'New Normal'' memang tengah diwacanakan, tapi selama kurva penyebaran COVID-19 belum melandai, kamu dan kita semua tetap diimbau untuk berada di rumah aja. Tapi karena sudah hampir tiga bulan di rumah, sudah banyak pula yang mengaku sangat rindu pada teman dan keluarga. Apakah kamu salah satunya, Bela? Apalagi setelah momen lebaran Idul Fitri kemarin yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi coba kamu ingat lagi, bukankah video call bisa menjadi salah satu cara mengobati kangenmu, itu?

Tak hanya untuk berbincang seru dengan teman dan keluarga saja, tapi video call juga bisa digunakan untuk berdiskusi bahkan meeting dengan rekan-rekan kerja. Ada aplikasi video call yang bisa digunakan ntuk bermain game hingga filter juga, lho. Aplikasi-aplikasi di bawah ini bisa kamu unduh melalui App Store pada perangkat iOS atau Play Store pada gawai Android. Simak yuk, apa saja aplikasinya!

WhatsApp

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Sepertinya aplikasi yang satu ini sudah menjadi andalan banyak orang untuk bertukar pesan. Bukan hanya tulisan. kamu juga bisa bertatap muka dengan orang-orang terdekat melalui aplikasi ini. Sangat mudah digunakan, baik di smartphone Android ataupun iOS. WhatsApp menggunakan koneksi internet telepon seperti 4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi, jadi kamu bisa menelepon langsung delapan teman tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi.

Zoom

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Zoom sedang sangat populer untuk meeting selama WFH. Unik dan memiliki fitur menarik membuat Zoom masih diminati meski masalah celah keamanan aplikasi ini santer diperbincangkan. Kamu bisa menggunakan Zoom untuk melakukan panggilan hingga 100 orang dan dengan paket gratis 40 menit di setiap grup. Selain video call, ada banyak fitur dan efek yang bisa kamu pakai untuk tampilan wajah yang lebih baik, lho. 

Skype

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Aplikasi ini bisa digunakan di iOs, Android, Mac, Windows, Linox, hingga Web. Skype bisa dikatakan sebagai aplikasi pelopor untuk melakukan panggilan video. Kalau Zoom hanya menyediakan paket gratis 40 menit dalam setiap video call, Skype justru menyediakan 100 jam per bulan secara gratis. Melalui Skype, kamu bisa mengumpulkan 50 orang dalam satu panggilan yang dapat kamu rekam, simpan, dan bagian. Aplikasi ini dilengkapi pula dengan fitur caption dan subtitle agar lebih menyenangkan.

Google Hangouts & Google Duo

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Bersyukurlah karena di tengah pandemi ini sudah ada Google. Kamu bisa menggunakan fitur video call Google Hangouts untuk meeting. Sedangkan Google Duo adalah versi sederhananya yang hanya bisa dipakai di smartphone Android. Aplikasi video call ini cukup menarik karena sangat mudah digunakan, yaitu hanya bermodalkan kontak HP dan akun Google saja. Poin menarik lainnya adalah, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan panggilan video secara gratis tanpa batasan waktu.

Line

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Sama halnya seperti WhatsApp, aplikasi pesan singkat ini juga menyediakan fitur video call yang memungkinkan kamu melakukan panggilan tanpa batas waktu. Tapi ada hal yang perlu dipastikan kalau kamu menggunakan Line, yaitu periksa dulu apakah jaringanmu sudah lancar dan anti lelet, supaya video call nantinya tidak terputus-putus. Sama seperti Hangouts dan Skype, Line menyediakan layanan video call lintas platform. Jadi, kamu dan lawan bicara bisa saja menggunakan jenis perangkat yang berbeda untuk terhubung.

Messenger

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Melalui aplikasi Messenger yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa Facebook, kamu bisa melakukan panggilan suara dan video secara gratis bersama dengan teman Facebook kamu. Sama seperti Line, layanan video call ini juga menyediakan filter serta sticker yang bisa kamu lakukan saat melakkan panggilan. User interface yang cukup mudah dan ringan menjadi salah satu nilai jual aplikasi ini. Berminat mencoba?

Bunch

7 Aplikasi Video Call Terbaik yang Bisa Kamu Cobadok.internet

Selain dipergunakan untuk meeting, aplikasi video call ini juga bisa dimanfaatkan untuk bermain game, nih. Bunch sebenarnya lebih fokus pada games daripada video chat, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memang ingin bersenang-senang. Pastikan mengajak orang yang sama-sama menyukai game ketika berkomunikasi memakai aplikasi ini, ya. Lewat Bunch, kamu dan orang-orang terdekat bisa main game selagi melihat ekspresi masing-masing.

Jadi, aplikasi video call mana yang sudah kamu coba, Bela? Berminat untuk mencoba yang lainnya? Meski di rumah saja, jangan lupa tetap bersosialisasi, ya!

Baca Juga: Makin Pintar #DiRumahAja, Cek 5 Aplikasi Belajar Bahasa yang Gratis

Baca Juga: Selama Social Distancing, Ini 5 Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh

Baca Juga: 7 Aplikasi Smartphone Berbahaya yang Lebih Baik Dihapus