Instagram bisa dikatakan sukses sebagai media sosial yang paling populer selama hampir 5 tahun terakhir. Aplikasi berbagi foto dan video ini memang memiliki fitur yang membuat penggunanya betah untuk berselancar di dalamnya. Bahkan menariknya, sekarang Instagram sudah marak digunakan untuk memperlancar beragam bisnis. Bisa juga disebut sebagai strategi digital marketing.

Para pelaku bisnis seperti online shop, biasanya akan menarik sebanyak mungkin followers ke akun Instagram mereka. Nah, para pengikut ini sangat bisa menjadi jalan untuk menaikkan penjualan hingga lalu lintas produk dipasarkan. Tapi yang menjadi catatan penting adalah, followers banyak tidak menjamin bisa mengembangkan bisnis online. Kamu harus mengetahui kapan timing yang pas untuk mengunggah, tagar apa yang bagus digunakan, dan sebagainya. Berikut adalah aplikasi analitik dan manajemen akun bisnis Instagram yang bisa kamu gunakan.

Fitur bawaan Instagram (Instagram Insight)

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Kalau akunmu adalah akun Instagram bisnis, maka otomatis kamu memiliki fitur ini. Jadi, tak perlu susah-susah mencari aplikasi khusus untuk cek followers dan perkembangan Instagrammu, ya! Akun Instagram bisnis diberikan fitur semacam ini agar para pemilik akun bisa mengetahui perkembangan Instagramnya melalui data real yang ditampilkan. Karena ini fitur bawaan, jadi kamu tidak perlu membayar untuk menggunakan Instagram Insights ini. Data-data yang ditampilkan adalah naik turunnya followers, total tayangan, postingan teratas, berapa klik ke situs web, dan sebagainya.

Follower Pro

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Aplikasi ini hanya tersedia di platform iOS saja. Meski bisa diakses gratis, tapi ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses oleh pengguna berbayar. Namun dengan versi gratisnya kamu sudah bisa melihat berapa banyak follower baru dalam jangka waktu tertentu, daftar orang yang follow dan unfollow. Untuk versi berbayarnya, kamu mendapat informasi tambahan seperti siapa saja yang memblokir kamu, siapa yang unlike postinganmu padahal sebelumnya dia memilih like, dan masih banyak lainnya.

Iconosquare

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Iconosquare merupakan aplikasi atau tools yang memiliki statistik cukup lengkap untuk akun Instagram. Kamu bisa melihat semua informasi mengenai like dan comment per postingan, serta tingkat keterlibatan followers atau engagement. Fitur lain yang cukup membantu adalah tab promosi yang memberikan saran tentang cara meningkatkan reach atau jangkauan akun Instagrammu. Kamu bisa mengaksesnya secara free ataupun berbayar yang tentunya dengan fitur yang lebih banyak.

Union Metrics

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Union Metrics dapat menganalisa aktivitas 30 hari terakhir di akunmu secara gratis, termasuk postingan dan engagement followers.  Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantumu menunjukkan waktu yang ideal, tagar yang bagus untuk digunakan, konten yang bekerja dengan baik dan sebaliknya, serta banyak aspek lainnya. Union Metrics juga menawarkan paket berbayar untuk analisis yang lebih lengkap dan bisa digunakan untuk beberapa akun sosial media sekaligus.

SquareLovin

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Aplikasi analytics Instagram lainnya yaitu SquareLovin. Sama seperti sebelum-sebelumnya, aplikasi ini juga memiliki panel Instagram Insights yang gratis. Melalui SquareLovin, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai like dan follower, bagaimana performa postingan dan interaksi followers akun bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui minat followers dan apa yang bisa meningkatkan engagement, termasuk juga kapan waktu terbaik untuk memposting konten.

Latergramme

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Aplikasi ini bisa disebut sebagai alat penjadwalan yang bagus untuk Instagram. Belakangan, Latergramme mengklaim bahwa mereka telah digunakan oleh 600 ribu brand terkemuka dunia, agensi, dan influencer. Latergramme juga menyediakan beberapa analisis dasar seperti like, comment, dan memberikan gambaran tentang foto-foto yang menarik bagi audiens. Menariknya, aplikasi ini menawarkan paket gratis selamanya yang memungkinkanmu untuk menjadwalkan hingga 30 posting foto untuk satu profil per bulan.

Ink361

7 Aplikasi untuk Cek Analitik Instagramdok.internet

Ink361 adalah tools yang menghubungkan banyak fungsi sekaligus.. Ada beberapa tab yang termasuk dashboard untuk menampilkan foto dari feed akunmu, melihat post terpopuler dan berbagai statistik feed seperti tingkat keterlibatan, post history, dan distribusi post. Terdapat juga blog untuk melihat berita terbaru Instagram, foto selebritis, tips dan yang lainnya. Menggunakan aplikasi ini bisa membuatmu melakukan banyak hal berbeda.

Aplikasi-aplikasi di atas bisa sangat membantumu yang berbisnis melalui sosial media, khususnya Instagram. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus memberi mereka otorisasi untuk dapat mengaksesmu ya! Jadi, aplikasi mana yang akan kamu coba lebih dulu, Bela?

Baca Juga: Tanpa Perlu Follow, Begini Cara Stalking Akun Instagram Private

Baca Juga: 9 Tanda Akun WhatsApp Kamu Sedang Diretas, Begini Cara Mengatasinya

Baca Juga: Ini Cara Mengetahui Isi Pesan Whatsapp yang Sudah Dihapus Pengirimnya