Anak muda mana sih yang hari gini nggak kenal dengan media sosial? Kalau kamu baru saja lulus sarjana dan sedang mencari kerja, atau kamu memang sedang butuh uang, kamu bisa memanfaatkan segala akunmu di media sosial untuk menimbun rupiah lho. Masak kamu nggak tertarik Bela? Yuk, simak bagaimana cara-caranya.

Kamu bisa buka lapak tanpa modal di media sosial

 
Segala media sosialmu bisa difungsikan untuk menyewakan atau bahkan menjual barang-barang pribadimu. Tak perlu modal besar kan untuk hal macam ini? Kalau kamu tinggal sendirian di rumah misalnya, kamu bisa saja menyewakan kamar kosong kepada mereka yang berlibur ke kotamu. Bukankah uangnya akan lumayan untuk segala keperluanmu? Barang-barang pribadi yang sudah tidak kamu gunakan, tapi masih dalam kondisi bagus juga bisa kamu jual lewat cara ini lho.

Mempromosikan produk orang lain atau endorse juga bisa kamu lakukan

 
Hal yang satu ini paling umum digunakan melalui media sosial Instagram. Tak hanya mendapatkan produk yang kamu endorse secara cuma-cuma, kamu juga akan dibayar untuk aktivitas promosi itu tadi. Semakin sering kamu meng-endorse beragam produk dan semakin banyak followers-mu, maka bayaranmu juga akan semakin mahal. Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu mengunggah gambar produk dan memberikan caption yang berujung promosi.

Hobi dan talentamu pun tidak akan sia-sia dengan adanya media sosial

 
Zaman sekarang, anggapan hobi tidak bisa mendatangkan penghasilan akan makin terhapuskan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk menunjukkan segala kreatifitasmu. Tak harus rumit seperti kerajinan tangan atau membuat aksesoris, bahkan foto yang biasa kamu unggah di Instagram juga bisa kamu jual. Tentu saja bukan foto sembarangan, foto yang unik, langka, dan hanya satu-satunya. Jangan lupa beri watermark lebih dulu ya agar tak terjadi pencurian foto di kemudian hari.

Mencari sponsor bukan hanya hak para artis, kamu juga bisa kok

 
Kalau kamu memilih cara ini, kamulah yang harus menjemput bola atau jadi pihak yang proaktif mencari brand. Misalnya saja, akunmu banyak menceritakan tentang kuliner atau fashion, maka brand-brand produsen makanan dan pakaianlah yang bisa kamu jadikan sasaran. Setelah terjadi kesepakatan harga, periode waktu postingan, dan segala hal detail lainnya, barulah kamu dipersilakan mengunggah gambar atau video terkait brand tersebut.

Mengisi survei online nyatanya juga layak diperhitungkan

 
Cara yang satu ini juga marak di media sosial Facebook ataupun Twitter. Kamu bisa berpartisipasi dalam survei online, begitu banyak website yang membutuhkan jasa seperti ini. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengisi beberapa lembar kuesioner secara online dan akan mendapatkan bayarannya melalui rekeningmu. Harganya beragam, tergantung tingkat kesulitan pertanyaan dan berapa banyak hal yang ditanyakan dalam survei tersebut. Tapi kamu juga harus hati-hati, kenali betul website-nya, agar tak jadi korban penipuan.
 
Jadi, kapan kamu akan memulainya Bela? Kalau bisa jadi uang, kenapa media sosial hanya difungsikan sebagai hiburan?

BACA JUGA : Hindari Dianggap Pamer dengan Cara Bijak Pakai Sosial Media