalani masa pendidikan, termasuk juga prestasi-prestasi terkait yang pernah kamu raih. Kamu juga bisa mengingat-ingat, apakah selama kuliah kamu pernah mengerjakan tugas dari mata kuliah tertentu yang bersifat proyek. Kalau bisa kegiatan-kegiatan itu juga relevan dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Maka itu hal ini termasuk kedalam tips dan trik membuat cv agar terlihat menarik.

Fresh graduate pun bisa jadi punya banyak keterampilan, jangan lupa dicantumkan

5 Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerjawww.thebalance.com

Rata-rata CV akan dilihat dan diseleksi berdasarkan keahlian para kandidatnya. Yang menjadi masalah adalah, kalau pekerjaan yang kamu lamar tidak sesuai dengan keahlian yang kamu tuliskan. Saat membuat dan menulis CV, coba kamu ingat-ingat lagi apa saja keterampilan yang kamu kuasai selama ini. Entah yang kamu pelajari sendiri secara otodidak ataupun keterampilan yang berkembang berkat tugas-tugas dari kampus atau komunitasmu.

Kamu juga bisa menunjukkan kepribadianmu, asal jangan berlebihan

5 Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerjacareerresumeconsulting.com

Para karyawan divisi HRD menyatakan, bahwa CV yang berkualitas merupakan identifikasi awal yang akan mengantarmu memasuki dunia kerja. Karena itulah, agar mereka bisa mengidentifikasi cocok tidaknya pekerjaan yang kamu lamar dengan kepribadianmu, atau agar mereka tak salah rekrut karyawan, tunjukkan kepribadianmu dengan memaparkan hobi atau aktivitas yang berhubungan dengan posisi yang kamu incar. Satu hal yang harus kamu camkan, tetap tulis secara rapi dan profesional ya.

Jangan ragu dan tunjukkan antusiasmemu

5 Trik Membuat CV Menarik Meski Tanpa Pengalaman Kerjawww.forbes.com

Buatlah sesingkat dan sepadat mungkin. Jangan pernah memanjang-manjangkan isinya, hanya karena kamu tidak percaya diri dengan kurangnya pengalaman kerjamu. Tulis dengan rapi dan jangan pernah berbohong, apalagi tentang dirimu sendiri. Sebagai tambahan, kamu dipersilakan menulis surat lamaran yang menunjukkan antusiasmemu pada pekerjaan yang kamu lamar. Berilah kesan jika kamu akan berusaha keras untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Gimana nih? Mudah bukan trik dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik, walau pun kamu tanpa pengalaman kerja sekalipun. Apakah kamu sudah siap membuat CV-mu sendiri Bela? Sebelum dikirim, jangan lupa cek ulang dan pastikan tak ada kesalahan penulisan ya.

Baca Juga: Sebelum Terlambat, Hindari 8 Kesalahan Besar Saat Membuat Surat Lamaran Kerja